Membeli Asuransi Untuk Keluarga Yang Tepat Seperti Apa? Ini Tipsnya

Waktu Baca: 2 menitRabu, 12 Agustus 2020 14:58 WIB
tips-membeli-asuransi
Sumber: burst.shopify

Dengan kondisi jaman yang serba tidak mungkin, asuransi merupakan pegangan penting di samping tabungan. Namun orang kadang dibikin ragu dengan pemikiran, nanti punya asuransi tapi tak pernah terpakai.

Perlu diketahui bahwa di jaman yang semakin maju, asuransi harus menjadi bagian dari masyarakat di dunia. Sekarang, orang sakit bisa kapan saja, di mana saja, dengan jenis penyakit yang bermacam-macam. Mulai dari ringan sampai bisa mencabut nyawa begitu saja. Begitu pula dengan kondisi keuangan. Hari ini bergembira, besok belum tentu dapur mengepulkan asap.

Intinya, asuransi merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menjaga ‘kesehatan’ keluarga. Bila masih awam, yuk, ketahui tips-tips memiliki asuransi untuk keluarga berikut ini.

Beli Polis yang Mendukung Keuangan

Tak perlu memaksa harus memiliki asuransi dengan level terbaik. Lakukan anggaran yang tepat untuk dana asuransi keluarga. Dengan budget tersebut, pilihlah asuransi yang terbaik dan sesuai bagi keluarga.

Sesuaikan dengan Fasilitas Asuransi dari Kantor

Perusahaan jaman sekarang sebagian besar sudah mengasuransikan karyawannya, baik pada asuransi swasta atau BPJS. Sebelum membeli asuransi, pahami terlebih dahulu fasilitas yang bisa didapatkan dari asuransi kantor. Bila sekiranya belum menempatkan Anda pada posisi nyaman, baru pikirkan untuk meng-covernya dengan asuransi lain.

Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Ada banyak macam jenis asuransi. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Bagi konsumen, pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong, apakah harus asuransi berjangka, asuransi kesehatan unitlink, dan lain sebagainya. Lakukan komunikasi dengan keluarga sebelum memutuskan mana asuransi yang terbaik bagi mereka.

Antara Cashless dan Reimbursement

Untuk asuransi kesehatan dalam hal penggunaannya ada dua jenis, yaitu cashless dan reimbursement. Asuransi cashless berarti pihak asuransi akan langsung meng-cover biaya rumah sakit, Anda tinggal bayar kelebihannya. Kekurangannya, cashless perlu kuitansi asli sehingga konsumen tidak bisa lagi klaim ke asuransi lain.

Sementara reimbursement mewajibkan membayar dulu semua tagihan rumah sakit. Baru kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya berobat yang telah dibayarkan. Beda dengan cashless, reimbursement bisa diurus dengan memakai fotokopi kuitansi yang sudah dilegalisir pihak rumah sakit. Jadi Moms & Dads bisa memanfaatkan kuitansi aslinya untuk keperluan lain, misal klaim ke perusahaan asuransi lain.

Pisahkan Unitlink dari Manfaat Asurasi Lainnya

Untuk asuransi kesehatan unitlink sebaiknya dibeli secara terpisah dari manfaat tambahan lainnya. Hal ini dikarenakan asuransi unitlink lebih berfokus asuransi dengan investasi. Upgrade manfaat asuransi kesehatanmu agar bisa merasakan manfaat asuransi kesehatan yang lebih baik.

Memasukkan semua manfaat tambahan unitlink dalam satu polis justru bakal percuma karena semua manfaat tambahan di polis unitlink akan disesuaikan ulang berdasarkan usia pemegang polis saat akan menambah manfaat tersebut.

Jangan Ragu Miliki Beberapa Polis Asuransi Kesehatan

Tentu akan lebih terlindungi bila memiliki beberapa polis asuransi kesehatan. Seperti yang diketahui bahwa satu polis tidak meng-cover semua penyakit. Sebaiknya miliki beberapa polis supaya bisa melengkapi dan melindungi Anda dari setiap risiko penyakit. Namun untuk memilih yang terbaik, luangkan waktu membandingkan satu kebijakan perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya. Pilih yang menurutmu sesuai dengan anggaran dan punya manfaat lebih besar.

Itulah beberapa tips sebelum membeli asuransi untuk keluarga. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang memiliki asuransi, hidup akan lebih tenang dan HappyFams pun punya fokus yang lebih baik untuk mempersiapkan masa depan keluarga.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Membeli Asuransi Untuk Keluarga Yang Tepat Seperti Apa? Ini Tipsnya"