Pentingnya Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Indonesia

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 04 Desember 2020 09:23 WIB
pemetaan mutu pendidikan anak usia dini
Sumber: freepik

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang penting sekali diberikan kepada setiap anak dengan usia dibawah usia masuk kelas taman kanak-kanak. Tentunya di dunia pendidikan saat ini, setiap anak yang akan beranjak masuk kedalam taman kanak-kanak haruslah lulus sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Tentunya bukan kompetensi anak yang harus memenuhi kompetensi tersebut. PAUD juga harus selalu bisa memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan atau pemetaan mutu pendidikan anak usia dini.

Pentingnya pemetaan mutu pendidikan anak usia dini

Setiap PAUD yang ada di Indonesia haruslah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BAN atau Badan Akreditasi Nasional dan juga PNF atau Pendidikan Non Formal atau dengan kata lain setiap PAUD harus bisa memenuhi pemetaan mutu pendidikan anak usia dini. Tujuannya adalah agar setiap PAUD bisa terus melakukan perkembangan mutu yang dimilikinya. Karena untuk saat ini masih banyak PAUD yang masih belum memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Manfaat PAUD untuk Anak Usia Dini

Dengan memiliki mutu yang telah distandarkan, maka PAUD tersebut bisa memberikan banyak sekali manfaat kepada para masyarakat khususnya anak yang sedang duduk tingkat PAUD. Berikut ini adalah manfaat tersebut.

1. Tempat mempersiapkan pendidikan anak

Memang benar sebenarnya tidak ada salahnya anak secara langsung menginjak taman kanak-kanak sebagai media pembelajarannya atau tempat pembelajaran yang pertama kali mereka ikuti. Akan tetapi tidak semua anak bisa secara langsung bisa melakukan semua hal yang telah diajarkan untuk bisa memenuhi standar kompetensi yang telah diterapkan di dalam lingkup pendidikan kanak-kanak. Dengan melihat kasus tersebut maka penting sekali bahwa seorang anak untuk mempersiapkan dirinya untuk bisa mengikuti atau memenuhi standar di jenjang berikutnya.

Cara yang paling mudah adalah dengan memasukkan anak ke dalam PAUD. Dengan begitu sebelum seorang anak masuk kedalam tingkat taman kanak-kanak, anak tersebut sudah memiliki bekal yang memang bisa mempermudah mereka untuk lebih berbaur dan beradaptasi dilingkungan selanjutnya.

2. Membantu perkembangan emosional dan intelektual anak

Selain bisa menjadi wadah untuk mempersiapkan diri anak dengan memasukkan anak ke dalam lingkungan PAUD bisa membantu untuk lebih mengatur tingkat emosi yang dimilikinya. Karena anak yang sudah masuk kedalam PAUD biasanya lebih memiliki sebuah emosi yang mudah diatur, lebih sabar, bisa memiliki tingkat mandirinya sendiri, bahkan untuk saat ini sudah mulai diberikannya bagaimana cara membaca, menghitung, dan juga menulis. Dengan semua pengalaman yang didapatkan di dalam PAUD ini bisa digunakan untuk memupuk kecerdasan yang dimilikinya.

3. Bisa lebih membentuk kepribadian yang positif

Ternyata pendidikan PAUD bisa mengontrol anak pada usia dewasanya. Pasalnya anak yang pernah mengikuti jenjang PAUD dapat lebih melihat sesuatu dari kacamata yang positif, sehingga ketika dewasa nanti dapat memilih lingkungan yang tepat untuk dia beradaptasi dan resiko terkena masalah hukum dan juga obat-obatan terlarang dapat terhindar pada saat besar nanti.

Ternyata penting sekali pemetaan mutu pendidikan anak usia dini guna bisa memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya kepada anak yang telah masuk kedalam bangku PAUD. Untuk Moms & Dads apakah mempersiapkan buah hatinya untuk masuk PAUD atau langsung ke taman kanak-kanak?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pentingnya Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Indonesia"
related post
Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami

Cara menurunkan demam pada anak tanpa obat menjadi perhatian Moms, ketika mendapati buah hati sakit ... Lanjut Baca