Menakjubkan! Hanya Mengikuti Menu Diet Sederhana, Seminggu Turun 10 Kg

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 08 Januari 2022 10:24 WIB
menu diet sehat sederhana
Sumber: pexels

Semua orang tentu menginginkan tubuh ideal, tidak pandang pria atau wanita, sehingga beragam menu diet alami yang sehat akhirnya bermunculan. Banyak cara mendapatkan bentuk tubuh sesuai keinginan salah satunya adalah mengatur pola makan.

Tidak sedikit orang merasa tersiksa karena tidak bisa bebas makan sesuai keinginan, sampai-sampai merusak komitmennya sendiri. Kunci paling penting adalah kemauan dan konsistensi dari awal sampai seterusnya.

Semua hal perlu proses alias tidak bisa instan, karena perubahan pola makan secara mendadak justru akan menyiksa tubuh. Kurangi konsumsi secara bertahap, lakukan semua langkah dengan benar dan hati-hati dengan pola hidup seimbang.

Menu Diet Sehat Sederhana dengan Bahan Murah

BACA JUGA:

Tidak sulit membuat makanan sehat untuk mengurangi berat badan, berbagai ragam menu diet sederhana ternyata sangat mudah dibuat menggunakan kombinasi bahan tertentu. Tidak selalu mahal, ikuti beberapa rekomendasi mudah berikut.

1. Telur Kukus

Cara membuat hidangan ini sama seperti membuat telur dadar, tinggal menambahkan bahan-bahan seperti jamur, daun bawang, serta sedikit bumbu saja. Kukus telur dalam wadah sampai matang dan siap dikonsumsi.

2. Pepaya

Buah ini merupakan menu diet yang dijumpai dimana-mana, karena mudah tumbuh di lingkungan manapun sehingga harganya tidak mahal. Pepaya mempunyai manfaat baik untuk sistem pencernaan manusia, terutama saat menurunkan berat badan.

Saat lapar malam hari atau ingin sekadar ngemil, gantikan camilan biasa menggunakan buah pepaya. Karena terdapat kandungan serat tinggi, buah pepaya bisa mengurangi nafsu makan.

3. Kentang

Kentang adalah makanan sehat untuk diet sebagai sumber karbohidrat selain nasi putih, rasanya enak dan membuat kenyang. Kentang ternyata sangat aman karena kaya vitamin serta tinggi nutrisi baik bagi tubuh.

Akan lebih baik apabila kentang diolah dengan cara direbus, dibakar, atau dikukus, sebagai pengganti nasi. Hindari menggorengnya untuk mengurangi asupan minyak dan kolesterol jahat ke dalam tubuh.

Selain dikukus atau dipanggang, ada cara lain yaitu membuat mashed potato atau menumbuk kentang sampai halus. Biasanya juga ditambahkan bumbu lain seperti butter, garam, serta sedikit lada.

4. Dada Ayam

Selama menjalankan program mengurangi berat badan, konsumsi protein hewani dari daging tetap dibutuhkan. Hal ini akan mengurangi rasa tersiksa, namun protein memang salah satu nutrisi cukup penting.

Tidak semua bagian ayam boleh dimakan, sebaiknya pilih bagian dada ayam, meskipun tidak seenak bagian lainnya. Dada ayam sangat bagus untuk kesehatan, berbeda dengan paha atau sayap yang lebih berlemak.

5. Steak

menu diet sehat sederhana
Sumber: imagup

Apabila HappyFams merasa bosan dengan menu diet seminggu turun 10 kg, cobalah alternatif lain misalnya makan malam menggunakan steak. Berdasarkan beberapa penelitian, daging merah bisa membantu membakar kalori.

Lebih baik pilih bagian tenderloin atau topside, kedua jenis daging tersebut memiliki kadar lemak lebih sedikit. Namun akan percuma jika tidak dilengkapi dengan olahraga secara rutin dan konsisten.

6. Jamur

Jamur adalah salah satu jenis makanan selama program menurunkan berat badan, cocok untuk menu diet. Bukan hanya sebagai sumber serat dan kalori saja. Jamur bisa dijadikan sebagai penambah rasa masakan sehari-hari.

Tanpa ditambahkan MSG ketika memasak, karena jamur secara otomatis akan mengeluarkan kaldu alami. Lebih sehat dan dianjurkan jika dibandingkan dengan menggunakan penyedap rasa buatan dalam kemasan.

7. Berbagai Jenis Sayuran

Ada banyak menu diet sehat 30 hari di dunia, HappyFams bisa mengkombinasikan jenis-jenis sayuran agar tidak merasa bosan. Makan siang menggunakan brokoli, makan malam mix vegetables, dan sebagainya.

Lebih variatif bisa dibuat sebagai urap, salah satu hidangan tradisional menyehatkan, rendah kalori, dan mengenyangkan. Urap bisa disajikan bersama sepotong dada ayam rebus atau kukus, sehingga lebih terasa nikmat.

Jika merasa bosan dengan menu diet sehat urap, jadikan sayur-sayuran sebagai salad tanpa dressing mayonaise. Dressing mayonaise bisa digantikan dengan olive oil, sedangkan sayurannya kombinasi mentimun, jagung, tomat, serta selada.

Sayur-sayuran ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sup, pertama buatlah kaldu menggunakan tulang ayam. Kemudian isi sup dengan berbagai sayuran serta dada ayam tanpa kulit.

8. Pepes Tahu Tempe

Pilihan protein mudah selain daging dan ikan adalah tahu tempe, kombo vegan ini murah serta mudah didapatkan dimana-mana. Kukus atau jadikan pepes menggunakan tambahan bahan seperti kemangi.

Perlu diingat, menurunkan berat badan tidak hanya melalui pilihan beberapa makanan sehat saja melainkan dilengkapi dengan olahraga rutin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pilihan menu diet yang rendah kalori bisa menjadi alternatif lebih mudah dan murah.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Menakjubkan! Hanya Mengikuti Menu Diet Sederhana, Seminggu Turun 10 Kg"
related post
Fakta Atau Mitos Minuman Sehat Kekinian Bisa Untuk Diet Dan Jantung!

Hal pertama yang muncul ketika membayangkan minuman sehat adalah air putih, terjadi pada semua orang. ... Lanjut Baca