Mendidik Anak Dengan Pola Asuh Demokratis, Sarat Edukasi Positif

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 20 November 2020 08:23 WIB
pola asuh demokratis
Sumber: pexels

Mungkin jika HappyFams mendengar kata demokratis akan lebih mengarah arah berpikir dengan cara politik. Karena demokratis pertama dikenal dari sikap berpolitik dari suatu negara. Tapi demokratis disini merupakan suatu sikap cara berpikir, bertindak serta bertanggung jawab yang dapat diadaptasikan kepada pola asuh anak. Pola asuh demokratis cukup disukai karena sistem bebas bersyarat dan tanggung jawab lebih mengesankan. Dalam asuhan model ini banyak anak muncul dengan pemikiran hebat mereka dan kreatif. Jika Moms & Dads menerapkan model asuhan ini akan mendapatkan manfaat sehat untuk buah hati.

Yuk kita bahas lebih detail HappyFams, baik difinisi, ciri-ciri maupun manfaat pola asuh demokratis kepada anak.

Definisi Pola Asuh Demokratis

Pola asuh demokratis adalah sebuah tata cara orang tua mendidik anak dengan menekan secara halus melalui aturan yang masuk akal dan membebaskan bersyarat tanpa meninggalkan unsur tanggung jawab penuh. Pola ini memang sedang digemari oleh para orang tua zaman sekarang, karena menyediakan unsur 50-50 dalam aturannya. Kadar 50% untuk unsur menekan dan tanggung jawab, sedangkan 50% lagi unsur kebebasan.

Ciri Khas yang Nampak Pada Pola Asuh Demokratis

  • Tidak main hukuman fisik jika anak bersalah.
  • Mengubah kekurangan anak menjadi motivasi. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, jangan tekan anak ketika dia sudah maksimal dalam berusaha. Orang tua harus sadar bahwa anak telah bekerja keras dengan kemampuan yang dimiliki jadi dukung anak dalam segala kekurangannya.
  • Memberikan reward untuk sebuah hal baik. Hadiah atau reward penting sesekali diberikan sesuai dengan kemampuan orang tua, jangan pernah menjanjikan ketika Anda belum mampu. Contohnya, anak dengan nilai rerata 90 bisa diberikan hadiah agar dia terus mau belajar.
  • Berusaha menuntun solusi atas masalah, bukan langsung memberikan solusi. Masalah pada anak tidak bisa sepatutnya orang tua turun tangan penuh. Anak diajarkan untuk menyelesaikan sendiri, dengan demikian anak akan menalar tanggung jawab apa dan bagaimana terhadap sebuah masalah. Sebagai contoh, anak Anda mengalami kesulitan belajar, sebenarnya Anda tahu jawabannya tetapi pancing si anak agar berfikir. Lambat laun dia akan menemukan jawaban.
  • Mengatur sikap tanggung jawab dan disiplin. Pola asuh demokratis menerapkan sikap disiplin dan tanggung jawab dengan sebuah hal.
  • Bisa masuk ke era baru. Mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak tertinggal dengan peradaban milenium. Zaman sekarang apa-apa serba berhubungan dengan internet, setidaknya anak Moms & Dads dapat diperkenalkan dengan teknologi tetapi tetap dalam batasan wajar.

Apakah Perlu Kombinasi Model Asuhan Lain?

Beberapa ahli psikolog menitik beratkan nilai lebih dari asuhan ini karena sudah cukup sesuai dengan era yang berjalan. Tetapi, asuhan demokratis terkadang memberikan dampak lain seperti anak akan mengikuti kata hatinya tetapi tidak didasarkan dengan aturan yang ada. Sebagai contoh, pemilihan pekerjaan dengan jurusan setidaknya jangan terlalu bebas. Anak diarahkan logis dengan realita yang ada agar tujuan hidupnya jelas.

Minimal dalam hidupnya, anak juga dibekali dengan keterampilan yang bisa dipakai menjadi bekal di dunia produktifnya. Tidak ada sebuah hasil didikan terbaik jika para orang tua enggan turun tangan dan mengarahkan.

Jadi, pola asuh pendidikan anak usia dini demokratis tetap bisa dipadukan dengan lainnya seperti pola asuh otoriter maupun pola asuh permisif. Seimbangkan dan sesuaikan dengan kondisi serta mental si anak supaya dapat berjalan selasar mengikuti perkembangan usianya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Mendidik Anak Dengan Pola Asuh Demokratis, Sarat Edukasi Positif"
related post
7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari, Kunci Mendidik Mental Anak Sehat

Memeluk anak merupakan kesempatan yang bahagaia bagi semua orang tua. Ketika sang buah hati baru ... Lanjut Baca

Mencium Anak Bayi Saat Tidur, Boleh Atau Tidak Ya? Apa Manfaatnya!

Apakah boleh mencium anak bayi ketika sedang tertidur pulas? Pertanyaan ini mungkin masih sering terlintas. Keraguan seringkali ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca