Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 14 November 2021 10:30 WIB
membantu orang tua
Sumber: xframe.io

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya juga. Anak tidak akan menjadi manja dan bisa lebih mandiri ketika rajin membantu mengurus beberapa pekerjaan.

Sejak kecil jika anak sudah diajari tentang kebiasaan membantu kegiatan di rumah maka hal itu akan berdampak baik ketika sudah dewasa, karena ini menjadi salah satu rahasia agar anak nurut kepada orang tua juga. Sang buah hati akan tumbuh menjadi anak yang rajin dan cinta kebersihan. Namun bila anak sedang tidak mau melakukannya jangan memarahinya, apalagi sampai memarahi anak di depan umum, cukup menasihatinya dengan santai. Ini dia beberapa contoh dan manfaat dari rajin membantu di rumah. 

Membantu Orang Tua, Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Contoh Sikap Membantu Orang Tua di Rumah

BACA JUGA:

Ada banyak contoh bagaimana HappyFams selaku orang tua dalam mengajari anak bersih-bersih. Kegiatan di bawah ini sangat mempengaruhi bagaimana tumbuh kembang anak. Berikut daftar kegiatannya:

1. Mengganti Plastik di Tempat Sampah

Contoh kegiatan membantu orang tua adalah dengan melakukan penggantian plastik pada tempat sampah. Kegiatan yang satu ini memang mudah dilakukan oleh anak, tetapi sebelum memintanya mengganti plastik Moms sebaiknya mengajarinya terlebih dahulu.

Jika sering meminta anak untuk mengganti plastik maka anak akan semakin terbiasa. Akan tetapi jika ada banyak sampah dan sekiranya memberatkan anak maka Moms bisa memintanya untuk memilah sampah non organik dan organik. 

Hal ini juga dapat digunakan untuk menambahkan pengetahuan kepada anak terkait jenis-jenis sampah. Selain itu anak juga akan terbiasa untuk membuang sampah di tempatnya. Tentu masih ada banyak orang yang suka membuang sampah sembarangan. 

2. Membersihkan Meja Makan

Membantu orang tua adalah sikap yang terpuji dan salah satu contohnya adalah dengan mengajak anak untuk membersihkan meja makan. Lakukan sebelum makan bersama dimulai, mintalah anak untuk mengelapnya saja. 

Pekerjaan ini memang tidak berat dan anak akan semakin terbiasa untuk membersihkan meja makan sebelum mulai makan. Akan muncul rasa cinta kebersihan dalam diri anak sejak kecil. Manfaat dari kegiatan yang ringan ini adalah dapat menumbuh kembangkan motorik. 

3. Membersihkan Rumah dengan Kemoceng

Contoh sikap membantu kedua orang tua yang lain adalah dengan meminta anak untuk membersihkan rumah menggunakan kemoceng. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan sama dengan seperti membersihkan meja makan.

Membantu Orang Tua dan Manfaatnya

membantu orang tua
Sumber: xframe.io

Tentu anak akan mendapatkan banyak manfaat apabila rajin membantu kedua orang tua di rumah. Selain itu anak juga akan menjadi terbiasa rajin membersihkan rumah. Beberapa manfaat dari membantu kedua orang tua adalah sebagai berikut:

1. Menanamkan Tanggung Jawab ke anak

Manfaat pertama adalah anak yang sudah terbiasa membantu kedua orang tua maka akan tumbuh menjadi pribadi bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan sejak kecil sudah dibiasakan untuk mengerjakan tanggung jawab yang diberikan orang tuanya. 

Misalnya seperti anak yang diminta untuk menyapu lantai saat kotor, maka anak akan berfikir bahwa tidak akan sembarangan mengotori lantai. Selain itu seperti mengajarinya juga mencuci peralatan makan sehabis makan maka akan menjadi kebiasaan. 

2. Mengajarkan Perilaku Mandiri

Manfaat yang kedua adalah anak akan terbiasa dengan sikap mandirinya. Akan tetapi jika sejak kecil tidak dilatih demikian maka ketika besar, anak akan menjadi seorang yang pemalas dan manja. 

Tidak apa-apa untuk memberikan pekerjaan kepada anak, hitung-hitung agar ia terbiasa melakukan banyak hal secara mandiri. Mulailah dengan membiasakannya untuk mengerjakan hal-hal yang ringan. 

3. Membiasakan anak Untuk Menjadi Rapi

Membantu orang tua adalah perbuatan yang terpuji selain itu dapat melatih anak untuk menjadi pribadi yang rapi dan cinta akan kebersihan. anak akan lebih suka berada di lingkungan yang rapi dan tertata karena akan memberikan kenyamanan. 

4. Merekatkan Hubungan dengan Orang Tua

Manfaat terakhir adalah untuk menjaga kedekatan dengan orang tua. Moms bisa mengajak anak untuk mengobrol banyak hal ketika sedang membersihkan rumah. Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan keeratan dengan anak. 

Cara Mendidik anak Agar Mau Membantu

Agar anak mau membantu orang tua adalah dengan mulai mengajarinya perlahan-lahan. Mulailah dengan mengenalkan anak tentang pekerjaan rumah. Moms bisa mengajarinya untuk mengerjakan hal yang ringan terlebih dahulu. 

Mulailah dari pekerjaan yang ringan seperti penjelasan contoh sikap mebantu orang tua di atas, mengelap meja makan, mengajaknya untuk membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya. Membantu kedua orang tua ketika rumah merupakan sikap yang terpuji. 

Ucapkan terima kasih kepada anak ketika ia sudah mau membantu oran tua, sekaligus juga dapat mengajarkan anak mengucapkan terima kasih kepada orang lain nantinya.

Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepada anak karena sudah rajin. Selain itu dengan membiasakan membantu orang tua sejak dini maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cinta kebersihan.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia"
related post
7 Contoh Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak kegiatan yang menggambarkan contoh berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua merupakan ... Lanjut Baca

Mengungkap Nasehat Orang Tua Jaman Dulu Kepada Anaknya, Yuk Cari Tahu!

Mungkin HappyFams masih pernah mengingat nasehat orang tua yang dari dulu sering diberikan ketika masih ... Lanjut Baca