Mengajari Anak Untuk Bersyukur, Berikut Ragam Cara Yang Bisa Dilakukan

Waktu Baca: 5 menitRabu, 19 Februari 2020 10:00 WIB
Mengajari Anak Untuk Bersyukur
Sumber: Yandex.com

Memiliki rasa bersyukur di dalam diri individu merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Untuk itu, mengajari anak untuk bersyukur sebaiknya dilakukan sejak usaianya masih dini. Ketika anak sudah memiliki kemampuan untuk merasa cukup dan bersyukur dengan yang ia miliki, maka dirinya akan merasa lebih bahagia.

Secara internal, memang bersyukur bisa mendatangkan rasa bahagia. Tapi, lebih dari itu, anak yang memiliki sifat bersyukur akan memiliki sifat yang lebih positif terhadap keluarga serta lingkungan sekitar juga lho, HappyFams. Cara mengajari anak bersyukur ternyata juga tidaklah sulit. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan.

Menjadi Role Model Anak

Salah satu metode belajar yang paling efektif bagi anak adalah mendapatkan contoh dari orangtuanya langsung. Mengenai rasa bersyukur ini, HappyFams bisa memberikan contoh sikap serupa yang nantinya akan diinternalisasi ke dalam diri anak bila sudah ditanamkan sejak dini. Tunjukkan sikap rasa syukur. setiap hari. Dengan begitu, maka buah hati dengan sendirinya akan mulai memahami bagaimana caranya bersyukur.

Berikan Pengalaman Berharga Di Masa Lalu

anak bersyukur
Sumber: Yandex.com

Pengalaman atau memori akan masa lalu bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membuat seseorang belajar bersyukur. Mengajarkan anak bersyukur melalui hal ini terbukti efektif. Terlebih jika dulunya HappyFams pernah dalam kondisi susah, kemudian mampu bangkit lagi, sehingga akhirnya mendapatkan hasil yang lebih baik.

Contoh sederhananya, jika dahulu HappyFams memiliki orang tua yang hidup susah, namun tetap berusaha untuk memberikan penghidupan yang layak untuk anak, sehingga akhirnya bisa mendapatkan hidup yang baik. Secara tidak langsung Mom sudah mengajarkan anak bersyukur.

Pengalaman seperti ini bisa membuat anak merasa dirinya merasa beruntung memiliki HappyFams, sekaligus belajar bersyukur dan tetap gigih dalam kehidupan. Nah, di saat anak bisa merasa beruntung dan cukup, maka inilah kondisi dimana dirinya akan lebih bersyukur.

Jangan Memanjakan Anak Secara Berlebihan

Tidak jarang HappyFams ingin memberikan hal yang terbaik untuk anak. Namun, hal tersebut bukan berarti Moms mengiyakan seluruh kemauan anak karena bila sikap seperti ini dilakukan berlebihan, bisa mengurangi rasa bersyukur di dalam diri anak. Bahkan, bisa membuat anak untuk selalu merasa kurang dengan hal yang sudah dimiliki.

Jika ingin mengajari anak untuk bersyukur, sebaiknya batasin keinginan anak, dan ajari ia untuk berjuang mendapatkan keinginannya tersebut. Misalnya anak ingin memiliki jenis mainan baru. Jangan langsung dikabulkan. Cek kembali kapan terakhir kali membelikan mainan, dan pastikan apakah ia benar-benar membutuhkannya.

Ajarkan Anak Pentingnya Berbagi

cara mengajari anak bersyukur
Sumber: Yandex.com

Salah satu cara efektif untuk mengajari anak bersyukur adalah dengan mengajarkannya memberikan sesuatu pada orang yang membutuhkan. Misalnya, berbagi di Panti Asuhan ataupun Panti Jompo saat akhir pekan. Moms juga bisa mengajarkan anak untuk senantiasa membantu tetangga saat sedang kesusahan. Contoh kecilnya, Moms bisa menyuruh anak untuk membawa porsi makan kepada tetangga yang tinggal sendirian. Dengan mengajarkan berbagai hal kecil tersebut, bisa membuat anak semakin memiliki rasa syukur.

Berikan Kesempatan Pada Anak Untuk Memilih

Jika HappyFams sedang membuat makanan untuk anak, sembari memasak, Moms bisa menyisipkan nasihat. Misalnya, Moms memberikan pengetahuan jika masih banyak orang di luar sana sangat sulit untuk bisa makan, sehingga mengajak anak bahwa apapun makanan yang ada patut disyukuri dengan baik.

Akan tetapi, saat HappyFams mengajak anak makan di luar bersama dengan keluarga, HappyFams bisa membebaskan anak untuk memilih jenis makanan yang disukai, dengan syarat makanannya harus dihabiskan. Cara sederhana seperti ini ampuh untuk memberikan pengetahuan kepada anak terkait rasa bersyukur.

Berikan Kejutan dan Batasi Jenis Pilihannya

mengajarkan anak bersyukur
Sumber: Yandex.com

Tidak jarang anak akan menganggap kejutan sebagai hadiah, bukan hak yang harus diperoleh. Namun, tidak jarang juga banyak anak yang kesulitan untuk memilih. Seperti halnya saat Moms ingin mengajak anak berlibur. Tentu hal yang biasa ketika Moms memberikan pilihan kepada anak terkait dengan destinasi liburan.

Perlu Moms catat jika masing-masing orang memiliki ide dan ekspektasi tersendiri perihal liburan. Dengan demikian, sangat sulit untuk menentukan jenis tempat yang harus dipilih. Hal tersebut bisa membuat liburan yang seharusnya menyenangkan bisa menjadi medan perang.

Untuk menghindari hal tersebut, Moms bisa melakukan salah satu hal yang sangat efektif, yaitu dengan memberikan kejutan kepada anak sebagai salah satu cara mengungkapkan rasa syukur bersama anak. Jelang hari liburan, sebaiknya Moms berikan kejutan. Pilih tempat yang belum pernah dikunjungi sebagai destinasi liburan.

Ajarkan Anak Untuk Mengucapkan Terimakasih

Mengajarkan anak untuk mengucapkan terimakasih menjadi salah satu cara paling sederhana untuk membuat anak merasa bersyukur. HappyFams bisa mendorong anak untuk senantiasa mengucapkan terima kasih kepada orang yang sudah membantu dirinya. Akan tetapi, HappyFams juga harus bisa memberikan contoh terkait dengan saat kapan dan bagaimana seseorang harus mengucapkan terima kasih. Kemudian, jangan lupa berikan juga mereka berbagai sifat sederhana yang bisa dicontoh anak.

Beberapa cara mengajarkan anak bersyukur di atas sekilas terlihat mudah. Namun, akan sulit jika HappyFams mudah menyerah. Bukan hanya mengingatkan anak untuk bersyukur, namun HappyFams juga harus bisa memberikan teladan langsung kepada anak sehingga bisa membangun karakter positif di dalam diri anak. Apakah HappyFams punya tips lain untuk dibagikan kepada orangtua lainnya? Yuk share di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Mengajari Anak Untuk Bersyukur, Berikut Ragam Cara Yang Bisa Dilakukan"
related post
Pengertian Kecerdasan Emosional (EQ) Anak Perlu Dilatih Sejak Dini

Selama ini banyak orang menganggap bahwa bahwa kecerdasan intelektual atau IQ menjadi kunci kesuksesan seseorang. ... Lanjut Baca

Tanda Istri Butuh Piknik Biar Gak Panik Di Rumah Terus Selama Pandemi

Menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir membuat waktu luang yang ada untuk sekedar ... Lanjut Baca

Pengertian Kecerdasan Intelektual (IQ) Anak Tidak Harus Selalu Tinggi

Setiap anak dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk tingkat kecerdasannya. HappyFams tentu pernah mendengar ... Lanjut Baca