Pahami Dulu 5 Tips Penting Membeli Rumah Berikut Sebelum Menyesal!

Senin, 03 Juni 2019 00:00 WIB
Tips Membeli Rumah
Sumber: Unsplash.com/Samson Vowles

happinest.id Biasanya, dalam setiap kehidupan berkeluarga, kebutuhan untuk membeli rumah akan semakin meningkat setelah memiliki pasangan dan menikah. Hal ini juga menjadi semakin urgensi terutama bila sudah dikaruniai buah hati. Belum lagi jika selama ini Moms dan Dads hanya mengontrak rumah atau tinggal bersama orang tua. Segera memiliki rumah sendiri tentu menjadi kebutuhan yang wajib ditunaikan secepatnya.

Sebagai kepala keluarga tentu saja Dads merasa memiliki tanggung jawab besar terkait persoalan membeli rumah baru. Tetapi tunggu dulu Dads. Jangan terburu-buru memutuskan rumah mana yang akan dibeli. Bertindak terburu-buru hanya akan membawa dampak tidak terlalu memuaskan di akhir, lho. Sebelum memutuskan membeli rumah yang mana, lebih baik Dads menyimak lima tips penting membeli rumah berikut ini.

1. Renungkan Sejenak Kondisi Keluarga Serta Prospek Jangka Panjang Dan Jangka Pendek

kondisi keluarga
Sumber: Unsplash.com/David Calderon

Dads tentu sudah memiliki rencana jangka panjang dan jangka pendek. Bahkan, sebelum memutuskan untuk membina rumah tangga. Kalaupun belum, tidak ada kata terlambat untuk mulai memikirkan hal tersebut. Karena rencana Dads bersama keluarga ke depannya akan sangat mempengaruhi keputusan dalam memilih rumah baru. Misalnya, memikirkan rencana untuk memiliki anak berapa. Aspek ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam memutuskan jumlah kamar serta seberapa luas rumah yang diperlukan. Banyaknya anak tentu berjalan seiring dengan jumlah kamar dan luas rumah, bukan?

Pertimbangkan juga kondisi psikis dan fisik setiap anggota keluarga ya, Dads. Termasuk pekerjaan Dads sendiri. Jarak dari rumah menuju tempat kerja dan sekolah anak-anak juga tidak kalah penting. Selain itu, Dads perlu memahami dengan baik keinginan anggota keluarga. Misalnya, keluarga Dads bisa jadi lebih senang tinggal di pemukiman yang ramai atau justru sebaliknya. Tips penting membeli rumah ini bisa membantu Dads dalam memutuskan tipe dan lokasi rumah yang akan dibeli nantinya.

2. Putuskan Akan Menggunakan Bantuan Agen Properti Untuk Mencari Rumah Atau Melakukannya Sendiri

bantuan agen properti
Sumber: Unsplash.com/Helloquence

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Dads perlu menimbang akan turun tangan sendiri mencari rumah atau menggunakan bantuan agen properti. Tentunya jika Dads memilih untuk turun tangan sendiri akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Dads masih harus menyeleksi pilihan rumah yang ditawarkan serta mengunjunginya satu persatu. Sehingga pilihan ini tidak hanya membutuhkan waktu yang banyak, tetapi juga tenaga ekstra.

Sementara kesibukan seperti jadwal kerja yang padat mungkin membuat Dads tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk turun lapangan langsung. Belum lagi jika Dads tidak ingin pusing atau memang tidak memiliki pemahaman yang baik terkait pembelian rumah. Maka tips penting membeli rumah dengan menggunakan agen properti akan sangat cocok untuk kondisi Dads. Dads hanya perlu menyampaikan kebutuhan rumah dan budget yang dimiliki. Selebihnya, serahkan kepada agen properti untuk membantu mencari rumah impian Dads dan keluarga.

Tetapi sebelumnya, Dads perlu memperhatikan agen properti yang dipilih. Dengarkan saran dari teman atau keluarga yang pernah menggunakan agen properti. Kalau tidak, Dads bisa membaca review pelanggan di situs online mengenai pelayanan agen properti tersebut.

