Menyembuhkan Gigi Geraham Bungsu Sakit Karena Bolong Pada Anak Anak

Waktu Baca: 5 menitKamis, 07 Januari 2021 08:30 WIB
Gigi Geraham Bungsu
Sumber: freepik

Gigi menjadi bagian dari organ mulut yang memiliki tugas penting dalam melumat makanan sebelum dicerna ke dalam lambung. Setiap bentuk gigi mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Salah satunya gigi geraham yang bertugas menghaluskan makanan. Perlu Moms ketahui juga jika gigi geraham terbagi lagi atas tiga bagian yakni gigi geraham depan, gigi geraham belakang, dan gigi geraham bungsu.

Berbicara mengenai gigi geraham bungsu, hampir sebagian besar orang mengalami masalah dengan gigi ini, tak terkecuali anak-anak. Lokasinya berada di deretan paling belakang, sehingga terkadang membuat gigi geraham bungsu sedikit terabaikan keberadaannya.

Lubang Gigi Geraham Bungsu Pada Anak

Gigi geraham bungsu tumbuh paling terakhir dibandingkan dengan gigi jenis lainnya. Pada beberapa orang saat gigi bungsu tumbuh, gigi ini tidak mendapatkan ruang yang cukup pada gusi. Akibatnya gigi geraham bungsu hanya keluar sebagian saja atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Permasalahan pada gigi geraham bungsu yang paling sering dialami oleh anak-anak adalah gigi berlubang. Perlu Moms ketahui jika pada usia anak-anak, gigi geraham muncul bersamaan gigi seri, dengan kata lain menjadi gigi pertama yang muncul. Tidak heran jika gigi geraham terpapar dengan lingkungan (makanan dan minuman) lebih lama dibandingkan dengan gigi-gigi lainnya.

Namun pada kenyataannya banyak orang tua kurang menyadari bahwa gigi geraham anak telah tumbuh serta tidak mengalami masalah selama proses pertumbuhan. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi gigi dan mulut anak baik. Justru sebaliknya orang tua akan sadar jika gigi geraham anak telah tumbuh dan mengalami masalah akibat kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Gigi geraham bungsu bolong sebagian besar disebabkan oleh faktor demineralisasi yakni hilangnya mineral-mineral pada gigi. Sedangkan gigi sehat adalah gigi yang tidak hanya mengalami demineralisasi saja, namun juga remineralisasi yaitu gigi memperoleh kembali mineral-mineral yang telah hilang sebelumnya.

Ada beberapa penyebab mengapa gigi geraham bungsu berlubang, antara lain:

  1. Terjadi penumpukkan plak pada gigi geraham.
  2. Kualitas air liur yang kurang baik.
  3. Jumlah air liur yang tidak terlalu banyak.
  4. Kekurangan fluor.

Gigi geraham bungsu sakit apabila gigi anak tidak mendapat perawatan lebih lanjut atau dibiarkan dalam jangka waktu lama. Selain itu, semakin lama lubang pada gigi geraham semakin dalam sehingga dapat menyebabkan infeksi pada saraf dan pembuluh darah gigi.

Jangan kaget jika anak Moms mengalami kesakitan pada siang atau malam hari di area gigi yang berlubang. Sebab nyeri yang ditumbulkan dari infeksi gigi berlubang terjadi secara spontan. Apabila Moms tidak segera mengambil tindakan, bukan tidak mungkin terjadi peradangan pada ujung akar gigi bahkan pembengkakan di sekitar gusi.

Cara Menyembuhkan Gigi Geraham Bungsu Yang Bolong

gigi geraham bungsu sakit
Sumber: Freepik.com

Banyak orang tua berpendapat untuk mencabut gigi geraham bungsu yang berlubang pada anak. Sebelum mengambil keputusan tersebut ada baiknya Moms memastikan dahulu apakah gigi geraham yang berlubang tersebut merupakan gigi susu atau gigi tetap. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan bentuk perawatan apa yang sesuai bagi gigi anak nantinya.

Banyak dokter menyarankan untuk tidak buru-buru mencabut gigi geraham bungsu. Akan lebih baik jika gigi geraham bungsu mendapat perawatan, penambalan, dan perawatan pada saluran akar apabila kondisi lubang gigi sangat parah.

Moms juga harus tahu jika gigi geraham bungsu yang berlubang merupakan gigi susu, Moms tidak perlu khawatir. Sebab gigi geraham bungsu susu akan lepas atau tercabut dengan sendirinya, menggantikan gigi geraham bungsu tetap jika waktunya telah tiba. Pergantian gigi geraham susu dengan gigi geraham permanen ini akan terjadi saat anak berusia 11 hingga 12 tahun.

Apabila gigi geraham bungsu pada anak dicabut sebelum waktunya, ada kemungkinan gigi geraham tetap tidak memperoleh tempat jika gigi tersebut tumbuh. Gigi geraham permanen tetap tumbuh namun posisinya dapat bertumpuk dan tidak rapih seperti sedia kala.

Sedangkan jika gigi geraham bungsu tetap yang berlubang dicabut, gigi anak akan ompong sebab tidak ada gigi permanen lainnya yang akan tumbuh menggantikan gigi geraham tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi, Moms harus mengetahui urutan pergantian gigi anak agar mudah menentukan bentuk perawatan yang tepat.

Cara Mencegah Gigi Geraham Bungsu Yang Bolong

gigi bungsu tumbuh
Sumber: Freepik.com

Agar gigi geraham bungsu pada anak terhindar dari bolong, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan:

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter Gigi

Moms bisa memeriksakan gigi anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Terutama bagi anak yang telah memiliki gigi geraham. Untuk itu Moms perlu mengetahui apakah gigi geraham anak telah tumbuh atau belum agar dapat menyesuaikan bentuk perawatan yang diberikan.

2. Ajarkan Anak Untuk Rajin Sikat Gigi

Mengajak anak untuk dapat menyikat gigi memanglah tidak mudah. Namun jika Moms telah membiasakan anak untuk rajin menyikat gigi pagi dan malam hari, kegiatan sikat gigi bukan hal yang sulit. Agar lebih menyenangkan Moms bisa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai dengan karakter kesukaan anak.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Gigi berlubang bisa disebabkan karena tumpukan plak akibat mengkonsumsi gula dan makanan bertepung. Untuk itu Moms perlu mengajak anak untuk mau mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur untuk membantu menjaga kesehatan gigi serta menghindari kerusakan gigi oleh plak.

Nah itulah tadi cara yang bisa Moms lakukan untuk menyembuhkan gigi geraham bungsu sakit karena bolong pada anak. Konsultasikan juga kepada dokter gigi untuk memperoleh bentuk pengobatan yang tepat bagi anak. Dan jangan lupa untuk selalu menerapkan kebiasaan hidup sehat pada anak dengan makan sayur-sayuran dan rutin menyikat gigi.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Menyembuhkan Gigi Geraham Bungsu Sakit Karena Bolong Pada Anak Anak"