Pasangan Baru Menikah, Yuk Pahami Tips Keuangan Keluarga Dari Dasar

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 21 Juni 2020 11:39 WIB
pahami-tips-keuangan-keluarga
Sumber: moneycrashers

Yang baru menikah, pasti sedang hangat-hangatnya. Pergi ke mana pun, tangan selalu menggandeng pasangan. Dunia seperti milik berdua, sementara manusia lainnya berstatus penyewa.

Menikah adalah tujuan untuk sebagian besar manusia. Mengubah diri, dari jiwa yang penuh ego saat bujangan, kini harus berbagi segalanya dengan keluarga. Salah satu yang harus diperhatikan oleh pasangan muda adalah bagaimana menata keuangan. Mengatur keuangan keluarga itu sangat penting. Dari sini, Moms bisa mewujudkan banyak impian yang akan dicapai kedepannya.

Selain mewujudkan impian, keuangan yang stabil dapat menjadi salah satu penentu keutuhan rumah tangga yang harmonis. Jadi harus cerdas mengelola keuangan bagi pasangan yang baru menikah.

Nah biar tidak tersesat dengan pengeluaran yang tak perlu, berikut tips mengatur keuangan yang cukup simple untuk pasangan keluarga muda:

Sejarah Bisa Mempengaruhi Kondisi Keuangan

Boleh percaya, boleh tidak, seseorang yang dibesarkan oleh keluarga yang terbiasa mengatur keuangan akan mewarisi sikap tersebut. Sementara orang yang sejak kecil tidak dikenalkan pada aturan tersebut cenderung kurang awas dalam pengeluaran. So, kini saatnya saling berbagi cerita mengenai latar belakang bagaimana cara orang tua mengenalkan pada uang sejak kecil.

Berbagi Peran Mengelola Pendapatan

Saling mengenal keunggulan dan kelemahan pasangan saat mengatur keuangan. Dari sana, pasangan bisa berbagi peran dalam mengelola pendapatan. Misal, Moms yang terbiasa berhemat dan sulit untuk mengeluarkan uang diwajibkan membayar tagihan-tagihan dengan nominal lebih kecil.

Menjadi Fleksibel itu Penting

Banyak pasangan yang memiliki masalah dalam mengatur keuangan dasar, yaitu pengeluaran untuk barang-barang atau kebutuhan yang tidak penting. Oke, agar lebih mudah dalam mengatasi problem ini, sediakan sedikit budget dengan jumlah tertentu untuk dana belanja bebas. Tapi ingat, jangan sampai melampaui dana tersebut bila memang sudah habis.

Gotong Royong Hidup Hemat

Menikah itu berarti hidup hemat bersama-sama. Tak perlu lagi masing-masing mengeluarkan biaya untuk keperluan pribadi. Misal, kini pasang wi-fi sekaligus tv kabel. Serumah pakai satu fasilitas saja. Lebih hemat dan lebih murah.

Sepakati Prioritas Keuangan

Sebelumnya, cobalah masing-masing membuat prioritas keuangan. Kemudian pertemukan daftar Moms & Dads. Bicarakan mana keperluan-keperluan yang perlu didahulukan, mana yang bisa menunggu untuk diwujudkan beberapa waktu ke depan.

Tentukan 'Menteri Keuangan' Rumah Tangga

Tak perlu sungkan untuk mengakui bila Moms punya rapor buruk dalam mengatur keuangan. Daripada repot di kemudian hari, mintalah pasangan untuk menjadi 'Menteri Keuangan' dalam rumah tangga. Untuk urusan ini, biasanya wanita punya cara yang lebih efektif ketimbang pria.

Daripada Penasaran, Bicarakan Utang dengan Pasangan

Meski mungkin utang dianggap tabu untuk ditanyakan, sebaiknya cobalah untuk terbuka mengenai utang yang dimiliki saat ini. Daripada disembunyikan kemudian malah dapat menjadi bumerang di kemudian hari dan bikin ganjalan di hati. Segera bicarakan dengan pasangan mengenai beban ini. Sebagai pasangan hidup, pasti dia tidak akan segan untuk membantu melunasinya.

Kalau Ada Utang, Selesaikan Bersama

Bukan tidak mungkin Moms menikahi seseorang dengan reputasi utang yang kurang bagus, kan? Karena pernikahan itu masalah cinta, bukan masalah utang. So, bantu pasangan untuk menata keuangan dan melunasi hutang, agar ke depannya keuangan keluarga tidak akan bermasalah, terutama jika berurusan dengan pinjam meminjam di bank.

Setelah membicarakannya dengan pasangan, coba selesaikan utang dengan suku bunga tertinggi supaya tidak menjadi beban berkepanjangan. Bisa juga sebaliknya, melunasi utang dengan jumlah terkecil.

Pajak Setelah Menikah Lebih Besar Ketimbang Masih Single

Untuk diketahui bahwa besaran pajak untuk yang sudah berpasangan itu lebih besar daripada saat sendiri. Agar tahu dana untuk bayar pajak, mintalah slip gaji kepada atasan dan estimasikan lebih awal. Dengan begitu, Moms tidak akan kewalahan dalam membayar pajak.

Lengkapi Berkas-Berkas Keuangan

Tak ada yang tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Untuk itu, daripada repot mengurus di kemudian hari, sebaiknya mulai sekarang Moms sudah memiliki dan mengarsip setiap berkas-berkas yang berkaitan dengan keuangan keluarga, seperti asuransi dan surat waris.

Dengan memiliki pengetahuan tentang keuangan dasar ini, HappyFams akan memiliki tujuan dan arah dalam mencapai impian.

Jadi, mengapa tidak mencobanya mulai dari sekarang?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pasangan Baru Menikah, Yuk Pahami Tips Keuangan Keluarga Dari Dasar"
related post
5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Masa Depan Yang Aman

Bagi sebagian orang mungkin ada yang merasa bahwa mengatur keuangan rumah tangga tidaklah mudah. Hal ... Lanjut Baca

10 Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami Dengan Badan Ideal

Banyak orang yang mendambakan badan yang ideal dengan tinggi dan berat badan yang pas. Menurunkan ... Lanjut Baca

Cara Agar Cepat Hamil Yang Efektf Untuk Pasutri Cepat Punya Anak

Apakah Moms saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara agar cepat hamil? Tenang, tidak perlu ... Lanjut Baca