Pahami 5 Bahan MPASI Untuk Perkembangan Otak Bayi, Yuk Moms!

Waktu Baca: 5 menitSenin, 12 Agustus 2019 00:00 WIB
Pahami 5 Bahan Mpasi Untuk Perkembangan Otak Bayi, Yuk Moms
Sumber: Yandex.com

Sebagai calon ibu, hal lain yang biasanya dapat membuat Moms khawatir adalah pengaruh nutrisi makanan yang diberikan untuk si kecil sudah maksimal atau belum. Faktanya, walau sudah diberikan ASI, ia pun tetap harus diberikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Inilah salah satu faktor penting yang bisa semakin mendukung proses perkembangan otak anak agar berjalan dengan maksimal. Moms bisa berikan MPASI yang mengandung nutrisi khusus.

Nah, dalam artikel kali ini, Happinest.id akan membahas beragam makanan yang membantu perkembangan otak bayi agar lebih oprimal, termasuk informasi resep makanan bayi 6 bulan. Mari kita pelajari bersama apa saja bahan dan nutrisi yang sebaiknya terkandung dalam MPASI untuk perkembangan makanan bayi. Yuk simak ulasannya berikut!

1. Makanan Perkembangan Otak Bayi Harus Mengandung Zat Besi Ya, Moms!

Makanan Perkembangan Otak Bayi Harus Mengandung Zat Besi Ya Moms
Sumber: Pixabay.com/Avitalchn

Pastikan untuk menggunakan bahan yang mengandung zat besi pada MPASI sebagai makanan perkembangan otak bayi ya, Moms. Sejak masih mengandung, Moms pasti sudah sering mendengar rekomendasi untuk mengonsumsi makanan perkembangan janin yang mengandung zat besi, karena memang nutrisi inilah yang paling dibutuhkan oleh bayi dalam pertumbuhannya. Walaupun ASI sudah cukup, namun setelah 6 bulan ke atas, Moms bisa memberikan MPASI dengan menggunakan bahan yang kaya zat besi untuk si kecil. Contohnya, Moms bisa mengolah makanan dengan bahan seperti ayam, ikan, hati, dan telur. Cara mengolahnya bisa dengan dipanggang, direbus, ataupun dikukus.

2. Penting Moms, Makanan Perkembangan Otak Janin Harus Kaya Akan Asam Folat

Penting Moms, Makanan Perkembangan Otak Janin Harus Kaya Akan Asam Folat
Sumber: Pixabay.com/Ger Dukes

Selanjutnya, Moms juga bisa menyiapkan resep makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak yang mengandung asam folat tinggi. Kandungan asam folat tinggi diketahui bermanfaat untuk bayi mulai dari usia 6 bulan ke atas, karena kebutuhan akan asam folat ini untuk perkembangan otak semakin meningkat. Tanpa adanya asam folat yang cukup perkembangan otak bayi akan terhambat bahkan mengalami gangguan. Itulah juga mengapa nutrisi asam folat menjadi jenis nutrisi yang paling dibutuhkan juga dalam makanan perkembangan otak janin di masa kehamilan sebelumnya. Jadi bayi bisa lahir dengan perkembangan otak yang maksimal.

Moms bisa memberikan si kecil asupan asam folat dari alpukat, buah bit, sayuran hijau, asparagus, gandum, hati sapi, seafood, kacang kedelai, kacang hijau, pisang maupun pepaya. Bahan-bahan ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera si kecil. Bisa diolah menjadi finger food, dicampur dengan bahan-bahan MPASI lain ataupun sebagai makanan selingan. Bosan dibuat itu-itu saja? Alpukat, pepaya, ataupun pisang bisa Moms blender lalu didiamkan di freezer. Jadilah nice cream yang segar dan pasti disukai si kecil.

