Peran Anak Dalam Keluarga Dari Kacamata Orangtua Muda

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 27 November 2020 10:25 WIB
peran anak dalam keluarga
Sumber: istock

Jika berbicara soal peran anak dalam keluarga apa yang HappyFams pikirkan? Berbakti kepada orang tua? Tidak membantah kepada orang tua? Bekerja untuk menafkahi keluarga setelah dewasa? Tentu hal tersebut tidak salah, namun ada yang kurang tepat. Anak bukan lah objek dari keinginan dan kehormatan orang tua. Anak memiliki rasa hormat dan berbakti kepada orang tua adalah sebuah kewajiban, tapi apakah HappyFams sadar bahwa tidak semua keadaan keluarga dan keadaan seorang anak itu sama.

Di luar sana ada anak-anak yang berkebutuhan khusus yang tidak bisa melakukan berbagai hal yang bisa dilakukan anak-anak di usianya. Masih seputar hubungan suami istri, di luar sana ada orang tua yang abusive yang menyiksa seorang anak. Ya, keadaan setiap keluarga dan anak memang berbeda-beda. 

Oleh karena itu sebenarnya  peran anak dalam keluarga ini bukan melulu terfokus pada anak akan tetapi juga lebih pada orang tua, yang mana lebih mengerti dan juga lebih memahami arti kehidupan yang sebenarnya. Lalu apa saja peran anak di dalam keluarga jika dilihat dari kacamata orangtua?

Sebagai Pengikat Tali Cinta Perkawinan

Pertama adalah sebagai suatu pengikat tali perkawinan. Ya. kebanyakan keluarga yang sudah memiliki anak, memiliki keterikatan yang lebih kuat dalam cinta suatu pasangan. Tidak sedikit keharmonisan rumah tangga kembali erat setelah memiliki anak di dalam rumah tangga. Ada tanggung jawab besar bagi kedua orang tua di depan mata. Seorang anak yang merupakan buah cinta suatu pasangan harus dirawat dan harus diberikan yang terbaik.

Bahkan bagi orang tua yang sudah bercerai pun keterikatan ini masih tetap ada. Di mana kedua orang tua tetap harus merawat anak sebaik mungkin walaupun keduanya mungkin sudah memiliki pasangan masing-masing. Rasa benci akan segera hilang karena anak masih membutuhkan kasih sayang keduanya. Jadi tidak heran bila ada istilah "Ada mantan istri/suami tapi tidak ada mantan anak".

Sumber Kasih Sayang dan Perhatian

Yang kedua adalah sebagai sumber kasih sayang dan perhatian. Seorang anak kecil merupakan makhluk yang tidak tahu apa pun mengenai dunia. Pikirannya kosong dan ia tidak tahu apa yang akan dilaluinya di kemudian hari. Bahkan ia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan, kasih sayang, dan perhatian dari orang tua khususnya seorang ibu. Sehingga kasih sayang dan perhatian orangtua menjadi mutlak untuk mengarahkannya menggapai masa depan yang lebih baik.

Sebagai Penerus Keturunan Utama

Yang ketiga adalah sebagai penerus keturunan yang utama. Sebagai mahkluk hidup dan salah satu tujuan dari pernikahan adalah berkembang biak yakni untuk meneruskan keturunan. Dengan hadirnya seorang anak maka suatu keturunan akan tetap kekal abadi dan tidak akan punah. Semua jerih payah yang telah dihasilkan oleh orangtua dapat diteruskan dan dinikmati oleh penerusnya yaitu anak-anaknya kelak.

Sebagai Sumber Pelajaran Kehidupan

Dan peran anak dalam keluarga yang terakhir akan dibahas adalah sebagai sumber pembelajaran kehidupan yang sangat berharga. Di setiap hari kehidupan seorang anak akan ada saja kejutan-kejutan unik yang membuat Moms & Dads sebagai orangtua muda menjadi takjub dan juga ikut belajar hal baru. Hal ini akan membuka dunia dan jendela mata orang tua terhadap kehidupan ini.

Jadi peran anak dalam keluarga dari kacamata orangtua muda memang berbeda dari kacamata sebagai anak. Tujuan utama dari berkeluarga adalah keluarga yang harmonis dan bahagia. Untuk HappyFams yang sudah berkeluarga namun belum memiliki anak tidak perlu khawatir, terus berikhtiar dan berusaha semoga memiliki momongan akan disegerakan.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Peran Anak Dalam Keluarga Dari Kacamata Orangtua Muda"
related post
Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya ... Lanjut Baca

Ini Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) Pada Anak Dan Bayi

Tidak sedikit infeksi saluran pernapasan atas dialami oleh anak-anak di Indonesia. Sebagai orang tua maka ... Lanjut Baca

Jangan Salah, Cara Menasehati Anak Perempuan Dan Laki-laki Berbeda Lho

Moms & Dads sebagai orang tua sewajarnya paham bahwa cara menasihati anak ternyata tidak bisa ... Lanjut Baca