Pendidikan Karakter Remaja, Ini 7 Kewajiban Orangtua!

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 18 Agustus 2019 11:00 WIB
Pendidikan Karakter Remaja Yang Menjadi Kewajiban Orangtua
Sumber: Unsplash.com/Eliott Reyna

Pada dasarnya, hubungan antara orangtua dan karakter anak menjadi tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Cara orang tua mendidik dan menghadapi berbagai karakter anak di masa remajanya akan membentuk bagaimana karakter anak tersebut di masa depan. Jadi, tentu Moms dan Dads memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter remaja khususnya di era milenial yang kompleks. Jika Moms dan Dads belum tahu apa saja jenis pendidikan karakter remaja masa kini yang bisa diterapkan ke anak-anak di rumah, yuk simak!

1. Mulai Dari Mendidikan Anak Mengendalikan Emosi Penting Lho, Moms

Mulai dari Mendidikan Anak Mengendalikan Emosi Penting Lho, Moms
Sumber: Pixabay.com/1388843

Orangtua dan karakter anak menjadi dua aspek yang tidak bisa dipisahkan. Khususnya dalam pendidikan karakter remaja yang berkaitan dengan emosi. Di masa pubertasnya, emosi remaja akan sangat tidak stabil dan membutuhkan banyak perhatian. Moms memiliki peran yang sangat besar dalam membantu mendidik anak remaja mengendalikan emosinya. Ajarkan bahwa emosi yang tidak bisa dikendalikan hanya akan mendatangkan kerugian.

2. Dads, Yuk Biasakan Anak Disiplin Sejak Dini

Pendidikan Karakter Remaja Biasakan Anak Disiplin Sejak Dini
Sumber: Pixabay.com/SplitShire

Penting untuk melatih karakter disiplin pada remaja. Ketahui bahwa di usia remaja, anak-anak menganggap hal yang tidak disiplin menjadi sesuatu yang menunjukkan bahwa mereka pemberani. Hal ini tentu saja salah. Tugas bagi Moms dan Dads untuk melatih pendidikan karakter yang diperlukan oleh sang remaja adalah menjadikan mereka agar menjadi lebih disiplin. Bisa dengan menerapkan aturan waktu bermain dan belajar atau dengan berdiskusi dengan si anak. Ini bisa menjadi cara efektif mendidik karakter remaja di era milenial.

3. Latih Anak Untuk Memiliki Empati Dengan Orang Lain Ya, Moms

Latih Anak untuk Memiliki Empati dengan Orang Lain Ya, Moms
Sumber: Unsplash.com/Andrea Tummons

Anak-anak juga perlu dilatih agar memiliki empati dengan orang lain. Karakter remaja di era milenial ini lebih cenderung pada tidak perhatian dengan orang lain. Hal ini tidak boleh dibiarkan ya Moms. Pendidikan karakter remaja masa kini menjadikan empati menjadi karakter yang sangat penting karena semakin langka ditemukan. Jadi yuk Moms, latih anak untuk memperhatikan sekitarnya dan turut membantu orang yang mengalami kesulitan.

4. Biarkan Anak Menemukan Penyelesaian Masalahnya Sendiri Agar Mandiri, Dads

Biarkan Anak Menemukan Penyelesaian Masalahnya Sendiri agar Mandiri, Dads
Sumber: Pixabay.com/27707

Berikutnya, Dads juga bisa memperhatikan bagaimana kemandirian dari anak remaja. Seharusnya di usia remaja, anak-anak sudah bisa melakukan banyak hal sendiri. Misalnya, mencuci sepatu sekolahnya sendiri adalah hal yang sudah bisa dibiasakan agar anak mandiri. Sayangnya, hal ini seringkali tidak diperhatikan dan membuat mereka menjadi manja. Cobalah Dads membiarkan anak menyelesaikan berbagai masalah, tugas, dan pekerjaannya sendiri agar lebih mandiri di kemudian hari. Aspek kemandirian ini berguna kelak ketika ia tumbuh dewasa.

5. Moms, Ajarkan Anak Remaja Untuk Memiliki Kepercayaan Diri

Moms, Ajarkan Anak Remaja untuk Memiliki Kepercayaan Diri
Sumber: Pixabay.com/cuncon

Satu lagi karakter remaja di era milenial ini yang sudah banyak ditemukan yaitu hilangnya kepercayaan diri. Terlalu berkembangnya teknologi menyebabkan pertukaran informasi menjadi lebih cepat dilakukan. Banyak anak remaja yang mulai saling membandingkan dirinya dengan remaja lain yang dilihat melalui berbagai media sosial sebagai media informasi. Jika sudah membandingkan, maka anak remaja sangat rentan dengan hilangnya kepercayaan diri. Moms dan Dads bisa mengajarkan pada anak-anak bahwa setiap orang unik dan dirinya pun berharga.

6. Biasakan Anak Untuk Menghargai Perbedaan Yuk, Dads

Biasakan Anak untuk Menghargai Perbedaan Yuk, Dads
Sumber: Unsplash.com/Suhyeon Choi

Pendidikan karakter remaja masa kini yang tidak kalah penting berkaitan dengan karakter saling menghargai. Anak remaja seringkali mulai tidak menghargai perbedaan yang ada di sekitarnya, sehingga muncul perilaku perundungan (bullying). Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja ya, Moms dan Dads. Orangtua dan karakter anak yang satu ini sangat berkaitan hubungannya. Orangtua memiliki peran untuk mengedusi anak sejak dini untuk menghargai perbedaan yang ada pada diri orang-orang di sekitarnya, bukan malah melakukan perundungan.

7. Moms Dan Dads, Pastikan Anak Selalu Menjaga Sopan Santun Dan Menaati Etika Yang Berlaku

Moms dan Dads, Pastikan Anak Selalu Menjaga Sopan Santun dan Menaati Etika yang Berlaku
Sumber: Unsplash.com/Henry & Co

Pendidikan karakter bagi remaja berikutnya yang perlu Moms dan Dads perhatikan adalah terkait sopan santun dan etika. Sopan santun dan etika adalah karakter yang semakin hari semakin mahal harganya. Terlalu sering karakter remaja di era milenial ini jauh dari sikap sopan, santun, dan beretika. Oleh karena itu, Moms dan Dads bertanggung jawab melakukan pendidikan karakter bagi remaja agar lebih sopan, santun, dan lebih beretika.

Tentunya Moms dan Dads harus menjadi contoh yang pertama bagi sang buah hati untuk berbagai karakter yang baik. Sebagai anak, tentu saja ia akan melihat role model terdekatnya, yakni orangtuanya sendiri. Jadi, pastikan sebagai orangtua, Moms dan Dads juga terus belajar, karena pada dasarnya menjadi orangtua adalah pelajaran seumur hidup. Nah, bagaimana dengan pengalaman Moms dan Dads dalam memberikan pendidikan karakter bagi remaja?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pendidikan Karakter Remaja, Ini 7 Kewajiban Orangtua!"
related post
Cara Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua Milenial Dengan Anak-anak

HappyFams, Komunikasi merupakan sebuah hal yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk bisa ... Lanjut Baca

Peran Anak Dalam Keluarga Dari Kacamata Orangtua Muda

Jika berbicara soal peran anak dalam keluarga apa yang HappyFams pikirkan? Berbakti kepada orang tua? ... Lanjut Baca

Pola Asuh Anak Dan Remaja Yang Mulai Nampak Perilaku Tidak Terbuka

Moms, memiliki buah hati yang masih sangat belia tentunya menjadi sebuah tugas istimewa ya, karena ... Lanjut Baca