Masa Subur Setelah Haid Hari Ke Berapakah Agar Bisa Cepat Hamil?

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 21 Agustus 2021 09:26 WIB
masa subur setelah haid
Sumber: shutterstock

Bagi HappyFams yang ingin cepat mempunyai buah hati penting untuk menandai masa subur setelah haid berapa hari dan kapan waktu yang tepat untuk program kehamilan. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui kapan waktu ideal untuk merencanakan program hamil yang tepat. Sehingga bisa cepat memangku buah hati.

Terjadinya kehamilan dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kesehatan, kebugaran, serta waktu yang tepat. Memperhatikan waktu subur sangat penting, karena setelah sel telur dilepaskan harus segera dibuahi dalam waktu 24 jam apabila ingin terjadi kehamilan.

Meskipun waktunya singkat, Moms tidak perlu khawatir karena sudah banyak cara mengetahui masa subur. Terlebih saat ini sudah banyak aplikasi di ponsel untuk membantu Moms mencatat siklus haidnya serta mengetahui tanda-tanda mau haid, sehingga memudahkan cara menghitungnya.

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Siklus 35 Hari

menghitung masa subur
Sumber: freepik

Setiap Moms tentunya memiliki siklus haid berbeda-beda, umumnya siklus rahim yang sehat atau baik terjadi antara rentang 21-35 hari. Kondisi fisik, psikologis, dan hormon adalah beberapa penyebab mengapa siklusnya tiap Moms bisa berbeda-beda.

Perhitungan untuk haid teratur dan normal bisa dilakukan menggunakan metode tradisional, yaitu memperhatikan kalender haidnya. Biasanya terjadi pada beberapa hari sebelum ovulasi dan setelah ovulasi, yaitu pelepasan sel telur ke tuba falopi.

Masa subur setelah haid agar cepat hamil dihitung berdasarkan siklus terpendek dan terpanjang. Caranya mengurangkan siklusnya dengan 18 dan 11. Contohnya siklus menstruasi terpendek adalah 26 hari, maka awal suburnya terjadi di hari ke 8 setelah menstruasi (26-18 = 8).

Menghitung akhir masa suburnya memperhatikan menstruasi terpanjangnya, contohnya paling panjang adalah 33 hari. Maka terakhir suburnya terjadi pada hari ke 22 setelah menstruasi (33-11 = 22). Sehingga kesuburan terjadi pada hari ke 8 hingga 22.

BACA JUGA:

Waktu suburnya memang cenderung terlihat sangat panjang, ini untuk mengantisipasi terjadinya ovulasi. Memang sulit memastikan terjadinya ovulasi secara tepat. Karenanya dengan antisipasi tersebut, potensi kehamilan bisa lebih besar.

Apabila Moms and Dads tidak ingin segera memiliki momongan, penting juga mengetahui jadwal masa subur setelah haid agar tidak hamil. Sehingga ketika sudah memasuki waktu suburnya, Moms and Dads bisa menggunakan alat kontrasepsi agar lebih aman.

Selain menggunakan teknik tradisional, penggunaan kalender modern juga bisa dilakukan. Tetapi sebenarnya tidak jauh berbeda hasil akhirnya, yaitu kesuburannya terjadi pada tanggal 8-19 setelah mengalami menstruasi.

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Tidak Teratur

masa subur setelah haid
Sumber: freepik

Tantangan muncul bagi HappyFams ketika menghadapi pola menstruasi tidak teratur. Tidak teraturnya siklus tersebut terjadi karena beberapa sebab, salah satunya adalah hormonal. Sehingga lebih sulit memastikan masa suburnya.

Namun tidak perlu khawatir karena ada beragam cara untuk mengetahui kapan waktu ideal merencanakan kehamilan. Langkah pertama adalah mencatat setiap siklusnya, idealnya pencatatan dilakukan selama 6-12 bulan secara berturut-turut.

Informasi pencatatan ini akan menunjukkan pola tertentu, cobalah mulai berkonsultasi dengan Dokter apabila sudah memiliki catatan siklusnya. Dokter akan membantu menghitungkan waktu terbaik merencanakan kehamilan.

Selain berkonsultasi dengan dokter, Moms bisa melihat tanda-tanda kesuburan dari perubahan tubuh. Lendir serviks bisa menjadi salah satu tandanya. Peningkatan jumlah lendir bisa menjadi tanda bahwa sudah berada pada waktu suburnya.

Cara lainnya berdasarkan kondisi tubuh adalah memeriksa perubahan suhu tubuh, ketika terjadi ovulasi, ada kenaikan suhu tubuh sekitar 0,5 hingga 1 derajat celcius. Trik ini cukup sulit dilakukan, karena setelah suhu berubah, moms harus segera berhubungan.

Mengetahui masa subur setelah haid juga bisa dilakukan dengan alat deteksi ovulasi. Alat ini akan mendeteksi kandungan hormon LH, yang memicu jatuhnya ovum dari ovarium. Ditandai dengan adanya reaksi positif yang menunjukkan kandungan LH naik.

Menggunakan alat deteksi ovulasi ini dinilai cukup akurat, karena kenaikan LH terjadi antara 12-48 jam sebelum terjadinya ovulasi. Sehingga Moms dan Dads bisa segera mempersiapkan diri ketika alat deteksinya sudah menunjukkan reaksi positif.

Trik ini meskipun akurat, tetapi perlu mengeluarkan modal, mengingat HappyFams harus menganggarkan biaya untuk membeli stripnya. Namun hal tersebut tentunya tidak menjadi penghalang apabila memang sudah direncanakan untuk memiliki momongan bukan?

Kunci penting dalam keluarga untuk cepat memiliki momongan selain kesuburan adalah komunikasi. Mengetahui masa subur setelah haid memang penting juga makanan biar cepat hamil perlu diperhatikan, tetapi saling pengertian antara Moms and Dads lebih penting agar rumah tangga bisa tetap selalu harmonis.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Masa Subur Setelah Haid Hari Ke Berapakah Agar Bisa Cepat Hamil?"
related post
Ini Dia Kegunaan Alat Menstruasi Cup Untuk Wanita Tanpa Pembalut Lagi

Saat ini sedang ramai diperbincangkan menggunakan alat menstrual atau menstruasi cup semakin populer. Menstruasi atau ... Lanjut Baca

Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca

Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?

Apakah Moms pernah mengalami ketika datang bulan dengan kondisi darah haid hitam dan bau? Hal ... Lanjut Baca