Nggak Ribet, Yuk Pahami 7 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah Ini!

Sabtu, 17 Agustus 2019 11:00 WIB
cara merawat bayi baru lahir di rumah
Sumber: Pixabay.com/Angel4leon

Happinest.id - Setelah melahirkan ternyata tanggung jawab yang harus dilakukan seorang ibu kian menantang, khususnya dalam hal cara merawat bayi baru lahir di rumah. Seperti diketahui, ada sangat banyak perbedaan jenis perawatan bayi baru lahir normal dan caesar yang perlu diperhatikan. Berbagai hal mengenai cara merawat newborn baby ini sangat menarik tapi bisa juga membingungkan. Jadi, pastikan untuk menyimak pembahasan berikutnya ya. Pembahasan setelah ini bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk para Moms yang baru saja melahirkan. Moms tidak perlu repot dan bingung lagi mencari tahu cara merawat bayi 0-6 bulan khususnya. Yuk simak bersama apa saja yang harus diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir!

1. Perhatikan Konsumsi Makanan Utama Bayi Ya Moms, Baik ASI Atau Sufor

Perhatikan Konsumsi Utama Makanan Bayi Ya Moms. Baik ASI Atau Sufor
Sumber: Pixabay.com/Tung256

Saat bayi baru lahir, konsumsi makanan utamanya adalah ASI atau susu formula (sufor). Jika anda ingin melakukan perawatan bayi baru lahir normal dengan tepat, pastikanlah konsumsi makanan utamanya ini diberikan dengan teratur dan baik. Perhatikan kualitas dan kuantitas ASI. Bayi harus diberikan makanan per 4 atau 5 jam, jadi kuantitas ASI Moms harus cukup untuk memenuhinya. Selain itu, kualitas ASI juga sangat mendukung bagaimana bayi bisa bertumbuh dengan baik. Moms harus makan makanan bergizi agar kualitas ASInya pun bagus.

2. Selalu Jaga Lingkungan Sekitar Bayi Bersih Dan Aman

Selalu Jaga Lingkungan Sekitar Bayi Bersih Dan Aman
Sumber: Pixabay.com/Victoria Borodinova

Cara merawat bayi baru lahir di rumah berikutnya adalah perhatikan lingkungan rumah ya, Moms. Mulai dari kamar, baju, selimut, kasur, dan botol si kecil wajib dijamin bersih dan aman. Jangan biarkan bayi terkena berbagai benda kotor atau berada di lingkungan yang kotor. Pasalnya, bayi sangat rentan terkena penyakit saat masih berusia 0-6 bulan. Itulah mengapa salah satu cara merawat bayi 0-6 bulan adalah memastikan bayi tidak terpapar bakteri dan virus.

3. Pelajari Berbagai Produk Bayi Yang Moms Gunakan, Ya

Pelajari Berbagai Produk Bayi Yang Moms Gunakan, Ya
Sumber: Pixabay.com/Christianabella

Tips berikutnya berkaitan dengan produk perawatan bayi baru lahir yang akan Moms gunakan nih. Biasanya bayi akan dimandikan dengan sabun dan shampoo khusus. Tidak hanya itu, saat ini juga sudah ada lotion dan parfum bayi. Berbagai produk perawatan bayi ini boleh digunakan Moms. Namun pastikan bahwa produk perawatan bayi baru lahir ini memang cocok untuk si kecil dan memang yang terbaik yang bisa digunakannya. Jangan sampai malah menimbulkan alergi ya! Kalau Moms ragu, bisa konsultasikan dahulu ke dokter anak terkait. 

4. Wajib Memperhatikan Kondisi Pusar Bayi Baru Lahir Ya, Moms

Wajib Memperhatikan Kondisi Puar Bayi Baru Lahir Ya, Moms
Sumber: Pixabay.com/Cheryl Holt

Moms tahu kan bahwa bayi baru lahir akan memiliki tali pusat yang tersambung di pusarnya? Biasanya tali pusat ini akan terlepas sendirinya. Namun, bisa jadi tali pusat cukup lama lepas dan membuat perawatan bayi baru lahir normal ini perlu diperhatikan khusus. Perlu diperhatikan juga agar jangan sampai tali pusat kotor karena akan menimbulkan infeksi. Biasanya karena memang jenis perawatannya cukup sulit, Moms bisa mendapatkan informasinya melalui kursus merawat bayi baru lahir dengan tali pusat yang lama putus.

5. Langsung Periksakan Apabila Bayi Menunjukan Gejala Penyakit Tertentu

Langsung Periksakan Apabila Bayi Menunjukan Gejala Penyakit Tertentu
Sumber: Pixabay.com/Pexels

Perhatikan juga bahwa untuk cara merawat newborn baby Moms harus selalu waspada dengan berbagai gejala yang ditunjukkan. Adaptasi si kecil dengan dunia di mana dia baru dilahirkan tidaklah mudah. Moms harus melihat apakah si bayi menunjukkan gejala penyakit, seperti bersin atau batuk. Jika ada, Moms harus segera memeriksakan si bayi. Pasalnya pemeriksaan yang tanggap akan membantu proses pemulihan pun lebih cepat. Jadi, cara merawat bayi baru lahir di rumah memang terwujud dengan si kecil yang jarang sakit.

6. Moms, Atur Jadwal Tidur Bayi Dengan Proporsional Ya

Moms, Atur Jadwal Tidur Bayi Dengan Proporsional Ya
Sumber: Pixabay.com/Public Domain Pictures

Penting juga untuk diketahui bahwa dalam cara merawat bayi 0-6 bulan, waktu tidur adalah waktu yang paling banyak dihabiskan. Usia awal lahir memang masih menjadi usia di mana si bayi lebih banyak tidur daripada terjaga. Namun, jam tidur bayi berkebalikan dengan jam tidur Moms, ya. Moms harus memperhatikan bagaimana cara agar waktu tidur ini bisa proporsional. Semaksimal mungkin, Moms harus istirahat saat si kecil istirahat. Jadi, Moms pun tidak mengalami kelelahan berlebih dan waktu tidur si bayi bisa disesuaikan dengan maksimal.

7. Kenalkan Bayi Dengan Dunia Luar Rumah Sesekali, Moms

Kenalkan Bayi Dengan Dunia Luar Sesekali, Moms
Sumber: Pixabay.com/Fancycrave1

Ada banyak produk perawatan bayi baru lahir yang bisa dikunjungi juga Moms. Oleh sebab itu, Moms bisa mengenalkan bayi dengan dunia luar rumah sesekali. Bawa si kecil mendatangi perawatan bayi baru lahir normal di dokter, spa bayi, dan banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan ini, si kecil bisa terawat dengan baik dan tentunya tumbuh dengan lebih sehat.

Nah itu tadi 7 cara merawat bayi baru lahir di rumah untuk para Moms. Bagaimana sudah siap dan merasa siap untuk melakukan semuanya? Pastikan Moms mendapat bantuan dari yang sudah berpengalaman mengurus bayi. Bagi para Moms yang sudah berpengalaman merawat newborn baby, boleh share pengalaman dan tips-nya di kolom komentar yuk?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Nggak Ribet, Yuk Pahami 7 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah Ini!"