Mudah Dilakukan, Ini 7 Tips Agar Bayi Mau Makan MPASI

Waktu Baca: 4 menitSenin, 19 Agustus 2019 11:00 WIB
Tips Agar Bayi Mau Makan Mpasi
Sumber: Unsplash.com/Phong Duong

Bayi mendapatkan hampir seluruh kebutuhan nutrisinya ketika baru lahir melalui konsumsi ASI yang masih cukup hingga usia 6 bulan. Setelah lebih dari 6 bulan, bayi membutuhkan MPASI atau makanan pendamping ASI untuk membantu menutupi kebutuhan nutrisi si kecil. Namun, tidak mudah membuat bayi mau makan MPASI ini. Secara tekstur tentu sangat berbeda dengan ASI, sehingga tidak jarang Moms menemukan kesulitan membuat bayi agar mau memakannya. Ada banyak cara atau tips agar bayi doyan makan MPASI yang pertama kali dicobakan ada banyak lho Moms. Berikut tips mudah agar bayi mau makan MPASI.

1. Kreatif Dalam Berkreasi Membuat Menu MPASI Akan Membuat Bayi Lebih Tertarik Mencoba Lho, Moms!

Berkreasi dalam Menu MPASI Itu Akan Membuat Bayi Tertarik Mencoba Lho Moms
Sumber: Unsplash.com/Tanapong Tochinda

Masa-masa pertama kali memberikan MPASI untuk bayi susah makan memang sangat menyulitkan. Selain si kecil akan enggan mencoba, biasanya mereka pun lebih cepat bosan. Itulah mengapa Moms harus lebih berkreasi dalam membuat menu MPASI pertama untuk bayi susah makan ini. Cobalah gunakan bahan dengan banyak warna atau bentuk lucu, sehingga bayi penasaran dan tertarik untuk mencoba MPASI yang Moms siapkan.

2. Moms, Cobalah Tidak Memberikan Susu Saat Mendekati Waktu Makan Ya!

Moms, Cobalah Tidak Memberikan Susu Saat Mendekati Waktu Makan Ya
Sumber: Pixabay.com/Avitalchn

Bayi mulai MPASI susah makan adalah kondisi yang sudah umum terjadi. Alasannya tentu berkaitan dengan bayi yang sudah terbiasa mengonsumsi ASI untuk membuat perutnya kenyang. Jadi, ketika diberikan MPASI pertama kalinya, tantangan susah makan menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Namun, Moms bisa menyiasatinya dengan cara meningkatkan nafsu makan bayi kembali dengan tidak memberikan susu saat mendekat waktu makan Moms. Jadi, kondisi perut bayi akan kelaparan tepat saat Moms akan memberikannya MPASI. Mau tidak mau bayi akan mencobanya dan bisa jadi menghabiskannya karena kelaparan. Cobain yuk, Moms!

3. Berikan Juga Jarak Waktu Makan Yang Cukup Untuk Si Kecil Merasa Lapar Ya, Moms!

Berikan Juga Jarak Waktu Makan Yang Cukup untuk Si Kecil Merasa Lapar Ya Moms
Sumber: Pixabay.com/Ponce_Photography

Moms juga bisa memberikan jarak waktu makan yang cukup untuk si kecil, agar ketika Moms memberikan makanan perut bayi sudah kosong. Jarak pemberian waktu makan untuk si bayi ini bisa diberikan setiap 30 menit misalnya. MPASI untuk bayi susah makan memang menjadi jenis makanan yang semakin sulit juga untuk dikonsumsi. Jadi pastikan untuk memberikan jarak waktu yang disebutkan tadi agar bayi doyan makan saat waktunya sudah tiba.

