Merasa Jenuh? Praktekkan 5 Tips Meningkatkan Semangat Kerja Berikut!

Waktu Baca: 5 menitRabu, 29 Mei 2019 07:15 WIB
Tips Meningkatkan Semangat Kerja Cover
Sumber: Pixabay.com

Tanpa adanya semangat kerja, sudah bisa dipastikan kalau pekerjaan apapun yang HappyFams lakukan akan jauh dari kata berhasil. Rutinitas kerja yang monoton juga bisa menyebabkan semangat kerja menurun secara drastis. Bahkan, pekerjaan yang awalnya kita sukai pun akan terasa membosankan jika dilakukan terus menerus dalam waktu lama.

Selain itu, masih banyak faktor lain yang bisa membuat motivasi semangat kerja hilang. Bisa jadi karena ketidakpuasan terhadap atasan, lingkungan kerja yang kurang menyenangkan, rekan kerja yang tidak disukai, atau bayaran yang tidak kunjung meningkat. Hubungan kurang baik dengan atasan atau rekan sekantor, dapat memantik terjadinya stres yang berdampak buruk bagi kesehatan HappyFams. Aura negatif karena turunnya semangat kerja tentu akan mengganggu kesehatan HappyFams secara perlahan. Produktivitas kerja juga bakal berkurang.

Daripada larut dalam situasi seperti itu, akan lebih bijak jika HappyFams segera membangkitkan semangat kerja secepat mungkin. Jika HappyFams bingung bagaimana cara untuk mengisi baterai semangat kerja hingga penuh kembali, berikut kami berikan 5 tipsnya!

1. Mulailah dengan Merapikan Meja Kerja

Merapikan Meja Kerja
Sumber: Pixabay.com

Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, percayalah bahwa meja yang rapi dan bersih akan menimbulkan pemikiran yang rapi pula. Dengan meja kerja yang rapi, HappyFamstentu tak perlu lagi menghabiskan waktu hanya untuk sekedar mencari kertas-kertas penting yang terselip bukan!? Waktu yang terbuang untuk mencari kertas-kertas penting, kini bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Meja yang bersih sangat berpengaruh terhadap semangat kerja, HappyFams. Oleh karena itu, mulailah menyisihkan waktu untuk merapikan meja kerja. HappyFamsjuga bisa mendekor ulang meja kerja dengan memajang mainan, tas make-up cadangan, foto kekasih dan keluarga, atau hiasan lain yang dapat mendongkrak motivasi kerja. Tips meningkatkan semangat kerja ini sederhana, tetapi tentu bisa membuat HappyFamsmerasa nyaman.

2. Mempererat Komunikasi dengan Atasan dan Rekan Kerja

Komunikasi dengan Atasan dan Rekan Kerja
Sumber: Yandex.com

Memiliki hubungan yang buruk dengan atasan dan kolega hanya akan membatasi ruang gerak HappyFams ketika bekerja. Mulai sekarang, sebaiknya mempererat hubungan komunikasi HappyFams dengan atasan dan rekan kerja HappyFams. Selain bisa menghidupkan suasana di tempat kerja, mempererat hubungan komunikasi juga akan membuat HappyFamsdikenal baik oleh atasan dan rekan-rekan.

Mulailah membuka pembicaraan dengan topik-topik ringan yang disukai banyak orang, misalnya tentang olahraga, hiburan, atau fashion. Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu istirahat dan makan siang HappyFams untuk sekedar berbincang dengan mereka. Dengan demikian, akan tercipta suasana kerja yang hangat, menyenangkan, dan tentu saja berdampak besar untuk meningkatkan semangat kerja HappyFams.

3. Cari Tahu Penyebab Turunnya Semangat Kerja

Cari Tahu Penyebab Turunnya Semangat Kerja
Sumber: Pixabay.com

Mencari akar permasalahan yang menyebabkan semangat kerja merosot merupakan salah satu langkah awal untuk bisa mengembalikan semangat kerja. Tanpa mengetahui penyebabnya, tentu mustahil HappyFamsbisa mengatasinya.

Ada banyak faktor yang bisa menurunkan semangat kerja, antara lain:

  • Gaji yang tidak sesuai.
  • Masalah asmara atau keluarga.
  • Terllilit hutang.
  • Lingkungan kerja yang tidak kondusif.
  • Tidak nyaman dengan rekan kerja.
  • Rekan kerja yang bermuka dua dan selalu cari perhatian atasan.
  • Atasan diktator.
  • Jenuh dengan rutinitas kerja yang itu-itu saja.
  • Sudah tidak memiliki visi dalam bekerja.

Salah satu dari faktor di atas mungkin juga menjadi penyebab hilangnya semangat kerja HappyFams. Ketika HappyFams mengetahui penyebabnya, maka bisa sesegera mungkin mencari solusi yang tepat. Jika memungkinkan, dapat pula dibicarakan dengan atasan atau divisi HRD.

4. Istirahat Sejenak Saat Mulai Merasa Jenuh

Istirahat Sejenak Saat Mulai Merasa Jenuh
Sumber: Pixabay.com

Dalam dunia kerja, biasanya ada siklus tertentu untuk semangat kerja kita. Semangat kerja akan sangat menggebu-gebu ketika pagi hari, karena tenaga masih terisi penuh dan pikiran masih jernih untuk ditumpahkan dalam pekerjaan. Setelah memasuki siang hari atau sore hari, semangat itu semakin berkurang. Nah, untuk menjaga dan mengembalikan semangat kerja, HappyFamsbisa bangun dari kursi dan melakukan stretching atau jalan-jalan sebentar.

Cuci muka atau keluar kantor untuk sekedar cari angin, juga merupakan solusi untuk mengembalikan semangat kerja. Dengan beristirahat sejenak dari pekerjaan, HappyFams bisa meningkatkan semangat kerja dan produktivitas. Mengapa? Karena aliran darah segar menjadi lebih lancar ketika HappyFams memiliki waktu untuk beristirahat. Lakukan dengan rutin ya!

5. Temukan Hal yang Bisa Membuat Bahagia

Hal yang Bisa Membuat Bahagia
Sumber: Unsplash.com/Hasan Almasi

Remeh memang, tetapi hal ini patut dicoba untuk kembali memompa semangat kerja HappyFams yang merosot. Tidak peduli seberapa berat pekerjaan atau masalah yang dihadapi HappyFams, mulailah bahagia mulai detik ini. HappyFams bisa mulai dengan hal-hal sederhana seperti mulai bersyukur atas segala hal yang telah dimiliki saat ini. Entah itu pekerjaan, kopi yang diberikan oleh office boy, atau apa saja yang membuat HappyFamsbahagia. Ada baiknya juga mengatur jadwal harian, agar keseimbangan hidup terjaga di tengah padatnya kesibukan.

Ketika semangat kerja mulai merosot, HappyFams tidak boleh terlarut di dalamnya. Karena jika HappyFams membiarkannya berlarut-larut, maka kualitas kerja HappyFams tentu akan turun secara otomatis. Kemungkinan terburuknya, tentu saja HappyFams bisa kehilangan pekerjaan. Jadi, praktekan beragam tips meningkatkan semangat kerja ini demi menjaga produktivitas dan menghindari stres ya!

Coba share di kolom komentar, apa yangHappyFams rasakan setelah melakukan tips-tips ini? Ataukah ada metode lain yangHappyFams lakukan untuk meningkatkan semangat kerja?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Merasa Jenuh? Praktekkan 5 Tips Meningkatkan Semangat Kerja Berikut!"
related post
5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca