Manfaat Mengetahui Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Waktu Baca: 7 menitRabu, 07 Oktober 2020 11:25 WIB
cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga
Sumber: lovecatalogue

Pernikahan memang hal yang diidam-idamkan oleh semua orang, apalagi jika pernikahan tersebut harmonis. Namun, sebenarnya membangun pernikahan atau rumah tangga yang harmonis, ada banyak hal yang perlu dipikirkan. Tidak hanya sekedar mengetahui tentang perbedaan nikah dan kawin, masih banyak hal lain yang perlu untuk diketahui dan diperhatikan secara baik. Walaupun memang pernikahan apapun, meskipun dengan cara menikah beda agama, semuanya memiliki tujuan yang baik, namun jika calon Moms & Dads belum siap betul, sebaiknya dibicarakan secara matang-matang.

Dalam sebuah rumah tangga, tidak hanya mengetahui hal-hal mengenai hubungan suami istri yang baik saja yang penting melainkan mengatur keuangan keluarga juga penting. Mengatur keuangan memanglah hal yang susah-susah gampang, apalagi untuk pasangan yang baru menikah. Pasti ada saja kebutuhan Moms yang harus mengeluarkan uang lebih dari anggaran. Tidak hanya itu, pasti ada saja pula kesalahan yang membuat Moms tidak bisa menyisihkan sedikit uang untuk ditabung. Mungkin hal itu terjadi karena pengelolaan keuangan Moms yang kurang tepat, padahal ada cukup banyak pos pengeluaran yang harus dikelola. Maka dari itu, Moms harus tahu cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar agar tidak boros. Jika Moms sudah tahu cara atur keuangan keluarga dan menerapkan dengan baik, akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Berikut adalah keuntungan-keuntungan tersebut. Mari disimak!

Manfaat Mengetahui dan Menerapkan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga dengan Tepat

1. Tujuan Finansial Lebih Mudah untuk Tercapai

Perencanaan yang baik pada segala hal tentunya akan membuahkan hasil maksimal. Selain itu, segala sesuatunya menjadi lebih teratur dan dapat untuk berjalan sesuai perkiraan. Maka dari itu, hal-hal yang berhubungan dengan keuangan juga harus direncanakan secara baik dan matang. Jika Moms tidak mempunyai perencanaan dalam keuangan tentu akan menimbulkan dampak yang negatif seperti uang cepat habis setelah gajian. Nah, sebagai cara mengantisipasinya adalah dengan menerapkan berbagai pos sehingga jumlah anggaran dapat diketahui, lalu berapa banyak uang yang akan ditabung pun juga diketahui. Sehingga tujuan untuk memiliki impian bersama dengan keluarga akan lebih mudah tercapai.

2. Menganalisis Alokasi dari Pengeluaran

Analisis pengeluaran sangatlah dibutuhkan supaya jumlah dari keperluan dapat sesuai dengan pendapatan. Moms dapat melihat skala prioritas untuk pengalokasian anggaran pengeluaran. Cara menyusunnya dengan melihat apa saja kebutuhan yang berdasarkan dengan tingkat kepentingan, apakah kebutuhan wajib, primer, sekunder maupun tersier. Moms pun bisa memperhatikan kebutuhan berdasarkan dengan waktu, apakah waktu sekarang, akan datang atau yang tidak terduga.

3. Membantu Mencapai Goals yang Lebih Tinggi

cara mengatur uang
Sumber: medium.com

Perencanaan keuangan akan membantu Moms dalam mencapai goals atau mimpi dalam waktu yg tepat, dengan merencanakan jumlah uang untuk pengeluaran yang sesuai dengan penghasilan yang didapatkan. Jika Moms tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik, pengeluaran mungkin tidak akan terkontrol sehingga menjadi boros. Sebaliknya jika Moms punya perencanaan keuangan yang baik, Moms bisa menentukan tujuan keuangan yang mau untuk dicapai dengan pendapatan tersebut.

4. Semua Anggota Keluarga Dapat Terlindungi

Mengetahui perencanaan keuangan atau cara mengatur keuangan rumah tangga memiliki tujuan untuk melindungi anggota keluarga. Misalnya nantinya saat Moms mempunyai anak, dan anaknya sudah sekolah, biaya pendidikan dapat ter-cover, atau tabungan untuk masa depan, atau untuk kepemilikan rumah di masa depan. Selain itu, rencana keuangan pun bisa untuk menjamin keluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lalu anggaran bila ada anggota keluarga yang sakit pun sudah siap.

5. Anggaran Hutang Dapat Diperkecil

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang rapih akan memperkecil Moms memiliki hutang. Misalnya jika Moms mempunyai perencanaan keuangan yang baik, Moms bisa menabung untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendesak, maka ketika benar-benar ada keperluan darurat uang yang sudah disiapkan tersebut memiliki jumlah yang cukup, maka Moms tidak perlu untuk berhutang.