3. Pilih Makanan Bayi Dengan Kandungan Kolin Untuk Mendukung Perkembangan Otak Ya, Moms!

Pilih Makanan Bayi Dengan Kandungan Kolin Untuk Mendukung Perkembangan Otak Ya Moms
Sumber: Pixabay.com/Pance_Photography

Pernahkah Moms mendengar mengenai nutrisi Kolin sebelumnya? Pahamilah dahulu bahwa nutrisi kolin ini juga menjadi salah satu nutrisi yang wajib ada dalam makanan perkembangan otak janin di masa kehamilan. Pasalnya, Kolin adalah salah satu jenis vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh otak saat masa pembentukan, termasuk ketika bayi masih di dalam kandungan. ASI memang mengandung Kolin yang tinggi, tapi Moms juga membuat MPASI yang mengandung kolin dengan menggunakan bahan brokoli, kubis, daging merah, dan kuning telur.

Moms bisa memberikan makanan mengandung kolin ini dengan mengukusnya atau membuat bites. Misalnya, daging merah cincang dicampur dengan brokoli serta kuning telur. Ditambahkan tepung oats, lalu aduk rata. Moms bisa mencetaknya di cetakan muffin, lalu memanggangnya di dalam oven. Selain bergizi, si kecil akan mudah memakannya. Menu ini pun bisa dijadikan alternatif jika Moms akan pergi keluar rumah sebagai bekal untuk si kecil.

4. Moms, Gunakan Bahan Mengandung Protein Sebagai Resep Makanan Bayi Untuk Kecerdasan Otaknya Ya

Moms, Gunakan Bahan Mengandung Protein Sebagai Resep Makanan Bayi Untuk Kecerdasan Otaknya Ya
Sumber: Pixabay.com/Moreharmony

Berikutnya, Moms juga bisa menyiapkan makanan perkembangan otak bayi dengan menggunakan bahan makanan yang kaya akan protein. Protein adalah kandungan yang bermanfaat untuk membentuk sel-sel otak pada bayi. Jika bayi kekurangan protein, maka tugas pembentukan sel otak ini tidak akan berlangsung dengan maksimal. Cobalah Moms olah daging sapi, daging ikan, ayam, dan telur menjadi resep makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak.

Moms tak perlu takut atau ragu mengolah protein. Protein bisa dimasak dengan berbagai cara. Misalnya saja ikan salmon. Cukup dipanggang dengan unsalted butter di dalam pan, si kecil bisa memakannya dengan gembira. Jika Moms ingin memberikan daging sapi bisa dengan mencincangnya terlebih dahulu lalu buatkan bentuk bola-bola. Ini bisa merangsang rasa penasaran si kecil untuk mencobanya. Begitupula dengan daging ayam, ya, Moms.

5. Moms, Kandungan Yodium Dalam Makanan Bayi Sangat Penting Perannya Lho

Moms, Kandungan Yodium Dalam Makanan Bayi Sangat Penting Perannya Lho
Sumber: Pixabay.com/Moreharmony

Terakhir, kandungan Yodium dalam bahan makanan perkembangan otak bayi pun juga sangat penting lho Moms. Sebaiknya Moms selalu memperhatikan apakah bahan yang Moms gunakan sebagai perkembangan makanan bayi sudah mengandung Yodium yang cukup. Jika belum, cobalah gunakan bahan tambahan yang kaya Yodium, seperti ikan, telur, tuna, dan udang.

Saat menyiapkan MPASI sebagai makanan perkembangan otak bayi, pelajari apakah sudah terkandung beberapa bahan di atas di dalamnya? Ada cukup banyak resep makanan bayi 6 bulan kok untuk kecerdasan otak anak! Jadi, bagi para Moms lain boleh yuk share menu kreasinya di kolom komentar. Atau bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pahami 5 Bahan MPASI Untuk Perkembangan Otak Bayi, Yuk Moms!"
related post
Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami

Cara menurunkan demam pada anak tanpa obat menjadi perhatian Moms, ketika mendapati buah hati sakit ... Lanjut Baca

Perut Kembung Dan Begah Pada Anak Bayi Bisa Bahaya Bila Tidak Diatasi

Walau kadang tidak dipahami ternyata keluhan perut kembung pada bayi sering terjadi. Si buah hati ... Lanjut Baca