Manfaat Bagi Ibu Hamil Dan Bayi Mendengarkan Musik Klasik

Waktu Baca: 4 menitRabu, 19 Agustus 2020 08:00 WIB
Ibu Hamil Mendengarkan Musik
Sumber: Freepik.com

Beragam macam usaha yang dilakukan oleh ibu hamil demi menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Selain mengoksumsi makanan bergizi, menghindari stres, dan berolahraga, mendengarkan musik klasik untuk janin selama masa kehamilan ternyata memberikan manfaat yang banyak. Hal ini berawal dari penelitian yang mengatakan jika memperdengarkan musik sonata Mozart mampu meningkatkan kemampuan belajar. Dikatakan jika mereka yang mendengarkan musik klasik memperoleh nilai ujian lebih baik dibandingkan yang tidak. Tidak heran jika fenomena ini sangat populer dan mendapat julukan sebagai Mozart Effect.

Lalu apa hubungan musik klasik dengan masa kehamilan? Sudah banyak penelitian yang menyatakan jika mendengarkan musik klasik memberikan banyak manfaat khususnya untuk ibu hamil dan sudah banyak yang menerapkannya. Dan berikut ini manfaat mendengarkan musik klasik bagi ibu hamil dan bayi!

1. Menciptakan Hubungan Yang Erat Antara Ibu Dan Anak

Manfaat ibu hamil mendengarkan musik klasik yakni dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak. Ketika sedang mendengarkan musik klasik, Moms pasti akan mengajak buah hati untuk berkomunikasi. Hal ini justru sangat baik sebab menjadi acuan bagi bayi untuk memperoleh informasi baru.

Selain itu perlu diketahui jika kemampuan janin untuk mendengar sudah mulai berkembang sejak berusia trimester kedua dalam kandungan. Musik klasik yang didengarkan secara berulang dapat membantu perkembangan otak bayi untuk dapat berkomunikasi terutama dalam mempelajari ucapan dari sang ibu. Bahkan ketika telah lahir nanti, bayi akan merasa terdapat hubungan yang erat dengan ibunya.

2. Langkah Awal Bagi Bayi Untuk Belajar

Mendengarkan musik bagi bayi ternyata dapat menjadi langkah awal dalam mempelajari sesuatu. Penelitian mengatakan jika ketukan irama dan nada yang didengarkan kepada bayi secara rutin sebelum mereka dilahirkan, membuat bayi mulai belajar mengenai prinsip persepsi dan penalaran dasar seperti pengulangan, pergantian, dan perbandingan.

Tidak hanya itu saja, mendengarkan musik klasik mampu meningkatkan kecerdasan spasial anak. Sebab musik klasik dapat mengaktifkan regio otak pengatur kecerdasan spasial yakni dalam memahami matematika dan ruang. Dengan kata lain, memperdengaran musik klasik kepada bayi di dalam kandungan menjadi stimulus sebelum pada akhirnya bayi mendengarkan pola suara melalui indra yang dimilikinya setelah lahir nanti.

3. Membuat Ibu Hamil Menjadi Lebih Rileks

Kondisi lingkungan yang kurang mendukung atau banyak tekanan membuat seseorang mudah mengalami stress, tak terkecuali pada ibu hamil. Jika sudah begitu, tentu hal ini dapat memberikan dampak buruk baik Moms maupun janin yang berada di dalam kandungan. Banyak penelitian menunjukan jika ibu yang mengalami stres selama masa kehamilan dapat menyababkan bayi memiliki berat badan rendah, lahir prematur, hingga meningkatkan resiko perilaku saat berusia anak-anak.

Ketika mendengarkan musik klasik, Moms akan terasa lebih rileks dan tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat perasaan bahagia. Nantinya hormon tersebut akan ditransfer pada bayi melalui plasenta. Sehingga tidak hanya tingkat stress milik Moms saja yang berkurang namun juga janin.

4. Membuat Anak Menjadi Pribadi Yang Lebih Tenang

manfaat ibu hamil mendengarkan musik klasik
Sumber: Freepik.com

Musik klasik yang memiliki alunan nada yang lembut ternyata mampu membuat janin menjadi lebih tenang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Rene Vas de Carr, yang bekerja sebagai dokter kandungan mengatakan, ketika mendengar alunan musik yang disukai, ritme nafas bayi yang berada di dalam kandungan cendrung mengikuti alunan musik.

Tidak heran jika si kecil terbiasa mendengarkan musik dengan nada menenangkan, secara tidak langsung membentuk karakter anak agar menjadi lebih tenang. Dan sebaliknya jika bayi diperdengarkan musik bertempo cepat dan berirama keras, dapat membuat bayi menjadi sosok yang agresif, tidak tenang atau mudah gelisah selama proses pertumbuhannya nanti.

5. Meningkatkan Kemampuan Memori Anak

Janin yang berusia 20 minggu sudah mampu mendengar suara detak jantung, suara pencernaan ibu, pernafasan, pompa darah dan juga suara-suara yang berada di luar tubuh sang ibu. Itulah mengapa musik klasik yang mengalun dengan lembut disarankan untuk ibu hamil.

Jika bayi telah lahir nantinya, mereka akan mengingat bahkan terhibur dengan suara-suara yang pernah didengar selama di dalam kandungan. Sebuah studi mengatakan jika memperdengarkan musik yang sama saat bayi masih berada di dalam kandungan dapat memberikan ketenangan setelah bayi lahir. Bayi akan mencoba membuka matanya, membuat gerakan hingga berhenti menangis seolah-olah sedang mengingat musik yang pernah mereka dengar saat masih berada di dalam perut, Moms.

Cara Mendengarkan Musik Klasik Yang Benar

ibu hamil mendengarkan musik pakai headset
Sumber: Freepik.com

Ternyata mendengarkan musik klasik selama masa kehamilan tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa hal yang harus Moms ketahui sebelum memperdengarkan musik klasik bersama buah hati. Jika selama ini Moms mendengarkan musik klasik menggunakan headset sebaiknya segera hentikan. Ibu hamil mendengarkan musik pakai headset artinya hanya Moms saja yang menikmati musik klasik tersebut, namun tidak untuk sang bayi. Atau menempelkan headphone langsung ke atas perut juga tidak baik karena memberikan efek stimulus yang berlebihan untuk bayi.

Cara terbaik untuk menikmati musik klasik yakni dengan memainkannya di alat pemutar musik biasa melalui speaker. Tidak boleh ibu hamil mendengarkan musik keras dan intensitas yang besar. Moms cukup memutar musik klasik yang dapat didengar dalam satu ruangan atau volume suara biasa. Dengan begitu, Moms dan bayi akan dapat menikmati musik klasik dengan santai dan tenang sehingga dapat bermanfaat nantinya.

Maskipun demikian, Moms juga harus tahu jika mendengarkan musik klasik tidak serta merta menjadikan buah hati menjadi pribadi yang cerdas. Perlu adanya stimulus dari luar saat bayi telah lahir agar semakin perkembangan otak dan responnya semakin optimal.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Manfaat Bagi Ibu Hamil Dan Bayi Mendengarkan Musik Klasik"
related post
Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca

Anak Bayi Baru Lahir Cegukan Terus Kenapa Ini Bisa Terjadi?

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Namun apakah normal apabila cegukan dialami oleh bayi ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca