Pendidikan Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir, Ikuti 7 Hal Penting Ini!

Waktu Baca: 3 menitSenin, 29 Juli 2019 11:00 WIB
Berbicaralah Pada Bayi Dengan Jelas Dan Konsisten
Sumber: Pixabay.com/Pexels

Moms baru melahirkan biasanya masih bingung dengan pendidikan kesehatan untuk bayi baru lahir. Banyak yang memahami bahwa bayi tidak perlu diberi pendidikan apapun. Padahal itu salah ya, Moms. Sejak baru lahir, bayi sudah bisa merasa dan menanggapi berbagai hal. Jadi, pendidikan untuk anak baru lahir sama pentingnya dengan pendidikan untuk usia anak berapa pun.

Khusus untuk bayi baru lahir, pendidikan kesehatan perawatan bayi baru lahir adalah yang paling utama. Melalui berbagai perawatan yang didapatkan si bayi dari Moms, mereka bisa memahami bahwa kesehatan itu penting. Untuk Moms yang belum tahu bagaimana pendidikan kesehatan untuk bayi baru lahir, silahkan simak penjelasan mengenai hal tersebut di bawah ini.

1. Mengetahui Pola Tingkah Bayi Sewaktu Menyusui

Pendidikan Melalui Waktu Menyusu Sangat Penting Lho, Moms
Sumber: Pexels.com/Nikolay Osmachko

Bayi akan merasa lapar setiap 1-2 jam. Memberikannya asupan, baik melalui ASI atau botolan ternyata juga tak luput dari sebuah pendidikan kesehatan bayi baru lahir, lho. Dari aktifitas ini, Moms memahami kebiasaan si kecil dan belajar mengenai berbagai tanda yang diberikan bayi saat lapar. Perhatikan bagaimana tingkah bayi yang mengecap tangannya, bayi menangis, atau kebiasaan membuka mulut yang terkadang terlihat menggemaskan. Hal ini menjadi pengalaman mengasuh bayi baru lahir yang sangat berharga bagi seorang ibu, tentunya.

2. Moms, Latih Kemampuan Penglihatan Bayi Dengan Fokus Menatapnya!

Moms, Latih Kemampuan Penglihatan Bayi Dengan Fokus Tatapan Ya
Sumber: Unsplash.com/Irina Murza

Bayi baru lahir kemampuan penglihatannya masih terbatas lho, Moms. Hal ini yang bisa juga menjadi pendidikan untuk anak baru lahir bagi sang ibu. Indera penglihatan si kecil sebenarnya masih bisa dilatih seiring waktu karena di awal lahir, biasanya kemampuannya hanya mencapai 25 cm. Latihlah mata sang buah hati dengan membiasakannya menatap mata Moms. Biarkan bayi memegang wajah Moms, kemudian dekatkan matanya dengan mata Moms. Lama kelamaan, mata bayi akan lebih fokus dan kian tumbuh kemampuan melihatnya.

3. Membiasakan Ajaran Agama Sejak Dini Juga Penting, Moms

Membiasakan Ajaran Agama Sejak Dini Juga Penting, Moms
Sumber: Unsplash.com/Kevin

Sejak lahir, bayi sudah bisa dikenalkan dan dibiasakan akan ajaran agama. Sejak diazankan ketika baru lahir, bayi sudah bisa mendengar dan merasakan ungkapan syukur dari ayahnya atas kelahirannya. Tidak hanya itu, bayi juga sudah bisa diperdengarkan berbagai macam doa. Membiasakan ajaran agama sejak dini ini penting sebagai pendidikan anak baru lahir yang utama dari keluarga. Apapun agamanya, tentu ingin anak yang baru lahir sedini mungkin bisa merasakan kuasa dari Tuhan.

4. Pendidikan Kesehatan Perawatan Bayi Melalui Waktu Mandinya

Pendidikan Kesehatan Perawatan Bayi Melalui Waktu Mandinya
Sumber: Unsplash.com/The Honest Company

Bayi sudah dikenalkan dengan air sejak saat masih di dalam kandungan. Oleh karena itu, ketika dilahirkan pun bayi akan sangat familiar dan menyukai aktifitas dengan air. Pahamilah bahwa waktu mandi akan menjadi waktu yang sangat ditunggu baginya. Moms bisa membiasakan waktu mandi ini sebagai pendidikan kesehatan perawatan bayi baru lahir. Pastikan untuk membersihkan bayi dengan air ketika buang air ya, Moms. Dengan begitu, ia pun akan terbiasa merasakan manfaat air untuk kebersihan dan kesehatan tubuhnya.

