Nutrisi Ibu Hamil Dan Pertumbuhan Janin Di Trimester 1, 2 Dan 3

Waktu Baca: 7 menitSelasa, 27 Juli 2021 08:30 WIB
Nutrisi Ibu Hamil
Sumber: pexels

Saat seorang wanita sedang hamil, kebutuhan nutrisi menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Bagaimana tidak, asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh Moms tidak hanya untuk sang ibu saja namun juga buah hati di dalam kandungan. Moms wajib tahu apabila terjadi kekurangan nutrisi selama masa kehamilan, dapat berdampak terhadap kesehatan janin seperti berat badan kurang saat dilahirkan, tumbuh kembang terhambat, hingga cacat bawaan.

Moms juga perlu tahu jika asupan nutrisi ibu hamil dan pertumbuhan janin saling berhubungan. Oleh karena itu, penting bagi Moms mengetahui besarnya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di setiap trimester kehamilan. Tidak ketinggalan juga untuk mengetahui daftar makanan yang dilarang bagi ibu hamil.

Bahkan para ahli memberikan rekomendasi kalori dengan berat badan normal yakni 1800 kalori untuk kehamilan trimester pertama, sedangkan untuk trimester kedua besarnya kalori yang dibutuhkan yakni 2200 kalori, dan 2400 kalori untuk kehamilan trimester ketiga.

Lantas apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan di setiap trimester? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Nutrisi Ibu Hamil Dan Pertumbuhan Janin Di Trimester 1, 2 Dan 3

BACA JUGA:

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1

Perlu Moms ketahui jika kehamilan di trimester 1 merupakan tahapan terpenting bagi janin untuk tumbuh dan berkembang. Di tahap ini juga, organ-organ tubuh bayi mulai terbentuk. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi agar mencegah keguguran hingga bayi lahir dengan cacat bawaan.

Nutrisi ibu hamil muda harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral. Semua makanan tersebut banyak dijumpai di beberapa jenis bahan makanan berikut:

Nasi, Roti Gandum, Sereal

nutrisi ibu hamil muda
Sumber: pexels

Karbohidrat menjadi zat wajib bagi ibu hamil. Karbohidrat tidak hanya berfungsi sebagai sumber tenaga saja, namun juga pembentukan organ-organ tubuh janin di trimester pertama. Sumber karbohidrat sendiri dapat dengan mudah diperoleh dari nasi, roti, sereal, dan kentang.

Ikan, Daging, Telur

Sumber protein dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ayam, ikan, daging, dan telur. Daging ayam, daging sapi, dan telur berkualitas tinggi mengandung vitamin B dan zat besi yang berguna untuk mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia pada ibu hamil, menurunkan resiko bayi terlahir prematur, hingga bayi lahir dengan barat badan rendah.

Ikan juga menjadi sumber protein untuk nutrisi otak anak cerdas yang tidak boleh terlewatkan sebab banyak mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Hal yang perlu diperhatikan yakni pastikan bahwa ikan yang dikonsumsi tidak mengandung merkuri, segar, dan dimasak dalam kondisi benar-benar matang.

Susu

Susu serta produk olahan susu lainnya seperti keju dan yoghurt juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam susu tidak hanya mengandung protein dan lemak saja, namun juga terdapat fosfor, kalsium, vitamin B, magnesium, dan juga zinc. Susu yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan. Pastikan susu mengandung sedikit lemak dan gula, serta telah terpasturisasi dengan baik agar bakteri yang berbahaya mati.

Sayuran Hijau

nutrisi ibu hamil trimester 3
Sumber: pexels

Sayuran hijau menjadi makanan yang tidak boleh terlewatkan di masa kehamilan trimester pertama. Sebab di beberapa jenis sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, kale, dan sawi mengandung banyak serat dan juga vitamin mulai dari vitamin C, vitamin K, folat, kalsium, zat besi, kalium, hingga antioksidan.

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat bermanfaat untuk mencegah ibu hamil mengalami sembelit karena kandungan serat alami yang tinggi. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi sayuran hijau diyakni dapat menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Beragam Jenis Kacang

Kacang polong, kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang almond menjadi beberapa contoh kacang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam kacang-kacangan sangatlah tinggi dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama. Asam folat sendiri berfungsi mencegah bayi mengalami berat badan rendah saat dilahirkan dan juga kecacatan pada tabung saraf.

