Membuat Rincian Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga Secara Maksimal

Waktu Baca: 3 menitSenin, 26 Oktober 2020 08:31 WIB
Rincian Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga
Sumber: pixabay

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, ada beberapa hal yang berpotensi menimbulkan masalah yang salah satunya terkait urusan keuangan. Di mana yang sebelumnya menjalani hidup secara single dan mengelola keuangan untuk diri sendiri, tetapi kini harus bisa mengelola keuangan untuk satu keluarga, terutama mengenai rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang harus dibicarakan secara baik dengan pasangan.

Hal ini karena pengeluaran dari sebuah keluarga tidaklah sedikit. Baik untuk kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan, biaya untuk membeli rumah, membangun usaha, hingga biaya untuk hari tua.

Bila tidak direncanakan dengan baik, maka berapa banyakpun penghasilan atau gaji bulanan tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terlebih lagi untuk memenuhi keinginan masa dapan bersama keluarga. Jadi penghasilan ataupun gaji perlu diatur dengan baik, maka buatlah rincian pengeluaran rumah tangga setiap bulan dengan cermat supaya keuangan keluarga dapat teratur dengan maksimal.

Rincian Pengeluaran Rumah Tangga Setiap Bulan

Bagi Anda yang akan membangun sebuah rumah tangga, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu tentang rincian pengeluaran rumah tangga di setiap bulannya seperti dibawah ini:

1. Konsumsi

Biaya konsumsi ini tergolong paling banyak yang harus HappyFams tanggung setiap bulannya. Baik dari biaya makan sehari-hari, biaya listrik, air, telepon maupun internet, hingga untuk liburan. Hal ini juga penting untuk mendukung kebutuhan hidup sehari-hari. Dan liburan sendiri juga sangat dibutuhkan, misalnya sebulan sekali untuk merilekskan tubuh dan pikiran agar lebih fresh saat kembali bekerja.

Tulis segala kebutuhan konsumsi secara terperinci dan siapkan pos-pos pengeluaran tersebut dengan cermat supaya dapat terukur pengeluaran konsumsi setiap bulannya.

2. Transportasi

Pengeluaran transportasi dapat HappyFams siapkan juga seperti cicilan motor atau mobil maupun bila tidak memiliki cicilan motor atau mobil wajib menyisihkan untuk biaya transportasi kendaraan umum, seperti busway, kereta, taxi maupun transportasi online.

3. Cicilan

Di dalam rincian pengeluaran bulanan rumah tangga tentu ada cicilan yang rutin HappyFams bayarkan. Misalnya saja untuk menyicil rumah, kendaraan pribadi maupun alat elektronik. Pastikan sebelum HappyFams memutuskan untuk mengambil cicilan, agar dipikirkan terlebih dahulu bagaimana membayarnya. Rencanakan biaya cicilan maksimal 30% dari pendapatan bulanan.

4. Investasi Dan Tabungan

Investasi dan tabungan adalah bagian cukup penting yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan di masa depan. Baik untuk membeli rumah, menyekolahkan anak, dana darurat, maupun biaya untuk pensiun. Setidaknya Moms & Dads harus memiliki kesepakatan untuk menyisihkan minimal 10% dari uang gaji untuk ditabung maupun diinvestasikan. Dengan membuat target bersama pasangan, maka tujuan yang ingin HappyFams capai pun akan semakin mudah.

5. Bersedekah

pengeluaran rumah tangga bersedekah
Sumber: pexels

Penghasilan yang didapatkan setiap bulannya bukanlah secara penuh milik HappyFams. Oleh karena itu, diskusikan cara mengatur keuangan rumah tangga bersama pasangan salah satunya untuk menyisihkan beberapa persen guna disedekahkan kepada mereka yang berhak menerimanya.

Setidaknya minimal 2.5% bagi HappyFams yang beragama Islam atau minimal 10% untuk yang beragama Kristen. Ada kalimat inspirasi yang mengatakan, bukan berapa banyak penghasilan yang terbaik, melainkan berapa banyak yang dapat Anda sedekahkan.

6. Asuransi

Tidak bisa dipungkiri bahwa asuransi ini perlu untuk dipersiapkan sejak dini. Karena di masa depan tentunya HappyFams memiliki banyak tujuan yang ingin dicapai serta membantu ketika terjadi risiko yang tidak diinginkan. Asuransi merupakan perlindungan untuk keluarga HappyFams pada pergerakan kas dari keuangan keluarga. Jadi, pastikan untuk mencari perusahaan asuransi yang terpercaya, mengingat saat ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan dengan berbagai fasilitas yang bisa HappyFams nikmati.

Jenis-jenis Asuransi di Indonesia sangat banyak fungsinya, seperti asuransi jiwa, kesehatan, hari tua maupun harta pribadi. Sesuikanlah asuransi yang dibutuhkan dan sesuai kemampuannya. Atau yang paling sederhana gunakanlah Asuransi BPJS dari pemerinta.

HappyFams bisa membuat rincian pengeluaran bulanan rumah tangga sesuai versi keluarga HappyFams sendiri. Namun dengan cara diatas dapat mempermudah di dalam mengelola keuangan keluarga agar dapat dimanfaatkan secara efektif. Semoga bermfaat dan lebih membuka wawasan HappyFams mengenai pengelolaan keuangan keluarga.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Membuat Rincian Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga Secara Maksimal"
related post
7 Tips Menabung Harian Untuk Pelajar Sampai Ibu Rumah Tangga. Mudah!

Dari dulu HappyFams pasti sudah mendengar kalimat "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Betul kalimat tersebut sangat ... Lanjut Baca

Yuk Pelajari 7 Cara Menghemat Uang Jajan Setiap Hari Untuk Remaja

Mengelola keuangan bukan lagi hal yang tabu untuk dibicarakan dengan buah hati, salah satunya adalah ... Lanjut Baca