Nggak Bikin Ribet, Ini 5 Tips Pindah Rumah Yang Bisa Dads Lakukan!

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 04 Juni 2019 00:00 WIB
Tips Pindah Rumah
Sumber: Unsplash.com/Christian Erfurt

happinet.id Pindah rumah merupakan salah satu situasi penting bagi sebuah keluarga. Tentunya juga banyak menguras pikiran dan tenaga. Terutama bagi Dads yang pastinya memiliki peran besar dalam urusan memindahkan barang-barang. Mulai dari proses packing hingga pengangkutan barang ke rumah baru.

Bagi Dads yang sudah pernah mengalami hal tersebut, tentu saja telah memiliki banyak pengalaman. Sehingga dapat mengatur proses pindah rumah baru dengan baik. Sementara Dads yang tidak memiliki pengalaman terkait pindah rumah dan tiba-tiba harus pindah? Jika tidak diorganisir dengan baik bisa membuat diri keteteran dan ribet sendiri, lho, Dads. Daripada bingung dan berlarut-larut, berikut beberapa tips yang bisa Dads coba menjelang pindah rumah. Yuk kita simak!

1. Organisir Barang-Barang Jauh Hari, Pisahkan Yang Masih Layak Pakai Dan Sudah Tidak Layak Pakai

pisahkan barang layak pakai
Sumber: Unsplash.com/Markus Clemens

Dads tentu saja sudah bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk pindah rumah. Bahkan beberapa bulan sebelum rumah baru siap untuk dihuni, Dads pasti sudah bisa memiliki gambaran ke depan.

Nah, selama rentang waktu tersebut, tidak ada salahnya Dads mulai memperhitungkan proses pindahan ke rumah baru. Tips ini akan membantu Dads agar tidak kecolongan menjelang pindahan. Mulailah dengan memeriksa barang-barang di rumah lama Dads. Beberapa perabot mungkin tidak layak lagi untuk dipakai atau sudah tidak diperlukan di rumah baru. Sehingga tidak perlu dipindahkan.

Setelah proses memeriksa tersebut, Dads sudah bisa memetakan barang-barang apa saja yang akan diangkut ke rumah baru. Tidak ada salahnya juga membuat list barang yang akan dipindahkan. Selanjutnya Dads perlu membagi barang-barang yang akan dipindahkan menjadi beberapa kelompok. Sebagai contoh kelompok pertama adalah daftar jenis barang yang dapat dipindahkan lebih dulu. Artinya tidak dibutuhkan di rumah lama. Misalnya buku-buku dan perabot hias. Buatlah daftar seperti itu Dads sampai kelompok barang yang harus dipindahkan paling akhir. Seperti peralatan makan dan pakaian sehari-hari.

Sampai di situ Dads sudah bisa memperhitungkan proses pindah rumah baru. Manfaatkan list kelompok tadi. Dads bisa mulai mencicil sedikit demi sedikit barang-barang untuk dipindahkan.

2. Manfaatkan Media Sosial, Jual Barang-Barang Yang Sudah Tidak Diperlukan

jual barang di social media
Sumber: Unsplash.com/William Iven

Selain membuat daftar barang layak pakai dan tidak layak pakai, Dads juga bisa membagi barang menjadi yang diperlukan dan tidak diperlukan. Beberapa barang layak pakai bisa jadi sudah tidak Dads butuhkan di rumah baru. Jadi, daripada menambah beban packing, barang-barang tersebut bisa mendatangkan manfaat untuk Dads, lho. Manfaatkan situs jual beli online dan media sosial. Tidak membutuhkan tenaga yang banyak kok, Dads. Dads hanya perlu gadget dan koneksi internet, lalu mulailah mem-posting. Mudah sekali bukan?

