Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Waktu Baca: 4 menitSenin, 25 Oktober 2021 11:25 WIB
program bayi tabung
Sumber: pexels

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, semua usaha sudah dilakukan tetapi selalu berujung pada kegagalan. Apakah metode program bayi tabung yang sekarang populer ini aman?

Ada fakta menarik mengenai kondisi tersebut. Walaupun Moms sendiri bisa memeriksa masa subur dengan perhitungan kalender agar cepat hamil. Dimana, pada prosesnya baik Moms and Dads akan diberikan obat untuk menyuburkan kandungan serta sperma. Hanya saja ada efek samping perlu diketahui setelah meminumnya.

Seperti, kelelahan, keputihan, alergi, sampai perubahan suasana hati yang bisa mempengaruhi tanda-tanda awal kehamilan. Oleh karena itu, banyak dokter menyarankan untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut terlebih dulu mengenai langkah terakhir program bayi tabung tersebut, bagaimana dengan anaknya?

Tenang saja pada program bayi tabung ini, tidak akan ada cacat. Risikonya hanya 2% saja, artinya tipis kemungkinan lahir tidak normal. Hanya saja Moms and Dads perlu tetap menjaganya.

Perlu diketahui, sampai saat ini rata-rata keberhasilan program bayi tabung mencapai 30%. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Sebelum kami membahasanya lebih jauh, Ketahui terlebih dulu bagaimana Islam menjelaskan konsep ini.

Menurut kaidah sesuai dengan syariat bayi tabung menurut Islam adalah boleh. Hanya saja ada berbagai syarat serta ketentuan berlaku. Moms and Dads perlu tahu secara spesifik agar tidak mendapatkan dosa nantinya.

Walaupun pada zaman nabi, program seperti ini belum ada. Namun para ulama mencoba memberikan solusi berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits, mengenai berbagai hukum yang diperbolehkan dan tidak.

Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

BACA JUGA:

Syarat Bayi Tabung Menurut Islam

program bayi tabung
Sumber: istockphoto

Poin pertama adalah program tersebut hanya boleh dilakukan oleh sepasang suami istri yang sudah sah secara agama serta negara. Perlu diketahui, bila ternyata Dads sudah meninggal, maka pengambilan spermanya haram.

Karena, saat sepasang suami istri tersebut salah satunya meninggal, menjadi pertanda hubungannya sudah cukup sampai disini. Artinya, kematian adalah bagian dari sebuah perceraian. Inilah alasannya mengapa pengambilan itu dilarang.

Jadi, bila ada pertanyaan bayi tabung spermanya dari mana? Maka jawabannya adalah suami yang sah dengan teknik pengambilan benar. Contohnya, saat Moms and Dads berhubungan badan.

Saat mencapai puncaknya Dads akan menempatkan sperma tersebut di sebuah tempat sesuai anjuran dokter. Maka, hal itu diperbolehkan tetapi, kalau pengambilannya dipaksa dengan onani menggunakan tangan sendiri maka, hukumnya haram.

Kondisi itu menurut Islam dapat dikatakan sebagai berzina. Oleh karena itu, perlu dihindari dan dijauhkan. Poin penting lainnya adalah, keadaan ini boleh dilakukan asalkan posisinya sangat mendesak dan darurat.

Sehingga, saat sepasang suami istri menurut medianya masih mampu mendapatkan keturunan secara alami, maka lebih disarankan untuk tidak menggunakan metode bayi tabung. Selain itu dalam membuka aurat Moms juga diperhatikan.

Usahakan seorang dokter perempuan terlebih dulu beragama muslim bila tidak ada, tetap wanita hanya diizinkan non muslim. Jika, kondisinya sangat terdesak dan begitu darurat maka diperbolehkan laki-laki muslim dapat dipercaya.

Andai kondisinya memang tidak memungkinkan maka diperbolehkan opsi terakhir, dokter lelaki non muslim. Kondisi ini untuk menjaga harkat serta martabat sebagai seorang perempuan dihadapan suami serta Tuhan.

Faktor Keberhasilan dari Bayi Tabung

Menurut berbagai penelitian yang terjadi dilapangan, hampir 90% pasangan suami istri menjalankan program ini akan berhasil. Hanya saja, jangan senang dulu HappyFams lebih baik mengetahui berbagai faktornya.

Bila dilihat dari pengertiannya, bayi tabung adalah langkah pembuahan sel telur dengan sperma di luar tubuh, Dari sini saja, HappyFams sudah bisa membayangkan bila faktor keberhasilan adalah gaya hidup.

Menjaga kesehatan sel telur dan sperma dengan berbagai makanan bergizi, mempunyai banyak vitamin serta mineral yang diperlukan untuk tubuh. Jika, masih terpaku pada pola lama, rasanya keberhasilan itu sulit didapatkan. Perhatikan juga nutrisi ibu hamil dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil, jadi harus untuk dihindari ya Moms.

Faktor keberhasilan lainnya adalah menjaga tingkat stress. Perlu diketahui, kondisi itu akan menurunkan kualitas dari kandungan serta sperma itu sendiri. Usahakan untuk selalu dalam kondisi ceria, yakin dan percaya.

Biaya Program Bayi Tabung

Moms and Dads tertarik untuk program ini? Lalu, berapa harga bayi tabung yang perlu dipersiapkan? Kurang lebih nilanya sampai Rp50 juta, siapkan dana cadangan setidaknya 40% dari angka tersebut ya Moms.

Jika ada efek samping atau komplikasi, Moms and Dads tidak perlu kebingungan mencari tambahannya. Program ini memang cukup membantu, sudah banyak yang membuktikannya, mulai dari masyarakat biasa sampai artis.

Walau dalam Islam diperbolehkan, namun tetaplah berusaha dulu. Ada banyak cara alam dapat ditempuh agar tingkat kesuburan baik sperma serta kandungan tinggi. Bila masih gagal bayi tabung adalah opsi terakhir.

Semoga Moms and Dads dapat memiliki momongan dengan alami ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak"