Menghilangkan Bau Lembab Di Rumah Pasca Banjir

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 01 Maret 2020 10:00 WIB
Menghilangkan Bau Lembab Di Rumah
Sumber: listerine.co.id

Kerugian dan masalah yang ditimbulkan banjir tidak hanya terjadi ketika bencana ini sedang berlangsung. Justru masalah paling besar yang harus Dads hadapi adalah setelah banjir surut. Dads harus bekerja ekstra keras untuk membersihkan rumah dari sisa banjir seperti lumpur dan genangan air karena jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah lain.

Salah satu masalah yang sering dihadapi setelah banjir surut adalah bau lembab di dalam rumah yang sangat mengganggu. Bahkan pada beberapa kasus bisa menimbulkan mual dan muntah hingga masalah kesehatan. Tapi, Dads tidak perlu bingung karena berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau lembab di rumah pasca banjir terjadi.

1. Buka Semua Ventilasi, Pintu Dan Jendela

Cara Menghilangkan Bau Lembab Ruangan
Sumber: powerpoetry.org

Hal pertama yang harus Dads lakukan setelah banjir surut demi menghilangkan bau lembab di dalam ruangan adalah dengan membuka semua ventilasi, pintu, dan jendela. Dengan begitu sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih lancar. Udara yang lembab dapat keluar dan berganti dengan udara yang lebih segar dan bersih.

Selain itu, membuka jendela juga membuat pencahayaan di dalam rumah jadi lebih baik. Perlu juga Dads ketahui bahwa salah satu penyebab bau lembab adalah kondisi ruangan yang tidak mendapat sinar matahari yang cukup. Cahaya matahari juga membantu untuk mempercepat proses pengeringan area yang masih basah dan lembab pasca banjir.

2. Kosongkan Dan Bersihkan Seluruh Ruangan

Cara Mengatasi Bau Lembab Rumah
Sumber: new-plan.co.jp

Langkah berikutnya yang dapat Dads lakukan untuk cara mengatasi rumah lembab setelah banjir adalah mengosongkan dan membersihkan seluruh area ruangan. Pada tahap ini Dads bisa mengeluarkan seluruh perabotan dan barang-barang yang ada di dalam rumah. Pastikan kondisi ruangan benar-benar kosong untuk memudahkan proses pembersihan.

Mengosongkan semua ruangan tidak hanya memudahkan Dads saat membersihkan sisa banjir, namun juga dapat membantu proses pengeringan perabotan dan semua barang yang terendam banjir yang juga menjadi penyebab utama bau lembab dalam rumah.

3. Kalau Ada, Gunakan Kipas Exhaust

Cara Mengatasi Rumah Lembab
Sumber: dompelenpomyslow.pl

Kalau Dads mempunyai exhaust fan di rumah, maka benda tersebut akan sangat membantu untuk mengusir bau lembab. Kipas exhaust mempunyai fungsi yang sama dengan ventilasi, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah lebih lancar. Usahakan untuk menyalakan kipas ini selama beberapa jam setiap harinya ya, Dads.

4. Jemur Semua Barang Dan Peralatan Yang Basah

Cara Menghilangkan Bau Lembab Di Rumah
Sumber: m.musely.com

Telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu pemicu bau lembab pasca banjir adalah barang dan perabotan rumah tangga yang basah dan tidak kering sempurna. Oleh sebab itu, Dads dapat mengusir bau lembab di ruangan dengan cara menjemur semua perabotan dan barang yang sebelumnya terendam banjir.

Khusus untuk barang berbahan kain seperti karpet, gorden hingga pakaian, Dads bisa memberikan pewangi setelah mencuci bersih agar lebih harum. Sementara untuk perabotan yang tidak bisa dicuci, Dads cukup menggunakan lap untuk membersihkannya. Kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung agar semua bakteri penyebab bau lembab bisa hilang.

