Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini!

Kamis, 19 September 2019 11:00 WIB
pendidikan anak berkebutuhan khusus, pahami dulu 7 hal penting ini cover
Sumber: Flickr.com

Happinest.id - Anak berkebutuhan khusus adalah titipan spesial dari Tuhan untuk kita jaga dan rawat sebaik mungkin. Sebagai orangtua, ini sudah menjadi kewajiban kita dalam memenuhi kebutuhan anak, termasuk pendidikan. Sebagai hak dasar manusia, pendidikan juga wajib dipenuhi termasuk untuk anak berkebutuhan khusus. Bedanya, pendidikan anak berpendidikan khusus ini memiliki rancangan berbeda, disesuaikan dengan karakteristik unik anak. 

Sudah banyak cerita orangtua sukses mendidik anak berkebutuhan khusus untuk berprestasi. Memang, terlepas dari keunikan dan karakter setiap anak berkebutuhan khusus, pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus ini tetap perlu dilakukan oleh orangtua agar anak tersebut bisa mandiri menghadapi tantangan kehidupan. Berikut adalah 7 manfaat pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus untuk dipahami Moms dan Dads sebagai orangtua. 

1. Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Membantu Mereka Bersosialisasi Dengan Lebih Baik Lho, Moms!

Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Membuat Mereka Bersosialisasi dengan Baik Lho Moms!
Sumber: Flickr.com/Department of Foreign Affairs and Trade's Photostream

Salah satu manfaat pendidikan anak berkebutuhan khusus yang perlu Moms pahami ialah membantu si kecil dalam bersosialisasi. Anak berkebutuhan khusus, terutama anak autis cenderung sering menyendiri karena lebih merasa nyaman berada dalam dunianya sendiri. Sifat tersebut tidak bisa terus dibiarkan karena akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang individualis atau mementingkan kepentingan diri sendiri. Disinilah peranan penting pendidikan anak autis dalam membantu mereka bersosialisasi dengan masyarakat.

2. Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bisa Lebih Mandiri Dengan Pendidikan Yang Tepat Sesuai Karakteristik Mereka

Moms, Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bisa Lebih Mandiri dengan Pendidikan yang Tepat
Sumber: Pxhere.com/CC0 Domain Public

Pahamilah kenyataan bahwa anak berkebutuhan khusus hidupnya cenderung bergantung pada orang lain, baik orangtua maupun guru dan terapis. Oleh karena itu, sangat penting untuk menekankan aspek kemandirian dalam pendidikan anak 1 tahun yang Moms dan Dads berikan sebelum mendaftarkannya ke sekolah khusus. Ajarkan pada anak bahwa ia tidak dapat selalu bergantung pada orang lain, dan berilah ia motivasi agar ia mau belajar menyelesaikan masalahnya sendiri. Hal ini akan membantu si kecil dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

3. Bila Anak Berkebutuhan Khusus Dirasa Sulit Menghormati Orang Lain, Yuk Berikan Pendidikan Dengan Ikut Sekolah!

ABK Sulit Menghormati Orang Lain? Yuk Berikan Pendidikan dengan Disekolahkan Moms!
Sumber: Flickr.com/Department of Foreign Affairs and Trade's Photostream

Karakteristik lain yang perlu diperhatikan dari anak berkebutuhan khusus ialah kesulitan menghormati orang lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, Moms dan Dads dapat mengajarkan berbagai nilai tentang sopan santun dan bagaimana harus bersosialisasi dalam masyarakat, termasuk menghargai perbedaan serta menghormati orang lain. Selanjutnya Moms dan Dads juga dapat berkonsultasi dengan pihak sekolah agar menanamkan nilai tersebut saat anak berada di sekolah, khususnya saat ia bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.

4. Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bisa Dilatih Membaca, Menulis, Dan Menghitung Dengan Pendidikan Yang Tepat

Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bisa Dilatih Membaca, Menulis dan Menghitung dengan Pendidikan yang Tepat Moms.
Sumber: Flickr.com/Department of Foreign Affairs and Trade's Photostream

Siapa bilang anak berkebutuhan khusus tidak perlu bisa membaca, menulis, dan berhitung? Mereka juga kelak akan memerlukan kemampuan tersebut di dunia kerja lho, Moms. Maka sebaiknya Moms dan Dads mengambil peran untuk mengasah kemampuan anak berkebutuhan khusus dengan skill yang akan dibutuhakan kelak ia dewasa nanti dengan melakukan sinergi bersama guru di sekolah. Luangkan waktu juga di rumah untuk mengajari, serta mendampingi mereka dengan telaten mengenai bagaimana cara membaca, menulis, dan berhitung sejak dini.

5. Moms Bisa Temukan Bakat Mereka Melalui Pendidikan Juga!

Moms Bisa Temukan Bakat Mereka Melalui Pendidikan Juga!
Sumber: Usaid.gov

Jangan kaget jika anak berkebutuhan khusus memiliki bakat spesial yang mulai terlihat saat ia mulai sekolah! Perlu diketahui, pendidikan anak berkebutuhan khusus memang bertujuan untuk menemukan kelebihan atau bakat dari setiap anak. Bakat tersebut bisa diasah dan dikembangkan sampai anak benar-benar mahir dan menguasainya. Jadi, bukan tidak mungkin anak-anak kemudian ditemukan mahir memainkan alat musik, menyanyi, bahkan hingga menggunakan teknologi untuk membangun software. Jangan sia-siakan kesempatan, Moms!

6. Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bermanfaat Untuk Mengakomodasi Berbagai Kebutuhan Uniknya

Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Juga Bermanfaat untuk Mengakomodasi Kebutuhannya yang Khusus
Sumber: Edwards.af.mil

Sesuai dengan namanya, tipe anak ini memiliki kebutuhan khusus, termasuk masalah pendidikan. Kebutuhan khusus ini seringkali tidak dapat difasilitasi dengan baik oleh sekolah umum, sementara pendidikan di rumah yang dilakukan oleh Moms dan Dads sifatnya terbatas. Oleh karena itu, ada baiknya jika Moms menyekolahkan anak berkebutuhan khusus di sekolah khusus. Sekolah ini membantu mengakomodasi kebutuhan si kecil, misalkan dalam kemahiran berbicara, kemampuan bersosialisasi, sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

7. Pahami Bahwa Anak Berkebutuhan Khusus Usia Awal Paling Penting Untuk Diberikan Edukasi Dengan Cara Yang Tepat!

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Perlu Edukasi Sejak Dini
Sumber: Pixabay.com

Beberapa kali pada bagian sebelumnya sudah sempat dijelaskan pentingnya pendidikan sejak dini bagi anak berkebutuhan khusus. Semakin cepat pendidikan diberikan maka akan semakin baik karena anak sudah terbiasa dilatih sejak dini.Misalkan untuk anak-anak down syndrome, pendidikan anak 1 tahun untuk kekhususan ini sudah bisa mulai diberikan, seperti terapi untuk mengendalikan tantrum. Begitu juga untuk anak-anak autis, Moms dapat memberikan pendidikan anak 1 tahun dengan membiasakan diri berinteraksi dengan mereka.

Demikian penjelasan tentang manfaat pendidikan anak berkebutuhan khusus yang penting untuk dipahami. Jangan sampai Moms dan Dads mengabaikan pendidikan mereka dan mengira itu tidak penting dan bermanfaat. Memberikan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus akan mendatangkan perkembangan signifikan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Yuk mulailah lakukan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di rumah!

Bagi Moms dan Dads lain yang memiliki informasi lain terkait pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, boleh yuk share pengalamannya di kolom komentar di bawah ini!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini!"