Nah, itulah manfaat dari mengetahui cara perencanaan keuangan rumah tangga yang baik. Menikah memang bukan hanya sekedar menjaga keharmonisan pasangan suami istri dan memiliki serta mendidik anak, namun mengatur keuangan dengan baik juga perlu. Bahkan sebelum menikah pun Moms dan pasangan harus sudah membicarakannya secara matang. Jadi, bukan hanya memikirkan bagaimana cara agar hubungan langgeng sampai pernikahan akan tetapi juga kehidupan setelah pernikahan. Maka dari itu, Moms perlu tahu pentingnya membicarakan masalah keuangan sebelum melakukan pernikahan.

Pentingnya Membicarakan Keuangan Sebelum Menikah

bicara uang sebelum menikah
Sumber: pexels.com

Keuangan jika tidak dibicarakan secara jelas atau transparan dengan calon pasangan menikah akan menimbulkan masalah yang kecil menjadi besar dan mengancam pernikahan nantinya. Banyak kasus perceraian yang terjadi, menjadikan masalah ekonomi atau keuangan sebagai alasan utama. Jadi, alangkah baiknya sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius, Moms dan pasangan penting untuk membicarakan mengenai uang bersama atau terpisah lebih dahulu. Hal ini dapat dikatakan sama halnya seperti Moms & Dads ketika sudah menikah membicarakan cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan apabila belum menginginkan momongan dalam waktu dekat. Jadi, harus dibicarakan secara benar-benar matang dan terencana dari awal untuk menjaga keharmonisan pernikahan ke depannya.

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya membicarakan keuangan sebelum menikah, selanjutnya yang Moms perlu tahu adalah bagaimana cara mengatur keuangan tersebut setelah menikah. Berikut adalah pembahasannya secara singkat.

Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

1. Uang dari Tamu Undangan Jangan Dihabiskan

Jika Moms & Dads mendapatkan hasil yang lumayan besar dari tamu undangan, maka jangan langsung menghabiskan uang tersebut untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Moms bisa menggunakan untuk keperluan di masa depan seperti untuk membayar hutang atau bahkan untuk investasi.

2. Jangan Ada Dusta Dengan Pasangan

Moms harus terbuka dengan pasangan dalam segala hal, mulai dari pekerjaan, rencana mempunyai anak, hingga jadwal dalam berhubungan intim seperti berhubungan saat hamil dan lain sebagainya. Jangan sampai ada kecurigaan yang muncul sehingga menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga. Moms harus terbuka, mampu untuk berkompromi dan bertanggung jawab supaya kondisi keuangan tetap aman dan sehat.

3. Membuat Rekening Bersama

Ada baiknya Moms dan pasangan membuat rekening bersama setelah menikah. Jadi, Moms & Dads setelah menerima penghasilan harus menetapkan lebih dahulu berapa besaran uang yang akan disimpan bersama di rekening bersama. Nah uang yang ada di rekening bersama tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan yang darurat.

4. Pilih Bendahara Dalam Keluarga

Dalam sebuah keluarga, idealnya memang harus ada satu orang yang dipercaya untuk memegang uang. Tentunya pilih yang teliti dan mampu mengelola keuangan dengan baik. Dengan menetapkan bendahara keluarga bisa memudahkan kehidupan keuangan rumah tangga nantinya.

5. Tentukan Berapa Besaran Pengeluaran Setiap Bulannya

Moms bisa membuat catatan kecil yang berisi tentang kebutuhan rumah tangga. Nah pada setiap akhir bulan, Moms bisa sempatkan waktu dengan pasangan untuk menghitung semua pengeluaran bersama. Dengan begitu, Moms & Dads bisa menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran rumah tangga.

Tidak hanya cara di atas saja yang harus Moms lakukan dalam mengatur keuangan keluarga, Moms juga bisa mengalokasikan gaji untuk kebutuhan, menyisihkan uang untuk tabungan, investasi untuk keluarga, menyediakan dana darurat, mencatat setiap pengeluaran, membatasi pengeluaran yang berlebih dan membuat perubahan. Dengan melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga di atas, Moms menjadi tidak boros dan dapat menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Jadi, buat perencanaan keuangan sebaik mungkin ya, Moms. Jangan lupa untuk selalu menyampaikan kata kata untuk pernikahan yang manis pada pasangan agar semakin dekat dan harmonis.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Manfaat Mengetahui Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat"
related post
Jenis-Jenis Asuransi Yang Berkembang Di Indonesia, Pelajari Yuk Dads!

Di zaman yang telah berkembang seperti saat ini, terkadang kita sulit untuk memprediksi hal-hal apa ... Lanjut Baca

Pahami Pentingnya Seputar Hubungan Suami Istri & Pernikahan Dari Muda

Banyak orang membayangkan tentang kehidupan pernikahan yang bahagia karena mereka merasa akan dapat menghabiskan waktu ... Lanjut Baca

Belajar Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

HappyFams perlu tahu tentang cara mengatur keuangan rumah tangga. Hal ini penting karena seberapa besar ... Lanjut Baca