4. Sesekali Biarkan Si Kecil Mencoba Memasukkan Sendiri Makanan Ke Mulutnya Moms

Sesekali Biarkan Si Kecil Mencoba Memasukan Sendiri Makanan Ke Mulutnya Moms
Sumber: Yandex.com

Usia 6 bulan ke atas, si kecil akan sangat mencoba menyentuh berbagai tekstur. Jadi untuk meningkatkan nafsu makan bayi, sesekali biarkanlah si kecil mencoba memasukkan sendiri makanan ke mulutnya Moms. Saat dibebaskan merasakan berbagai tekstur yang berbeda pada MPASI-nya, kebebasan ini menjadi stimulasi agar bayi doyan makan MPASI itu juga. Jadi bagi bayi mulai MPASI susah makan bisa diatasi dengan cara itu ya Moms.

5. Ajak Bayi Makan MPASI-nya Bersamaan Dengan Waktu Keluarga Makan Bersama

Ajak Bayi Makan MPASI-nya Bersamaan dengan Waktu Keluarga Makan Bersama Yuk Moms
Sumber: Unsplash.com/Kylie Nieber

Satu lagi tips agar bayi mau makan MPASI bisa dilakukan dengan membiarkannya makan bersama saat waktu keluarga makan. Jadi si kecil bisa melihat bagaimana keluarga makan bersama dan menikmati makanannya. Hal ini pasti akan meningkatkan nafsu makan bayi karena bayi pun melihat bahwa anggota keluarga yang lain juga makan dengan lahap. Tips yang satu ini bahkan lebih ampuh daripada vitamin untuk bayi susah makan lho.

6. Moms Bisa Buat Catatan Makanan Apa Yang Lebih Lahap Dikonsumsi Si Kecil

Moms Bisa Buat Catatan Makanan Apa yang Lebih Lahap Dikonsumsi Si Kecil
Sumber: Pixabay.com/iha31

Sambil mendukung bayi mulai MPASI susah makan yang terjadi, Moms bisa mulai memperhatikan apa makanan yang lebih lahap untuk dikonsumsi oleh si kecil. Jika Moms sudah mencatat mana yang dilahap dengan baik, maka Moms bisa menggunakan bahan itu sebagai vitamin untuk bayi susah makan. Jadi agar bayi doyan makan, campurkanlah bahan yang disukai si kecil pada bahan lain yang belum disukainya.

7. Berikan Vitamin Untuk Bayi Susah Makan Yuk, Moms!

Berikan Vitamin Untuk Bayi Susah Makan Yuk Moms
Sumber: Pexel.com/Sklel

Upaya terakhir namun sebaiknya hanya dilakukan jika benar-benar MPASI pertama susah makan pada bayi sudah parah kondisinya adalah memberikan vitamin. Vitamin untuk bayi susah makan ini bisa meningkatkan nafsu makan bayi dan membuat MPASI menjadi lebih mudah untuk dimakan. MPASI untuk bayi susah makan juga sebaiknya mengandung berbagai vitamin jadi si kecil terus lahap untuk menyantapnya.

Nah, sekarang Moms sudah tahu kan apa saja tips agar bayi mau makan MPASI yang sudah disiapkan? Selain kreasi, Moms juga bisa mulai memerhatikan apa yang bisa dilakukan saat makan agar bayi doyan makan. Jadi, apakah Moms lain ada yang punya tips yang tidak kalah bermanfaat untuk dibagikan? Yuk share di bagian komentar ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Mudah Dilakukan, Ini 7 Tips Agar Bayi Mau Makan MPASI"
related post
7 Sikap Suami Tidak Peduli Perasaan Istri Tapi Diam-diam Sayang

Moms mungkin pernah merasa bahwa terkadang suami tak peduli lagi dengan keluarga dari sikap-sikapnya yang ... Lanjut Baca

9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. ... Lanjut Baca

Jenis Sekolah Di Indonesia Dari Negeri, Swasta, Sampai Internasional

Menyangkut pendidikan, jenis sekolah menjadi hal yang penting untuk Moms and Dads perhatikan. Sebagai bentuk ... Lanjut Baca