Pengertian Anak Usia Dini Yang Mungkin HappyFams Belum Tahu!

Waktu Baca: 3 menitSabtu, 31 Oktober 2020 08:30 WIB
Pengertian Anak Usia Dini
Sumber: unsplash

Berbicara tentang pendidikan anak usia dini memang tak pernah lepas dari yang namanya anak usia dini atau anak kecil. Banyak hal ternyata yang bisa dibahas di dalam anak usia dini ini. Seperti pengertian anak usia dini, dan juga aspek apa saja yang bisa mempengaruhi bagaimana tumbuh kembang anak itu berlangsung. Yuk kita bahas lebih lengkap ya HappyFams!

Pengertian Anak Usia Dini

Menurut para ahli, anak usia dini merupakan anak yang memiliki rentang usia dari 0 sampai dengan 8 tahun. Usia tersebut merupakan suatu usia dimana anak akan melakukan suatu pengembangan diri sesuai dengan apa yang mereka lihat.

Anak di rentang usia tersebut disebut usia "golden age" atau anak usia emas. Dimana otak anak menyerap maksimal dari apa yang mereka lihat, maupun mereka dengar. Jadi anak di usia dini adalah waktu yang tepat untuk orang tua menemukan sekaligus mengarahkan anak atas minat dan tumbuh kembangnya.

Aspek pendukung pengembangan diri anak usia dini

Dalam perkembangan anak memang bisa ditunjang dengan mengikutsertakan anak di dalam lembaga PAUD. Akan tetapi jika dilihat dari sisi lain ternyata perkembangan anak juga memiliki beberapa aspek pendukung. Aspek pendukung ini antara lain adalah aspek fisik dan motorik, aspek kognitif, aspek sosial dan emosional. Dimana setiap aspek ini akan saling berkaitan sehingga bisa lebih mudah dalam melakukan suatu pengembangan. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan terkait dengan aspek tersebut.

1. Aspek Fisik dan Motorik

Hal pertama adalah aspek fisik dan motorik. Perkembangan fisik setiap anak tidak bisa dipukul rata sama semua. Karena pada nyatanya perkembangan fisik setiap anak selalu berbeda satu sama lain. Dengan kata lain setiap anak dengan usia yang sama tidak memiliki perkembangan yang sama atau ada yang cepat dan ada yang lambat. Selain itu bukan hanya pada fisiknya saja perkembangan motorik setiap anak juga berbeda. Seperti anak yang memiliki usia 1 tahun akan bisa berjalan dan tahap selanjutnya pada usia 2,5 tahun anak akan lebih bisa masuk kedalam tahap berlari, melompat, dan juga memanjat. Tentunya anak akan lebih mudah untuk bisa menunjukkan pertumbuhan motorik yang cukup lincah dan juga lebih gesit dari usia sebelumnya.

2. Aspek Perkembangan Kognitif


Sumber: unsplash

Aspek perkembangan kognitif sebenarnya menitikberatkan pada perkembangan cara berfikir anak. Biasanya dalam perjalanan hidupnya anak akan lebih menemui suatu masalah. Nah setiap masalah tersebut harusnya bisa diselesaikan. Akan tetapi harus bisa berfikir bagaimana mencari jalan keluar untuk bisa mencapai cara penyelesaiannya. Faktor perkembangan kognitif ini dirasa sangatlah penting sekali keberadaannya. Hal ini dikarenakan setiap pembelajaran yang dilakukan dimanapun selalu mengacu pada penyelesaian masalah.

Baca Juga: Pendidikan Anak Usia Dini Yang Harus Orangtua Pahami

3. Aspek Sosial dan Emosional

Pada anak usia dini biasanya seorang anak akan memiliki emosi yang mulai menggebu-gebu. Anak mulai bisa menyadari bagaimana anak bisa mulai memahami perasaan dari orang lain, mulai mengerti bagaimana akibat yang terjadi dari emosi tersebut.

Tidak jarang emosi anak yang berlebihan dapat menjadi tantrum. Apabila sampai demikian maka orang tua harus paham bagaimana kunci menghadapi anak tantrum. Supaya emosi anak dapat terkendali lebih baik kedepannya

Semoga dengan membaca pengertian anak usia dini dan juga aspek yang mempengaruhi perkembangannya, HappyFams menjadi lebih paham dan kapan waktu yang tepat untuk memaksimalkan potensi tumbuh kembang buah hatinya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pengertian Anak Usia Dini Yang Mungkin HappyFams Belum Tahu!"
related post
5 Kacamata Anak-anak Untuk Perempuan Dan Laki-laki Yang Lucu Dan Imut

Berbelanja kacamata anak-anak saat ini terlepas dari si buah hati ada masalah dengan matanya atau ... Lanjut Baca

Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami

Cara menurunkan demam pada anak tanpa obat menjadi perhatian Moms, ketika mendapati buah hati sakit ... Lanjut Baca

Yuk Belajar Memahami Siklus Menstruasi Pada Perempuan Secara Biologis

Menstruasi merupakan sebuah siklus normal yang dialami oleh wanita. Umumnya menstruasi mulai terjadi pada wanita ... Lanjut Baca