Menghitung Umur Kehamilan Dengan Tepat. Ketahui Panduannya Disini!

Waktu Baca: 4 menitRabu, 08 Mei 2019 08:15 WIB
Hitung Mundur Kehamilan
Sumber: Unsplash.com/Megan Lynette

Bagi pasangan yang baru menikah, pastinya mendambakan buah hati segera mungkin. Pastinya calon Moms juga harus mengingat kapan terakhir haid dan sudah berapa lama tidak haid. Hal tersebut sangat mempengaruhi dalam menghitung umur kehamilan.

Usia kehamilan adalah waktu kehamilan yang dihitung dari hari pertama periode haid terakhir. Oleh karena itu, perlu sekali bagi Happyfams sebagai pasangan yang baru menikah atau yang sudah bersuami istri memberikan tanda di kalender saat masa haid.

Setiap usia kehamilan pasti membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda. Sehingga, bagi ibu hamil penting sekali mengetahui usia kehamilan secara akurat. Dengan seperti itu, Moms bisa menjaga kesehatan kehamilan.

Menghitung Usia Kehamilan dengan Menggunakan Jumlah Minggu atau Bulan

Bagi masyarakat secara umum cara menghitung masa kehamilan bermacam-macam caranya diantaranya adalah dengan menggunakan jumlah minggu atau bulan. Cara tersebut cukup familiar di telinga masyarakat sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Menghitung Usia Kehamilan 8 Minggu

Dalam menghitung usia kehamilan 8 minggu cukup menggunakan rumus yang dihitung dengan HPHT, dari situ Moms bisa mengetahui bahwa usia kandungan sudah 8 minggu.

Menghitung Usia Kehamilan 3 Bulan

Menghitung usia kehamilan dengan HPHT tentunya hanya mengikuti tanggal yang sama dari usia 8 minggu kehamilan. Misalnya pada usia kehamilan 8 minggu terdeteksi pada tanggal 20 April 2018, maka usia kehamilan 3 bulan tepat pada 20 Mei 2018.

Dalam menghitung usia kehamilan 4 bulan sama seperti usia sebelumnya, cukup ditambahkan saja bulannya. Misal usia kehamilan 3 bulan saat 20 Mei 2018, maka usia kehamilan 4 bulan tepat pada 20 Juni 2018.

Menghitung Usia Kehamilan 5 Bulan

Pada usia kehamilan 5 bulan, kandungan sudah agak besar dan janin mulai ada gerakan untuk merespon rangsangan dari luar. Dalam menghitung kehamilan di usia 5 bulan ini cukup menambahkan bulan saja di usia sebelumnya. Jadi usia 5 bulan tepat pada 20 Juli 2018.

Menghitung Usia Kehamilan 7 Bulan

Usia kehamilan yang sudah menginjak 7 bulan sudah besar dan Moms biasanya sudah mengecek keaktifan bayi dalam perut ataupun sudah mengecek jenis kelamin dari buah hatinya. Di usia kehamilan 7 bulan, Moms tinggal menambahkan dua bulan berikutnya dari bulan sebelumnya. Misal di usia kandungan 5 bulan tepat pada 20 Juli 2018, maka pada usia 7 bulan kehamilan tepat pada 20 September 2018.

Trimester Kehamilan

Teknis trimester kehamilan, dihitung dari trimester pertama adalah 1-13 minggu. Trimester kedua adalah minggu ke-14 sampai usia kandungan 27 minggu. Kemudian, di trimester ketiga adalah saat usia kehamilan 28 minggu sampai kehamilan minggu ke-41 atau waktu melahirkan.

Hamil Trisemester Pertama

Saat hamil di trisemester pertama, Moms mengalami berbagai gejala sebagai bentuk penyesuaian dengan hormon kehamilan. Gejala-gejala di trimester pertama ini Moms mengalami mual dan muntah selama beberapa bulan usia kehamilan awal. Selain itu Moms juga akan merasakan lelah dan akan merasakan kantuk.