3. Jangan Ragu Melakukan Survei Langsung, Kenali Lokasi Dan Lingkungan Sekitar Rumah

survey lokasi rumah
Sumber: Unsplash.com/ Nolan Issac

Saat ini memang sudah banyak cara beli rumah. Baik melalui situs online atau langsung kepada agen penjualan. Tetapi ada baiknya Dads juga melakukan survei langsung. Meskipun metode ini mungkin butuh banyak waktu, tidak ada salahnya. Justru dengan begitu Dads bisa mengenali kondisi rumah yang akan dibeli. Terutama mengenai lokasi dan lingkungan di sekitar rumah.

Lokasi rumah biasanya memiliki kaitan erat dengan harga. Rumah yang berada di kawasan perkotaan tentu memiliki harga yang tinggi jika dibandingkan dengan rumah di kawasan pinggiran kota. Tetapi hal itu pada dasarnya sepadan dengan fasilitas di sekitar rumah. Seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan akses yang mudah terhadap angkutan umum.

Meskipun begitu bukan berarti rumah yang berada di pinggiran kota tidak layak untuk dibeli lho, Dads. Pertimbangkan saja akses jalan di sekitar rumah. Apakah jalannya dilalui angkutan umum? Apakah jalanan dari rumah tersebut menuju perkotaan bagus atau tidak? Jika bagus berarti pasti akan membeli nilai lebih. Sekalipun rumah tersebut berada di pinggir kota. Lagipula lambat laun daerah perkotaan akan merambah pinggiran kota juga lho, Dads.

4. Cari Tahu Informasi Lebih Banyak Mengenai Konstruksi Bangunan

info konstruksi bangunan
Sumber: Unsplash.com/ Jens Behrmann

Hal ini seringkali luput dari perhatian saat membeli rumah. Tetapi pada dasarnya ini adalah poin yang sangat penting. Kualitas suatu bangunan sangat bergantung pada konstruksinya. Dads bisa menggali informasi ini saat turun langsung memantau rumah.

Cobalah teliti setiap detail bangunannya. Bila perlu tanyakan pada agen penjualan mengenai hal tersebut. Jangan lupa memperhatikan bahan-bahan yang digunakan. Cari tahu apakah dinding terbuat dari batu bata merah, batako, bata ringan, atau GRC. Ini akan menentukan kualitas rumah idaman Dads.

Ingatlah selalu bahwa rumah yang dibeli akan dihuni dalam jangka waktu panjang. Sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa rumah tersebut nyaman untuk dihuni. Jadi, putuskanlah dengan baik Dads. Jangan sampai menyesal kemudian.

5. Pahami Dan Pertimbangkan Dengan Baik Metode Pembayaran Rumah Idaman

metode pembayaran rumah
Sumber: Unsplash.com/ Michael Longmire

Metode pembayaran rumah pada umumnya terbagi dua yaitu tunai dan cicil. Pembayaran yang dipilih sangat bergantung pada budget yang Dads miliki. Jika Dads memiliki budget yang mencukupi untuk membayar tunai, tentu akan lebih baik. Dads tidak perlu lagi memusingkan cicilan rumah setiap bulannya. Sebaliknya jika budget tidak memadai, keputusan mencicil pastinya menjadi alternatif yang baik.

Selain itu, Dads juga jangan lupa untuk menyisihkan dana darurat. Hal ini akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga. Terutama saat pindah rumah baru nantinya. Misalnya membeli perabotan, cat, dan sebagainya. Nah, itulah beberapa tips beli rumah yang bisa Dads terapkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Jangan lupa jika Dads memiliki pertanyaan atau ingin sharing seputar tips beli rumah silahkan tinggal komentar. Selamat mencoba Dads.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pahami Dulu 5 Tips Penting Membeli Rumah Berikut Sebelum Menyesal!"
related post
10 Desain Kamar Anak Perempuan Yang Bisa Dads Jadikan Inspirasi

Happinest.id - Membuat desain kamar untuk anak perempuan memiliki tantangan tersendiri untuk Dads. Mengapa? Alasan ... Lanjut Baca

7 Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga. Sudahkah Dads Penuhi?

Happinest.id - Siapapun pasti akan mendambakan rumah sehat layak huni yang bisa memberikan kenyamanan di ... Lanjut Baca

Dads, Ini 7 Tips Kompak Bersihkan Rumah Bersama Keluarga. Coba Yuk?

Happinest.id - Membersihkan rumah tidak selamanya terasa melelahkan dan membosankan lho, Dads. Kalau dikelola dengan ... Lanjut Baca