3. Pindahan Juga Bisa Dijadikan Momen Untuk Berbagi, Ajak Keluarga Menyumbangkan Barang-Barang Layak Pakai Kepada Yang Membutuhkan

menyumbangkan barang layak pakai
Sumber: Unsplash.com/Elaine Casap

Jika menjual barang layak pakai yang tidak diperlukan lagi bisa menambah budget, menyumbangkan justru menambah pahala dan amalan baik. Sisihkan barang-barang layak pakai yang masih bagus. Misalnya pakaian, buku-buku, dan mainan anak. Barang seperti itu bisa Dads sumbangkan ke panti asuhan, anak jalanan, atau orang lain yang membutuhkan lho.

Jangan lupa mengajak keluarga ya, Dads. Melalui kegiatan ini Dads bisa sekaligus mengajarkan nilai-nilai sosial, terutama anak-anak. Mereka bisa belajar tentang berbagi, peduli terhadap sesama, serta mempererat tali persaudaraan. Lebih dari itu hal ini tentunya akan mengurangi barang-barang yang akan Dads bawa untuk pindah rumah. Sehingga bisa mengurangi beban packing-an Dads yang banyak.

4. Buang Pikiran Bahwa Anak-Anak Tidak Bisa Melakukan Apa-Apa, Libatkan Mereka Dalam Proses Packing

libatkan anak-anak proses packing
Sumber: Unsplash.com/Lonely Planet

Bukan hanya Dads yang semangat pindah rumah lho, anak-anak tentu saja merasakan hal yang sama. Tahukan Dads bahwa mereka akan senang sekali dan sangat menghargai jika diajak ikut andil dalam proses pindah rumah baru? Meskipun mereka seringkali dianggap justru semakin menambah ribet pekerjaan. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu Dads. Termasuk pikiran bahwa mereka hanya anak kecil yang tidak bisa apa-apa. Ingatlah bahwa anak-anak memiliki motivasi kuat terutama untuk hal yang baru bagi mereka.

Ajak mereka minimal mengatur barang-barang mereka sendiri. Misalnya pakaian, mainan, dan perlengkapan sekolah. Tentu saja dengan dampingan orang dewasa. Kegiatan ini tanpa disadari juga akan membentuk karakter anak menjadi pribadi mandiri. Juga melatih kemampuan mengorganisir keperluan mereka sendiri.

Bahkan, ketika sedang mengatur buku-buku atau perabot lain, Dads bisa mengajak buah hati juga. Berikan mereka pekerjaan ringan. Seperti mengangkut buku dari lemari, sementara Dads menyusunnya ke dalam boks. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan untuk mereka, karena merasa bahwa bantuan mereka juga dibutuhkan. Tentu saja hal ini akan meringankan pekerjaan Dads walaupun kelihatannya kecil.

5. Lebih Simpel Menggunakan Jasa Angkutan Dan Packing

jasa angkutan dan packing pindahan
Sumber: Unsplash.com

Dads mungkin sulit menemukan waktu luang untuk mengatur proses pindah rumah. Sekalipun sudah merencanakan pindah rumah baru jauh hari, tetap saja Dads tidak memiliki waktu senggang. Jika Dads berada dalam situasi seperti itu, ada baiknya Dads memesan jasa packing barang-barang dan jasa angkutan.

Tetapi, Dads juga perlu memastikan jasa yang digunakan aman dan terpercaya. Sebagai langkah awal, Dads bisa mulai mengecek situs online yang menyediakan jasa seperti itu. Perhatikan detail layanan yang ditawarkan setiap jasa packing. Jangan lupa juga untuk mengecek review dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa tersebut. Hal ini akan membantu Dads memutuskan jasa packing mana yang baik dan cocok.

Nah itulah beberapa tips anti ribet yang dapat Dads lakukan saat pindah rumah baru. Semoga bermanfaat ya, Dads. Jangan lupa jika Dads memiliki tips lain atau saran mengenai tips pindah rumah, silahkan tinggalkan di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Nggak Bikin Ribet, Ini 5 Tips Pindah Rumah Yang Bisa Dads Lakukan!"