5. Moms Harus Membiasakan Memeluk Bayi

Moms Harus Membiasakan Memeluk Bayi
Sumber: Unsplash.com/Kelly Sikkema

Bersentuhan langsung antara Moms dan Bayi bisa menjadi pendidikan anak baru lahir yang sangat bermanfaat nantinya. Selain menguatkan ikatan batin, hal ini bisa melatih juga kemampuan indera kulitnya. Biasakan memeluk bayi untuk menyalurkan ketenangan dan kehangatan. Pasalnya, selama 9 bulan, bayi selalu berada di dalam perut Moms. Jadi, walau sudah dilahirkan, bayi masih membutuhkan sentuhan langsung dari Moms dengan cara berpelukan. Nah, sudahkah memeluk si kecil hari ini?

6. Latih Kemampuan Penciuman Melalui Berbagai Aroma Ya, Moms

Latih Kemampuan Penciuman Melalui Berbagai Aroma Ya, Moms
Sumber: Unsplash.com/Ana Tablas

Moms, pernah dengar mengenai pentingnya asuransi pendidikan untuk bayi baru lahir? Tentu saja asuransi akan sangat berguna untuk pendidikan si bayi nanti ketika sudah beranjak ke usia pendidikan usia dini. Namun, sambil menunggu waktunya si kecil bersekolah, Moms bisa memulai mendidiknya melalui kemampuan penciumannya dulu. Membiasakan bayi menggunakan berbagai macam bedak, sampo, sabun, dan parfum membuat bayi bisa mengenali aroma. Bahkan, bayi akan sangat mengenal aroma ibunya dengan mudah lho. Jadi, selalu latih kemampuan bayi baru lahir dengan pendidikan aroma seperti ini ya, Moms.

7. Berbicaralah Pada Bayi Dengan Jelas Dan Konsisten

Berbicaralah Pada Bayi Dengan Jelas Dan Konsisten
Sumber: Pixabay.com/Skimpton007

Pendidikan anak baru lahir berikutnya bisa dikaitkan dengan kemampuan berbicara si kecil. Semakin sering Moms mengajak si kecil berbicara, dan tentunya dengan menggunakan kata yang jelas, si bayi akan semakin cepat berbicara. Jadi, jangan sampai Moms malah membiarkan bayi bermain sendiri. Hal ini bisa membuat kemampuan berbicaranya tidak berkembang. Mintalah bantuan ibu atau mertua yang sudah pengalaman mengasuh bayi baru lahir. Tanyakan beliau mengenai bagaimana cara berkomunikasi dengan si bayi agar kemampuan berbicaranya bisa segera meningkat.

Itu dia Moms, 7 hal yang perlu diperhatikan sebagai pendidikan kesehatan untuk bayi baru lahir. Mulai sekarang jangan salah anggap lagi ya. Bayi sejak lahir sudah bisa dikenalkan dan diajarkan banyak hal. Bahkan, kemampuan otak bayi jauh lebih cepat menangkap dan memproses dibandingkan usia kanak-kanak. Jadi, pastikan untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk bayi selama masa baru kelahirannya ke dunia ya, Moms!

Apakah Moms punya pengalaman memberikan pendidkan anak baru lahir lainnya? Share di kolom komentar yuk, Moms untuk berbagi cerita dengan Moms lainnya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pendidikan Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir, Ikuti 7 Hal Penting Ini!"
related post
Tahap Perkembangan Bayi Dari Bulan Ke Bulan Sampai Usia Satu Tahun

Setelah lahir, bayi akan menunjukan perkembangan yang amat pesat terutama di masa tahun pertama hidupnya. ... Lanjut Baca

Jadwal Pemberian Imunisasi Lengkap Pada Anak, Moms Wajib Catat!

Menjaga selalu kesehatan anak adalah tugas dari orang tua salah satunya dengan selalu memperkuat sistem ... Lanjut Baca

Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca