Mata Selalu Sehat Walaupun Memakai Contact Lens Setiap Hari

Waktu Baca: 3 menitKamis, 18 Juni 2020 11:46 WIB
Memakai Contact Lens
Sumber: vopa.org

Segala sesuatu berjarak jauh atau dekat mulai terlihat buram? Mungkin ini saatnya memeriksakan kesehatan mata dan menggunakan alat bantu seperti kacamata. Untuk alasan kepraktisan dan penampilan, banyak orang yang lebih memilih mengenakan contact lens dalam kegiatan sehari-hari. Karena menggunakan contact lens tidak perlu terganggu dengan kaca mata dan merubah gaya penampilan.

Tapi bukan berarti terbebas dari masalah, karena tanpa perawatan yang tepat menggunakan contact lens malah akan mempengaruhi kondisi mata sehat.

Namun mata masih bisa tetap selalu sehat walaupun menggunakan contact lens setiap hari. Ikuti tips-tips berikut ini untuk menjaga mata tetap sehat walau setia menggunakan contact lens.

Lepaskan Saat Mandi atau Berenang

Contact lens yang terkena air akan menyebabkannya membengkak, berubah bentuk, menempel pada mata, dan berisiko menggores kornea sehingga memudahkan bakteri penyebab infeksi untuk masuk ke mata. Nah, air dari kolam, bak air panas, air laut, air danau, bahkan shower kamar mandi bisa saja mengandung kuman yang akan terperangkap di bawah lensa. Akibatnya, selain infeksi yang menyakitkan, bisa juga mengalami kehilangan penglihatan permanen, lho. Serem banget kan!

Jadi pastikan melepaskan contact lens sebelum mandi atau berenang ya Moms!

Pastikan Tangan Bersih

Sebelum memasang atau melepaskan lensa kontak, pastikan jari-jari tangan dalam kondisi bersih. Awali dengan mencuci tangan dengan sabun lalu bilas hingga bersih dan keringkan. Debu, kuman, atau sisa sabun yang masih tertinggal dapat berpindah ke contact lens dan memicu iritasi pada mata.

Bersihkan dengan Cairan Khusus

Walau penggunaan contact lens cukup praktis, diperlukan biaya dan waktu perawatan khusus untuk menjaganya tetap bersih dan higienis. Selalu gunakan cairan khusus untuk mencuci contact lens dan hindari menggunakan air keran. Bisa jadi bakteri menempel ke lensa kontak dan memicu iritasi atau kerusakan mata.

Selain itu, bersihkan tempat lensa kontak yang bisa jadi tempat subur berkembangnya kuman pemicu infeksi. Kosongkan dan bilas dengan menggunakan cairan pembersih untuk mematikan bakteri, lalu keringkan di atas handuk atau tisu bersih. Ganti case setiap 3 bulan dan lebih cepat jika mengalami keretakan.

Ingat Durasi Pemakaiannya

Buang jauh-jauh sikap malas mencopot contact lens setelah dipakai seharian penuh. Thomas Steinemann, M.D., profesor dari Case Western Reserve University menekankan, pemakaian contact lens yang terlalu lama, bahkan saat tidur, akan menghalangi aliran oksigen ke kornea.

Selain bikin mata terasa kering dan gatal, hal ini memudahkan kuman untuk kontak langsung dengan kornea. Ditambah tumpukan protein yang menumpuk bisa memicu infeksi, bahkan kasus yang paling buruk, kebutaan. Nah, mumpung sedang ada di rumah atau bersantai saat weekend, istirahatkan mata dari contact lens, atau jika terpaksa menggunakannya, batasi waktu pemakaiannya selama 12-14 jam sehari.

Bawa Tetes Mata Khusus

Saat mata terasa pedas, merah, dan kering, jangan menggunakan tetes mata yang biasa dijual di pasaran untuk mengatasinya. Buat pengguna contact lens, bekali diri dengan produk tetes mata khusus untuk 'melumasi' dan melembapkan contact lens. Selain itu, pilih yang bebas pengawet untuk meminimalkan risiko memperparah iritasi yang sudah terjadi.

Menggunakan contact lens itu sah-sah saja, asal tahu cara tepat merawat dan memakainya.

Ikuti tips-tips diatas untuk menjaga mata tetap selalu sehat walaupun menggunakan contact lens setiap hari ya Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Mata Selalu Sehat Walaupun Memakai Contact Lens Setiap Hari"
related post
10 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir Wajib Disiapkan Calon Ibu

Selain pakaian bayi, perlengkapan mandi bayi baru lahir juga harus disiapkan sejak awal dalam rangka ... Lanjut Baca