Peralatan MPASI Untuk Bayi Setelah Moms Tidak Menyusui Lagi

Waktu Baca: 3 menitSabtu, 28 November 2020 09:00 WIB
peralatan mpasi bayi
Sumber: freepik

Apabila usia bayi sudah mendekati 6 bulan, Moms sudah perlu segera mempersiapkan peralatan MPASI, nih! Lebih bagus lagi kalau segala peralatan yang jadi kebutuhan MPASI sudah Moms siapkan sejak awal, bahkan ketika Moms berbelanja perlengkapan bayi baru lahir. Dengan begitu, segala kebutuhan penting sudah tersedia sejak awal dan Moms tak perlu repot berbelanja lagi, kan?

Lalu, apa saja ya peralatan MPASI yang perlu Moms siapkan untuk si kecil?

6 peralatan MPASI bayi:

1. Alat Makan Bayi

Pastinya, peralatan makan bayi seperti piring, mangkok, sendok, dan gelas khusus bayi adalah peralatan MPASI yang utama. Pilihlah produk yang bebas dari kandungan BPA (BPA-free) agar aman bagi si kecil. Di samping itu, Moms juga bisa pertimbangkan pilihan peralatan makan bayi yang bukan hanya BPA-free, tapi juga dapat digunakan di dalam microwave untuk kemudahan saat menghangatkan makanan MPASI si kecil.

2. Baby Food Maker

Dengan alat yang sederhana ini, Moms dapat mempersiapkan berbagai menu MPASI dengan mudah. Mulai dari memarut, menghaluskan, maupun menyaring bahan makanan untuk MPASI, semuanya bisa dilakukan dengan bantuan baby food maker. Terlebih, peralatan MPASI yang satu ini juga punya pilihan jenis alat yang terbilang lengkap serta terbuat dari bahan yang pasti aman untuk mengolah bahan-bahan MPASI.

3. Hand Blender

Sedangkan bagi Moms yang ingin menghemat lebih banyak waktu saat menyiapkan MPASI, terutama ketika menghaluskan bahan-bahan makanannya, hand blender bisa jadi pilihan alat yang tepat untuk dipertimbangkan. Apalagi, jenis bahan makanan yang dapat diolah menggunakan hand blender pun beragam, seperti buah maupun makanan beku. Dengan alat hand blander makan akan lebih mudah dilumatkan sehingga mudah untuk dimakan bagi si kecil.

4. Celemek Bayi (bib)

Bukan hanya terlihat lucu dan menggemaskan saat dikenakan si kecil, celemek bayi alias bib ini punya manfaat lebih, yang membuat Moms perlu siapkan sejak awal menjelang usia di mana si kecil siap untuk menikmati MPASI. Karena dengan bib ini, Moms bisa mencegah tetesan makanan agar tidak mengotori pakaian si kecil.

5. Food Storage/Containers

Ketika menyiapkan makanan MPASI, lumrah bagi para orang tua untuk langsung menyiapkan beberapa makanan sekaligus. Karena pastinya si kecil tidak bisa menghabiskan semuanya sekaligus, Moms bisa menyimpan sisanya ke dalam wadah penyimpan makanan alias food storage atau container. Jadi, makanan dapat disimpan di kulkas sampai beberapa hari ke depan, dan hanya perlu dihangatkan sebelum diberikan kepada si kecil. Jangan lupa, pilih wadah yang BPA-free, ya!

6. Booster Seat

Booster seat alias kursi bayi ini akan sangat memudahkan Moms ketika memberikan MPASI kepada si kecil. Di samping itu, penggunaannya pun bisa membantu membiasakan anak agar makan sambil duduk sejak usianya masih sangat muda.

Peralatan makanan bayi pengganti ASI ini tetap mau gak mau perlu disipakan, karean bayi tidak akan selamanya hanya meminum ASI. Akan ada waktunya bayi mulai mengenail makanan lain selain ASI. Memang idealnya bila Moms dapat memberikan ASI eksklusif sampai si buah hati berumur 2 tahun. Tetap utamakan kesehatan bayi ya Moms ketika membeli perlatan MPASI ini.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Peralatan MPASI Untuk Bayi Setelah Moms Tidak Menyusui Lagi"
related post
Lelah Gendong Bayi? Berikut Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus

Kain bedong merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib dimiliki. Bedong sendiri merupakan salah ... Lanjut Baca