Mengungkap 5 Kriteria Pasangan Hidup Dalam Pernikahan Yang Bikin Awet

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 11 Januari 2022 07:18 WIB
kriteria pasangan hidup
Sumber: pexels

Dalam memilih suami atau istri, mengetahui kriteria pasangan hidup yang ideal menjadi hal sangat penting untuk diperhatikan. Jalinan hubungan dalam ikatan pernikahan tentunya diharapkan berlangsung hingga maut memisahkan.

Itulah mengapa memilih partner hidup menjadi tantangan tersendiri baik bagi pria maupun wanita, khususnya apabila berniat ke jenjang lebih serius. Mungkin hal ini juga yang menjadi kegelisahan HappyFams, apalagi harus sampai mencari alasan menikah muda untuk wanita zaman now.

Tidak perlu khawatir berlebihan, selalu ada cara untuk menemukan pujaan hati yang pantas dijadikan pendamping seumur hidup sehingga dapat memperhatikan persiapan sebelum menikah sebelum menuju ke pelaminan. Nah, kali ini Hapinest Indonesia akan membagikan tips dalam mengungkap kriteria pasangan ideal agar pernikahan selalu awet.

Cara Menentukan Kriteria Pasangan Hidup Ideal

BACA JUGA:

Hubungan asmara antara pria dan wanita merupakan jalinan suci dua insan manusia. Terlebih apabila dipersatukan dalam institusi agung bernama pernikahan. Semua pasangan pasti menginginkan pernikahannya langgeng.

Perlu dipahami bahwa tidak ada pria maupun wanita sempurna di dunia ini. Meski demikian, HappyFams dapat memilih pendamping dengan kriteria terbaik agar saling melengkapi kebaikan maupun kekurangan masing-masing, begitupun tujuan menikah secara umum wajib dipahami terlebih dahulu.

1. Pahami Alasan Memilih Pasangan

Untuk mendapatkan kriteria pasangan hidup dalam pernikahan yang cocok dan ideal, HappyFams perlu memahami alasan mengapa memilih seseorang itu sebagai belahan jiwa. Setiap orang pasti memiliki alasannya masing-masing.

Ada orang memilih pasangannya berdasarkan karakter serta kepribadian. Di samping itu, penampilan secara fisik, keyakinan beragama, hingga asal-usul keluarga juga kerap menjadi pertimbangan mengapa memilih pasangan tersebut.

Meskipun perasaan cinta sering kali tidak membutuhkan alasan, tetapi dalam berumah tangga terdapat hal-hal yang perlu dipikirkan secara realistis. Maka dari itu, penting sekali memahami apa alasan HappyFams memilihnya sebagai belahan jiwa.

2. Ketahui Hal yang Disukai dari Pasangan

kriteria pasangan hidup
Sumber: istockphote

Termasuk kriteria memilih pasangan hidup lainnya yaitu dengan mengetahui apa yang disukai darinya. Jatuh hati kepada seseorang tentu karena ada hal-hal darinya yang membuat berkesan.

Selain karakter kepribadiannya, HappyFams perlu mengidentifikasi hal apa saja dari pasangan yang disukai. Misalnya sifat humoris, kepintarannya, caranya menjalin komunikasi, hingga energi positif, dan lain sebagainya.

Kriteria pasangan hidup tersebut dapat menjadi pengingat kembali apabila HappyFams dan si dia sedang berselisih paham atau bahkan bertengkar. Hal-hal baik pada diri sang pujaan hati akan membuat HappyFams bertahan dengannya.

3. Ketahui Hal yang Tidak Disukai dari Pasangan

Di dunia ini tidak ada manusia sempurna. Begitu juga dengan sang pujaan hati yang akan dipilih sebagai belahan jiwa hingga akhir hayat nanti.

Jangan salah, mengetahui hal yang tidak HappyFams sukai dari si dia juga penting. Kriteria mencari pasangan hidup bukan hanya dari apa yang HappyFams sukai. Akan tetapi juga memahami keadaan sebaliknya.

Sifat keras kepala, terlalu cuek, hingga kebiasaan buruk seperti merokok mungkin menjadi hal yang tidak HappyFams sukai darinya. Solusinya yaitu menoleransi kekurangan tersebut atau membicarakan secara baik-baik agar mengurangi kebiasaan buruknya.

4. Kenali Perbedaan dengan Pasangan

Tidak ada dua sejoli benar-benar cocok 100%. Dalam setiap hubungan pasti terdapat perbedaan antara pria dan wanita. Tugas dari masing-masing adalah mengenali perbedaan tersebut.

Kriteria pasangan hidup bukan berarti mencari kecocokan 100% karena itu adalah hal mustahil. Akan tetapi saling menghargai serta menerima perbedaan satu sama lain dengan lapang dada.

Tidak ada salahnya berpasangan meskipun terdapat banyak perbedaan. Asalkan perbedaan tersebut tidak bersifat prinsipil atau mencederai prinsip hidup masing-masing. Karena sikap menghargai dan memahami perbedaan dalam rumah tangga juga sangat penting.

5. Kenali Apa Saja yang Memicu Konflik

BACA JUGA:

Memilih pasangan hidup yang tepat memerlukan sikap terbuka untuk mau saling mengerti dan memahami satu sama lain. Keduanya juga perlu menyadari akan adanya potensi terjadinya konflik.

Dengan saling memahami satu sama lain, HappyFams bisa berkomunikasi secara lebih terbuka. Komunikasikan bersama si dia hal-hal apa saja yang bisa memicu konflik dalam hubungan.

Sehingga dapat diantisipasi atau dicari solusinya saat sudah berumah tangga. Ada beragam persoalan rumah tangga yang dapat memicu konflik. Misalnya permasalahan keuangan, komunikasi kurang lancar, atau bahkan kehidupan di atas ranjang.

Dalam hal ini, keterbukaan komunikasi menjadi sangat penting. Alangkah baiknya kedua sejoli membangun komunikasi sebaik mungkin. Sehingga saat dalam pernikahan kelak semua persoalan dapat diselesaikan secara baik-baik.

Pernikahan adalah ikatan suci percintaan dua manusia. Sejatinya pernikahan bukan hanya soal cinta, tetapi juga perlu mempertimbangkan hal lainnya. Maka dari itu, pahami bagaimana kriteria pasangan hidup ideal agar pernikahan langgeng.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Mengungkap 5 Kriteria Pasangan Hidup Dalam Pernikahan Yang Bikin Awet"
related post
8 Cara Mengatasi Suami Yang Marah Tapi Diam Kepada Istri Tanpa Sebab

Suami marah adalah situasi yang sangat tidak nyaman tentunya Moms. Apalagi jika karakter suami adalah ... Lanjut Baca

Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam

Dalam berumah tangga tentu wajar apabila terjadi perselisihan hingga menyebabkan istri ngambek. Ada banyak penyebab ... Lanjut Baca