Pengen Bisnis Tapi Bingung? Berikut Panduan Awal Memulainya

Waktu Baca: 5 menitSenin, 27 Januari 2020 10:00 WIB
Pengen Bisnis Tapi Bingung
Sumber: Yandex.com

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti harus berhenti bekerja dan tidak memiliki penghasilan sendiri lho. Masih banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan sembari menghabiskan waktu untuk mengurus keluarga. Membangun bisnis dari rumah bisa menjadi salah satu jawaban yang menarik. Namun, untuk Moms yang belum pernah memulai sebuah bisnis, tentu akan merasa bingung dalam menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan.

Pengen bisnis tapi bingung? Ya mungkin satu hal yang dirasakan Moms saat akan memulai sebuah bisnis dari rumah. Dengan panduan yang tepat, Moms tentu akan lebih mudah dalam mengambil keputusan bisnis. Selain itu, banyak juga model bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, bahkan berpeluang mendapatkan pendapatkan yang besar. Berikut beberapa hal yang bisa Moms lakukan agar tidak bingung ketika akan memulai bisnis baru.

Mulailah dengan Bisnis yang Dipahami

mulai bisnis apa ya
Sumber: Yandex.com

Perlu Moms ketahui bahwa jenis bisnis yang dijalankan oleh ibu rumah tangga merupakan jenis bisnis yang bersifat domestik sehingga sangat mudah untuk dijalankan. Atau, Moms bisa memulai sebuah bisnis dari sebuah hal yang memang digemari. Beberapa penelitan juga menyebutkan jika seorang melakukan sebuah hal yang digemari atau sesuai passion, maka akan semakin mudah dan menyenangkan saat dijalankan.

Dengan secara konsisten melakukan hal yang disukai, secara tidak langsung Moms akan memiliki perhatian lebih terkait dengan penguasaan bisnis yang merupakan dasar penting dalam berbisnis. Yang terpenting dan tidak boleh terlupakan, pahamilah juga bahwa bisnis yang Moms jalankan ini berdampingan dengan tugas serta tanggung jawab Moms di rumah.

Menentukan Target dengan Jelas

Hal terpenting saat memulai bisnis dengan status sebagai ibu rumah tangga, yaitu dengan memiliki target yang jelas. Pastikan Moms memiliki jawaban atas pertanyaan yang akan muncul, seperti apa yang dicari dengan memulai sebuah bisnis sendiri? Atau pertanyaan tentang apa yang Moms ingin jalankan sebagai ibu rumah tangga?

Berbagai pertanyaan sederhana tersebut ternyata sangat penting dalam menentukan titik keseimbangan terkait dengan target yang Moms inginkan. Tidak jarang saat menentukan jenis bisnis awal mulanya tentu Moms harus memahami beberapa garis batas dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hal ini tentu untuk mempertahankan keseimbangan. Pastikan Moms memiliki langkah yang jelas untuk mencapai keseimbangan dalam bisnis dan rumah tangga.

Memberi Aturan Antara Bisnis dan Urusan Pribadi

Langkah selanjutnya untuk mulai bisnis sebagai ibu rumah tangga, yaitu dengan memberikan aturan yang tegas antara kegiatan bisnis serta urusan pribadi. Saat Moms sudah berhasil menentukan tujuan awal hingga pencapaian yang ingin Moms kejar sampai pada titik keseimbangan, setelah itu saatnya Moms untuk mulai mengatur antara tenaga, waktu, dan pikiran. Pastikan Moms sudah memahami jika bisnis tidak bisa dicampur dengan urusan pribadi.

Hal ini bertujuan supaya Moms bisa lebih berfokus saat menjalankan sebuah bisnis. Kedepannya, hal ini sangat terkait dengan urusan keuangan serta urusan tenaga kerja. Jika sudah memiliki karyawan pastikan Moms memiliki batas terkait dengan ruang gerak karyawan bilamana Moms ingin menjaga ruang privasi. Pastikan untuk tidak membawa urusan dapur ke dalam bisnis. Pasalnya hal tersebut bisa membuat fatal. Mengingat urusan dapur sekecil apapun bisa menyebabkan masalah besar dalam keuangan bisnis.

Manfaatkan Teknologi

memulai bisnisSumber: Yandex.com

Sekarang ini, teknologi memiiki peran yang sangat besar. Terlebih dalam kegiatan berbisnis. Dengan memanfaatkan teknologi dengan benar, pertanyaan seputar pengen bisnis tapi bingung, tentu akan semakin mudah terjawab. Moms jangan ragu untuk menggunakan semua aspek dari teknologi serta perkembangan sistem informasi dan juga komunikasi.

Sebelum bikin bisnis sendiri silahkan Moms melakukan riset informasi terkait dengan berbagai jenis aplikasi, seperti cara melakukan marketing online, dan berbagai informasi lain terkait dengan teknologi yang nantinya menunjang bisnis Moms agar berkembang.

Melakukan Kerja Sama yang Baik dengan Anggota Keluarga

Mulai bisnis apa ya? Pertanyaan tersebut juga akan lebih mudah dijawab ketika Moms bisa membangun kerja sama dengan baik bersama anggota keluarga. Mengingat dukungan keluarga memiliki peranan yang sangat penting bagi Moms yang ingin membangun bisnis dari rumah.

Silahkan Moms komunikasikan semua rencana bisnis yang akan Moms jalankan. Tentu terkait dengan beberapa teknis batasan yang Moms terapkan, rencana anggaran, hingga jadwal kerja yang akan Moms kerjakan. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka semua anggota keluarga akan memiliki rasa toleransi kepada Moms ketika sedang menjalankan sebuah bisnis.

Mulai Membangun Jaringan

mulai bisnis
Sumber: Yandex.com

Ketika memulai bisnis sendiri sudah pasti banyak hal yang akan Moms lakukan. Termasuk membangun jaringan. Bisnis yang Moms jalankan akan bisa berkembang dengan lebih efektif ketika Moms mampu membangun sebuah jaringan dengan bagus. Moms bisa memulai dengan turut aktif di komunitas para pebisnis wanita, atau aktif dalam kegiatan alumni yang bisa menunjang bisnis Moms kedepannya.

Meskipun Moms menjalankan bisnis dalam ruang jangkauan yang kecil dengan bekerja di rumah. Akan tetapi Moms tetap bisa meluaskan jaringan. Hal tersebut bisa Moms lakukan dengan menambah jaringan pertemanan serta dukungan dari orang terdekat. Terkadang, jaringan-jaringan yang Moms bangun tersebut akan sangat membantu dalam mengatasi berbagai kendala. Bahkan, bisa juga Moms akan mendapatkan tambahan modal melalui jaringan pertemanan yang Moms miliki.

Memulai bisnis bagi ibu rumah tangga bisa jadi lebih mudah atau bahkan sebaliknya. Akan tetapi, dengan langkah yang tepat, memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang sulit. Jadi, apakah Moms masih pengen bisnis tapi bingung? Jika Moms memiliki tips lain terkait bagaimana cara memulai bisnis, silahkan Moms tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pengen Bisnis Tapi Bingung? Berikut Panduan Awal Memulainya"
related post
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Tahukah HappyFams bahwa seberapa besar pendapatan atau pemasukan jika tidak bisa mengelola dengan baik maka ... Lanjut Baca