Cara Menghitung Umur kehamilan

Menghitung umur kehamilan dengan manual yaitu metode kalender mengacu pada Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dalam menentukan usia kehamilan serta Hari Perkiraan Lahir (HPL). Dokter akan berpatokan bahwa konsep pembuahan terjadi hari ke-14 dari siklus menstruasi. Dengan mengetahui HPHT Moms atau dokter dapat menghitung usia janin.

Namun, tidak semua ibu hamil dapat mengingat jadwal menstruasinya. Selain itu, waktu ovulasi setiap perempuan berbeda-beda. Ditambah lagi siklus haid perempuan tidak teratur.

Cara Menghitung Umur Kehamilan dalam Minggu

Penghitungan umur kehamilan dalam minggu, Moms bisa mengecek dari gejala-gejala yang dialami. Selain itu juga bisa dideteksi dengan selang waktu haid yang sudah tidak dialami beberapa minggu. Setelah itu akan dihitung dengan rumus Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

Menghitung Umur Kehamilan Online

Cara menghitung kehamilan online bisa dilakukan dengan USG (ultrasonografi). Untuk menghitung dengan USG sebaiknya Moms ke dokter agar dideteksi berapa usia kehamilan. Dengan alat ini tingkat akurasinya tinggi, sehingga kondisi bayi dan usianya bisa dideteksi dengan alat ini, karena alat ini dilengkapi gambar janin yang akan muncul pada monitor.

Rumus Menghitung Umur Kehamilan

Jika siklus haid perempuan teratur (setiap 28 hari), maka dapat dihitung HPL menggunakan rumus Neagele, sebagai berikut.

(tanggal HPHT + 7), (bulan haid terakhir – 3), (tahun saat haid terakhir + 1)

Misal Moms terakhir menstruasi 18 November 2018. Maka perhitungannya menjadi.

(18 + 7), (11-3), (2018 + 1) = 25, 8, 2019

Jadi, HPL Moms adalah tanggal 25 Agustus 2019. Dari perhitungan ini, Moms dapat menghitung usia kehamilan setiap tanggal 25. Misalnya pada tanggal 25 Desember 2018 usia kehamilan menginjak 1 bulan dan berlaku untuk bulan-bulan berikutnya.

Jika HPHT mm terjadi di bulan yang tidak bisa dikurangi 3 misal Januari-Maret, maka bulan ditambah 9, sedangkan tahunnya tetap, hanya bulan saja yang ditambah. Misal Moms terakhir menstruasi pada tanggal 18 Januari 2018. Maka HPL Moms yaitu 25 Oktober 2018. Menghitung umur kehamilan dengan menggunakan rumus ini juga bisa membantu bagi pasangan yang sedang memperkirakan usia janin di dalam perut. Bagi Moms mungkin pengalaman sendiri dalam menghitung usia kandungan dan memiliki cara yang paling dianggap mudah untuk menghitung umur kehamilan, bisa share di komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Menghitung Umur Kehamilan Dengan Tepat. Ketahui Panduannya Disini!"
related post
Masa Subur Setelah Haid Hari Ke Berapakah Agar Bisa Cepat Hamil?

Bagi HappyFams yang ingin cepat mempunyai buah hati penting untuk menandai masa subur setelah haid ... Lanjut Baca

Begini Nih Gerakan Janin Jika Kepala Sudah Di Bawah Rahim Ibu Hamil

Kehamilan menjadi momen penting bagi seorang ibu. Selama masa kehamilan tentu terjadi banyak perubahan pada ... Lanjut Baca

5 Minuman Good Mood Untuk Ibu Hamil Bahkan Bisa Untuk Diet Juga Lho

Bosan dengan asupan nutrisi hamil yang itu-itu saja, HappiNest memberikan rekomendasi minuman good mood untuk ... Lanjut Baca