Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam Dan Sulit Tidur Kembali

Waktu Baca: 4 menitJum'at, 24 September 2021 13:25 WIB
terbangun tengah malam
Sumber: istockphoto

Apakah HappyFams sering mengalami bangun tengah malam namun sulit tidur kembali? Kenali lebih dalam penyebabnya untuk tahu risikonya terhadap kesehatan. Sebab hal ini bisa mengurangi jam tidur normal yang biasa.

Lama tidur yang dianjurkan adalah 8 jam dalam sehari semalam. Apabila HappyFams hanya tidur di malam hari namun kurang dari durasi tersebut, harap berhati-hati terhadap kondisi kesehatan, Karena bisa berdampak buruk. Atau jangan-jangan HappyFams malah termasuk yang susah tidur!

Tidur malam hari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Membantu otot dan otak menjadi rileks setelah seharian melakukan aktivitas. Malam hari adalah waktu paling ideal untuk recharge energy untuk keesokan harinya.

Tidur teratur dengan jumlah durasi cukup membantu meningkatkan imunitas dan mempertajam ingatan. Apapun pekerjaan akan lebih optimal terselesaikan karena stamina selalu dalam keadaan prima. Itu bila HappyFams memiliki istirahat yang cukup.

BACA JUGA:

Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam dan Sulit Tidur Kembali yang Sering Terjadi

terbangun tengah malam
Sumber: brainstudy.info

Beredar mitos terbangun tengah malam menandakan ada makhluk astral di sekitar HappyFams. Makhluk tersebut mencari teman untuk berkomunikasi, minta bantuan atau semacamnya. Namun ini hanya anggapan orang saja.

Ada banyak penyebab HappyFams sering terbangun tengah malam, berikut penyebabnya sebenarnya blia terbangun di tengah malam:

  1. Bisa jadi karena kondisi kamar yang kurang nyaman. Pengap, panas karena memasuki musim kemarau, atau justru terlalu dingin karena sedang musim hujan.
  2. Stress memikirkan pekerjaan belum selesai. Hingga terbawa ke pikiran bawah sadar akhirnya membuat tidur tidak pulas. Overthinking seperti ini paling banyak menyebabkan selalu bangun tengah malam di jam yang sama.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga bisa menyebabkan HappyFams sering terbangun di tengah malam. Sesaat setelah minum kopi bisa jadi HappyFams tetap merasakan kantuk. Namun pada jam tertentu terjaga sepanjang waktu.
  4. Sering mengalami buang air kecil. Kondisi ini biasa terjadi pada orang tua lanjut usia, namun bisa juga dialami oleh semua usia. Umumnya disebabkan karena minum banyak air sebelum waktunya tidur.
  5. Kecanduan menggunakan gadget sepanjang waktu. Kebanyakan anak muda yang memiliki ketergantungan terhadap gadget dan internet sering kurang tidur. Lebih kuat keinginan untuk main sosial media atau game di tengah malam.
  6. Bangun tengah malam menurut psikologi bisa mengindikasikan gangguan kesehatan mental. Depresi karena suatu permasalahan pribadi dapat mengganggu kualitas tidur. Tidak jarang gangguan ini membutuhkan pengobatan medis lebih lanjut untuk mengatasinya.
  7. Bisa juga HappyFams terbangun karena sudah autopilot. Sering membiasakan diri bangun di jam tertentu untuk melakukan rutinitas pekerjaan. Pada saat sudah tidak dibutuhkan otak tetap akan memerintahkan tubuh untuk terjaga.

Cara Mengatasi Bangun Tengah Malam dan Sulit Kembali Tidur

cara mudah tidur kembali
Sumber: scene.ca

Berbagai macam penyebab susah tidur bisa saja dialami seseorang, namun paling penting adalah mengatasi risiko kesehatan karena tidur kurang berkualitas. Cara agar cepat tidur sudah dilakukan nah supaya tidak sering bangun tengah malam HappyFams bisa mengikuti cara berikut ini:

1. Kurangi konsumsi kafein menjelang jam istirahat

Ini akan sangat membantu khususnya bagi HappyFams yang penggemar kopi. Ganti minuman dengan air putih, lebih baik lagi jika dalam kondisi yang masih hangat.

2.Kurangi stress dengan melakukan hobi ringan

Menjelang jam istirahat minimal 2 jam sebelumnya HappyFams bisa mencoba mendengarkan music ringan atau menonton serial drama di TV, atau bahkan melakukan kegiatan meditasi terlebih dahulu. Sehingga beban pikiran akan terlupakan.

3. Kurangi penggunaan gadget

Ini sudah dibiasakan sejak dini sebab ada banyak dampak negatifnya. Selain mengganggu waktu istirahat radiasi layar ponsel tidak bagus bagi kesehatan mata. Sehingga pemakaiannya perlu dibatasi.

4. Tidak makan atau ngemil sebelum tidur

Sebaiknya HappyFams tidak mengisi perut menjelang waktu istirahat. Rasa tidak nyaman karena kekenyangan akan mengganggu kualitas istirahat HappyFams. Jadi usahakan untuk memperhatikan makanan HappyFams.

5. Bersihkan diri sebelum beristirahat

Menggosok gigi, mencuci muka menggunakan sabun, tangan dan kaki akan menambah kesegaran. Hasilnya HappyFams lebih pulas karena tubuh dalam kondisi fresh. Bila perlu mandilah supaya segar.

Beberapa hal di atas cukup efektif untuk mengatasi masalah terbangun di tengah malam. Untuk yang susah tidur kembali, mungkin HappyFams bisa mencoba minum minuman hangat supaya badan menjadi lebih rileks.

Tubuh perlu istirahat cukup supaya organ dapat melakukan detoksifikasi. Sebaiknya HappyFams tidak bangun tengah malam untuk kepentingan apa saja supaya badan tetap dalam kondisi fit setiap hari dan siap bekerja.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam Dan Sulit Tidur Kembali"