Beragam Jenis Buah

Tidak jauh berbeda dengan sayuran, beragam jenis buah-buahan juga harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil mulai dari stroberi, jeruk, mangga, pepaya, alpukat, pisang, kiwi, dan apel. Menurut para ahli, ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah sebanyak 5 porsi dengan warna berbeda setiap harinya.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2

Ketika kehamilan telah memasuki trimester 2, asupan nutrisi yang harus dikonsumsi tidak berbeda dengan kehamilan usia trimester pertama. Namun ada beberapa zat yang harus terpenuhi dan disarankan untuk meningkatkan jumlahnya, seperti zat besi, protein, asam folat, kalsium, magnesium, dan vitamin D.

Zat besi sangat dibutuhkan untuk mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia pada ibu hamil. Sedangkan asam folat sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan saraf dan otak janin hingga mencegah cacat pada tabung saraf.

Untuk vitamin D dan kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Tidak hanya itu saja, ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan kekuatan tulang ketika persalinan nanti. Dan terakhir magnesium berguna dalam mengatur kadar gula darah, tekanan darah, fungsi otot dan saraf ibu hamil.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 3

Di usia kehamilan trimester 3, janin sudah terlihat sempurna dan organ-organ dalam tubuh mulai berfungsi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil juga tidak berbeda jauh saat kehamilan di trimester pertama dan kedua. Namun ada beberapa nutrisi utama yang harus terpenuhi oleh ibu hamil, yakni:

Zinc

Jumlah zinc yang dianjurkan pada usia kehamilan trimester 3 sebesar 20 mg. Hal ini untuk mencegah janin lahir prematur. Zinc dapat dengan mudah diperoleh dari seafood, daging merah, brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

Vitamin A

Ibu hamil juga membutuhkan vitamin A sebanyak 850 mg pada kehamilan trimester ketiga untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh ibu hamil dan janin. Vitamin A alami dapat diperoleh dari wortel, ubi jalar, tomat, pepaya, bayam, susu, dan juga telur. Sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen vitamin A dalam jumlah banyak apabila Moms juga mengkonsumsi suplemen vitamin A. Hal ini untuk mencegah keracunan vitamin A pada janin.

Kalsium

Kalsium memang menjadi zat yang tidak boleh terlewatkan sejak kehamilan trimester pertama hingga ketiga. Bahkan kebutuhan kalsium di trimester ketiga sebesar 1200 mg per hari. Kalsium dapat diperoleh dari bahan makanan berupa ikan sarden, ikan teri, susu dan produk olahannya, dan kacang kedelai. Bagi Moms yang khawatir mengalami kenaikkan berat badan, tidak ada salahnya memilih susu rendah lemak untuk dikonsumsi.

Omega 3 dan Kolin

nutrisi ibu hamil dan pasca melahirkan
Sumber: pexels

Meskipun tubuh bayi telah terbentuk sempurna, janin tetap membutuhkan asupan asupan berupa lemak omega 3 dan kolin untuk perkembangan otak dan sistem saraf yang dimilikinya. Bahan makanan yang banyak mengandung omega 3 dan kolin dapat ditemukan pada berbagai jenis ikan laut seperti tuna, sarden, salmon dan telur omega 3.

Seberapa Penting Nutrisi Ibu Pasca Melahirkan?

Setelah melahirkan, ternyata banyak wanita yang berusaha mengembalikan berat badan dengan cara membatasi jumlah asupan nutrisi. Padahal nutrisi ibu hamil dan pasca melahirkan tetap dibutuhkan untuk mengembalikan energi dan zat besi yang hilang setelah mengandung dan melahirkan, serta menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita setelah melahirkan juga berguna untuk mengendalikan perubahan hormon dan mengurangi resiko depresi postpartum. Jenis makanan dan minuman yang harus dikonsumsi tidak jauh berbeda ketika saat hamil. Untuk itu Moms tidak perlu bingung untuk menentukan jenis makanan apa yang harus dikonsumsi setelah melahirkan.

Nah, Moms itulah tadi nutrisi ibu hamil yang harus dikonsumsi agar pertumbuhan janin tetap sehat dan berkembang dengan baik. Pastikan juga untuk konsultasi ke dokter kandungan secara berkala untuk mengetahui perkembangan janin selama masa kehamilan.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Nutrisi Ibu Hamil Dan Pertumbuhan Janin Di Trimester 1, 2 Dan 3"