Memahami Pola Asuh Anak Yang Digemari Ibu Muda Dan Disukai Anak

Waktu Baca: 3 menitKamis, 26 November 2020 10:20 WIB
pola asuh anak
Sumber: stock.adobe

Sebagai orangtua, khususnya orangtua baru atau ibu muda terkadang sering kali merasa bingung bagaimana sebenarnya pola asuh anak yang ideal, baik dan benar di samping hanya seputar hubungan suami istri. Orang tua pastinya ingin memberikan pola asuh anak yang terbaik sehingga anak tumbuh menjadi seseorang dengan pribadi yang baik, cerdas, berbudi pekerti dan berakhlak. Namun tidak semua orangtua bisa melakukan hal tersebut karena pengetahuannya yang masih sangat terbatas ketika menjadi seorang ibu muda.

Oleh karena itu, untuk membentuk karakter anak Moms menjadi lebih baik maka dapat menyimak serta memahami beberapa point di bawah ini:

Kenali Karakter Anak Anda

Untuk menentukan pola asuh anak yang tepat pertama adalah kenali karakter anak Moms terlebih dahulu. Sebagai orangtua selayaknya tahu bagaimana karakter anak sendiri, apakah ia senang diberitahu secara langsung, apakah ia bisa menangkap berbagai nasihat dengan bantuan gambar, suara, atau yang lainnya.

Jika Moms sudah mengenali karakter anak sendiri maka pola asuhnya akan lebih mudah. Anak pun juga akan lebih mengerti apa yang diberitahukan oleh orangtua dan mudah menangkap point yang sebenarnya ada dalam pola asuh anak itu sendiri.

Jangan Terlalu Banyak Melarang Asalkan Tidak Membahayakan Anak atau Orang Lain

Selanjutnya adalah jangan terlalu banyak melarang anak, selama mereka melakukan hal untuk kepentingan tumbuh kembangnya dan tidak membayakan diri sendiri dan orang lain. Tapi juga harus tahu waktu dan juga tempatnya. Misalkan saja, ketika di luar rumah biarkan anak mengeksplorasi alam dengan bermain tanah, tidak perlu takut ia kotor nanti bisa dibersihkan lagi.

Tapi berikan pengertian bahwa hal tersebut hanya boleh dilakukan pada saat itu saja. Jangan sampai karena Moms tidak pernah melarang, anak malah menjadi seenaknya dan ketika bermain di tempat temannya malah membuat penghuni rumah kewalahan.

Berikan Batasan-batasan yang Sesuai

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas bahwasanya kita juga harus memberikan batasan-batasan yang sesuai kepada anak. Misalnya ketika Moms suka duduk di atas meja, meletakkan kaki di dekat alat makan, atau apa saja harus diberitahu dengan baik sebagai batasan.

Kenalkan batasan kepada anak. Misalnya anak memiliki bakat dalam melukis maka Moms memiliki kewajiban untuk menyuruhnya untuk tidak melukis di tembok apalagi melukis di tembok rumah orang lain. Kenalkan kertas dan pewarna kepada mereka dan jangan segan memberikan batasan yang pas.

Jangan Membentak, Jangan Egois, dan Berikan Penjelasan

Sebagai orang tua pastinya sering kali merasa jengkel atau ingin marah karena kelakuan anak yang cukup menguras tenaga, tapi jangan pernah menggunakan pola asuh anak yang ekstrem dengan bentakan apalagi dengan pukulan atau kekerasan yang lainnya. Pemikiran anak masih sangat sederhana sehingga tidak ada gunanya membentak. Yang ada malah membuatnya trauma mental. Jelaskan dan jangan egois, jika Moms salah minta maaflah!.

Dengan pola asuh dari orangtua seperti ini, anak akan lebih terdidik dengan memiliki wawasan lebih luas namun tetap tertata sikap dan perilakunya untuk melakukan yang boleh dan menghindari hal yang tidak berkenan.

Karakter anak yang kuat dapat terbentuk dari orangtua yang mendidikanya dengan baik.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Memahami Pola Asuh Anak Yang Digemari Ibu Muda Dan Disukai Anak"
related post
Pengertian Kecerdasan Spiritual Anak (SQ) Wajib Dikenalkan Pada Anak

Mendidik anak tidaklah cukup hanya dengan meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ) saja. Namun saat ini orang ... Lanjut Baca

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Dan Mandiri Di Rumah Maupun Di Sekolah

Mempunyai anak yang cerdas dan berprestasi adalah suatu kebanggaan bagi setiap orang tua. Banyak orang ... Lanjut Baca

Menyembuhkan Gigi Geraham Bungsu Sakit Karena Bolong Pada Anak Anak

Gigi menjadi bagian dari organ mulut yang memiliki tugas penting dalam melumat makanan sebelum dicerna ... Lanjut Baca