Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?

Waktu Baca: 4 menitRabu, 29 September 2021 09:30 WIB
darah haid hitam pekat
Sumber: medium

Apakah Moms pernah mengalami ketika datang bulan dengan kondisi darah haid hitam dan bau? Hal ini mungkin saja terjadi pada masa awal menstruasi. Siklus mentruasi biasanya dimulai dengan flek atau bercak darah, kemudian keluar darah dan seterusnya.

Pada dasarnya setiap wanita normal mengalami siklus menstruasi. Namun kondisi masing-masing individu tentu berbeda. Tingkat stress, perubahan hormon, genetic merupakan beberapa faktor yang juga berpengaruh terhadap siklus menstruasi bulanan tersebut.

Normalnya wanita haid dengan darah merah serta tidak berbau menyengat. Menandakan kandungan oksigen dalam darah masih normal dan tidak terdapat infeksi. Interval menstruasi setiap bulan sama minimal tidak terpaut jauh.

Lalu bagaimana jika tiba-tiba muncul darah berwarna hitam pekat dan bau saat awal siklus mens, apakah dapat menjadi masalah kesehatan wanita? Moms sebaiknya mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya sehingga bisa melakukan penanganan paling tepat sekarang.

BACA JUGA:

Penyebab Darah Haid Hitam di Awal Menstruasi

darah haid hitam
Sumber: pinterest

Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebelum panik, lebih baik Moms mengenali penyebabnya supaya tahu apakah perlu menghubungi dokter atau tidak. Berikut penjelasannya tentang beberapa penyebab wanita yang mengalaminya!

  1. Penumpukan endometrium dari siklus mens sebelumnya. Penumpukan ini terjadi di rahim, baru keluar beberapa hari sehingga menyebabkan warnanya menghitam. Ini tidak bahaya dan normal terjadi. Terlebih saat seseorang mengalami stres.
    Ada kalanya faktor stress atau pekerjaan berat yang dilakukan menyebabkan mens tidak tuntas di periode sebelumnya. Sehingga saat masuk periode baru cairan keluar lebih banyak, mungkin juga lebih pekat lagi.
  2. Hormon yang tidak seimbang. Biasa dialami oleh remaja yang baru pertama kali mendapatkan mens. Ketidakstabilan mekanisme hormone kerap membuat darah haid hitam pekat. Hal ini akan berangsur membaik dengan sendirinya.
  3. Pendarahan di awal kehamilan. Pendarahan ini disebut juga implantasi, dimana darah pertama yang keluar hitam pekat. Normal terjadi karena masa turunnya darah ke vagina mengalami keterlambatan sehingga menyebabkan kemunculan haid.
  4. Memasuki masa menopause. Sangat normal terjadi pada wanita usia lanjut yang masuk menopause. Sebab pada masa itu terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Selain hitam umumnya volume keluarnya juga sedikit lagi.

Perlu digaris bawahi mens normal dilihat dari beberapa hal. Lamanya siklus, jumlah hari menstruasi, volume, warna. Apabila tidak sesuai seperti seharusnya bisa terjadi karena perubahan kondisi tubuh sehingga menjadi demikian.

Jika Moms merasakan gejala lain sebagai penyerta haid sebaiknya waspada. Contoh ketika terasa gatal di area vagina, disertai lemas, nyeri hebat di area perut bawah atau keluhan tidak normal lainnya.

Darah Hitam yang Bisa Menimbulkan Bahaya Kesehatan

darah haid bau
Sumber: freepik

Kondisi yang tidak biasa perlu dikonsultasikan langsung dengan dokter spesialis. Contoh saat Moms mengalami nyeri perut luar biasa kemudian keluar darah haid hitam menggumpal. Bisa jadi ini adalah tanda keguguran.

Apabila hal tersebut terjadi diluar siklus mens, atau menstruasi terlambat dalam jangka lama, bisa jadi memang keguguran. Untuk kondisi ini Moms sebaiknya segera periksa USG untuk memastikan apa yang terjadi.

Mens berwarna gelap cokelat sampai hitam bisa jadi juga pertanda penyakit menular seksual. Biasanya disertai dengan bau menyengat, rasa terbakar saat buang air kecil, gatal area vagina, nyeri pada area panggul.

Kondisi tersebut masih perlu dipastikan sebelum Moms mengobati dengan antibiotik. Penyakit menular seksual sebaiknya segera ditangani sebab dapat menularkan langsung ke pasangan. Selain itu berisiko menghambat terjadinya proses kehamilan berikutnya.

Itulah kenapa jangan heran bila terkadang ada seseorang yang susah memiliki keturunan karena mereka sedang mengalami penyakit seksual. Sehingga meski sudah mencoba berbagai macam cara, hasilnya tetap nol tidak memuaskan.

Jadi segera lakukan pemeriksaan sejak dini bila mengalami hal seperti itu. Sehingga Moms tahu langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kejadian seperti itu. Dengan begitu tidak ada masalah lagi.

Kanker serviks juga menunjukkan gejala serupa saat cairan menstruasi keluar. Namun biasanya didahului dengan siklus tidak teratur. Pada pertama kali keluar warna darah dapat berubah dari bening, kuning, hingga hitam.

Selama keluhan masih wajar Mons tidak perlu khawatir. Namun jika disertai tanda mau haid tidak normal seperti di atas sebaiknya segera periksa. Termasuk darah haid hitam apakah bisa hamil sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Semoga Moms terus sehat dengan kondisi menstruasi normal ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?"
related post
Ini Dia Kegunaan Alat Menstruasi Cup Untuk Wanita Tanpa Pembalut Lagi

Saat ini sedang ramai diperbincangkan menggunakan alat menstrual atau menstruasi cup semakin populer. Menstruasi atau ... Lanjut Baca