5. Dibanding Pewangi, Coba Deh Gunakan Biji Atau Serbuk Kopi

Cara Cepat Mengatasi Kamar Lembab
Sumber: denaihati.com

Kalau Dads beranggapan bahwa menyemprotkan pewangi ruangan untuk menghilangkan bau lembab cukup efektif, maka Dads sedikit keliru. Beberapa penelitian menyatakan bahwa semprotan pewangi pada ruangan yang beraroma tak sedap bisa menambah parah bau ruangan. Justru bahan alami yang mudah diperoleh bisa menjadi solusinya.

Salah satu cara menghilangkan bau ruangan tertutup adalah dengan memanfaatkan serbuk atau biji kopi. Dads bisa meletakkan toples yang berisi biji atau serbuk kopi di dalam ruangan yang beraroma lembab. Dan sebaiknya Dads meletakkannya pada setiap ruangan agar hasilnya lebih maksimal. Aroma alami dari kopi ini dipercaya lebih ampuh untuk menyegarkan udara daripada pengharum sintetis.

6. Bersihkan Area Pembuangan

Cara Mengatasi Bau Lembab Di Dalam Ruangan
Sumber: crazyask.com

Cara selanjutnya adalah dengan membasmi sumber utama masalah bau lembab pada rumah setelah banjir. Selain barang dan perabotan yang sudah terendam air, area pembuangan juga menjadi titik yang paling banyak menyumbangkan aroma tak sedap dalam rumah. Misalnya dari saluran wastafel, pembuangan air di kamar mandi, hingga selokan.

Titik pembuangan tersebut mempunyai peluang besar tersumbat setelah banjir terjadi. Maka dari itu, Dads sebaiknya membersihkan area tersebut semaksimal mungkin. Karena jika tidak maksimal, bisa saja masih ada sisa banjir yang tertinggal dan memicu bau tak sedap serta menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman penyebab penyakit.

7. Harumkan Ruangan Dengan Essential Oil

Menghilangkan Bau Lembab Kamar Tidur
Sumber: fitnesspell.com

Sama halnya dengan serbuk kopi, Dads juga bisa menggunakan essential oil untuk menghilangkan aroma tak sedap di dalam rumah. Khususnya untuk menghilangkan bau lembab kamar tidur. Aroma yang dihasilkan dari minyak esensial ini dapat membantu untuk menyegarkan udara dalam ruangan.

Tidak hanya itu saja, minyak esensial juga dipercaya dapat menjadi penyembuh yang baik. Efeknya pun bisa menenangkan pikiran dan memberikan rasa nyaman untuk Dads dan keluarga. Ada banyak pilihan aroma minyak esensial yang bisa Dads pilih. Beberapa aroma yang paling banyak disukai adalah lemon, mawar, dan lavender.

8. Nyalakan Lilin Di Dalam Ruangan

Bau Lembab Di Dalam Ruangan
Sumber: essentialbazaar.com

Cara berikutnya yang bisa Dads coba adalah dengan menyalakan lilin di dalam ruangan. Meskipun cara satu ini masih belum teruji, tetapi tidak masalah jika Dads mencobanya, bukan? Lilin yang digunakan pun cukup lilin biasa saja, tapi kalau Dads ingin memakai lilin aromaterapi tentu akan lebih baik.

Api pada lilin dipercaya dapat membantu menyerap bau tak sedap yang ada di dalam ruangan. Agar hasilnya maksimal, Dads sebaiknya menyalakan lilin di bagian tengah ruangan selama satu hingga dua jam. Dads bisa melakukannya secara bergantian pada setiap ruangan di rumah.

Nah, itulah beberapa langkah menghilangkan bau lembab di rumah pasca banjir yang bisa Dads terapkan agar udara di dalam rumah terasa bersih dan segar kembali. Kalau Dads mempunyai pertanyaan atau tips lainnya, jangan ragu untuk meninggalkannya pada kolom komentar, ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Menghilangkan Bau Lembab Di Rumah Pasca Banjir"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Kenapa Ketika Bangun Pagi Kepala Pusing Dan Mulut Terasa Pahit

Bangun pagi merupakan kebiasaan yang positif, mampu menjaga mood tetap dalam keadaan bahagia sepanjang hari. ... Lanjut Baca