Maksimalkan Nutrisi Otak Anak Cerdas, Ini 7 Pilihan Makanan Yang Tepat

Waktu Baca: 4 menitRabu, 31 Juli 2019 11:00 WIB
Nutrisi Otak Anak Cerdas
Sumber: Pixabay.com/Dhanelle

Moms dan Dads pernahkah khawatir dengan kecukupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh si kecil? Hal tersebut wajar karena si kecil masih dalam usia pertumbuhan dan membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi otak anak cerdas. Walau secara umum masyarakat sudah mengetahui pentingnya nutrisi otak anak balita untuk dicukupi, masih banyak juga yang masih belum memahaminya. Pemilihan jenis makanan yang mengandung nutrisi otak anak terbaik memang tidak bisa sembarangan. Yuk mari simak pembahasannya!

1. Berikan Si Kecil Susu Dan Berbagai Produk Hasil Olahannya Ya, Moms

Berikan Si Kecil Susu Dan Berbagai Produk Hasil Olahannya Ya, Moms
Sumber: Pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri, susu menjadi nutrisi otak anak terbaik sampai kapan pun. Walau sudah tidak mengonsumsi ASI, sebaiknya Moms tetap memberikan si kecil asupan susu formula. Jika si kecil sudah mulai enggan mengonsumsi susu, cobalah berikan produk hasil olahannya. Misalnya, keju atau yogurt. Hal ini bisa membantu Moms memastikan bahwa nutrisi otak anak dalam susu tetap bisa mendukung pertumbuhannya lho.

2. Moms, Kandungan Protein Telur Juga Sangat Baik Untuk Kecerdasan Otak Anak

Moms, Kandungan Protein Telur Juga Sangat Baik Untuk Kecerdasan Otak Anak
Sumber: Pixabay.com/Emirkrasnic

Pernah dengarkah Moms bahwa nutrisi otak anak agar cerdas berkaitan dengan protein yang tinggi? Itulah sebabnya, telur pun menjadi jenis makanan bernutrisi yang banyak direkomendasikan bagi anak-anak. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan bisa membantu proses berpikir cerdas si kecil. Anak-anak biasanya juga gemar mengonsumsi telur karena bentuknya menarik dan warnanya unik. Nutrisi otak untuk anak yang diberikan oleh telur tidak hanya itu sebenarnya. Masih banyak hal bermanfaat lain yang bisa didapatkan.

3. Berbicara Otak Cerdas, Tentu Moms Harus Berikan Ikan Untuk Si Kecil

Berbicara Orak Cerdas, Tentu Moms Harus Berikan Ikan Untuk Si Kecil
Sumber: Pixabay.com/Congerdesign

Nutrisi untuk otak anak balita biasanya juga sering dihubungkan dengan konsumsi ikan. Apakah Moms sudah cukup sering memberi si kecil makan ikan? Memang banyak anak yang enggan makan ikan, karena berduri dan tentunya bau amis. Namun penting untuk Moms mengolahnya agar bagaimana si kecil mau makan ikan ini. Berbagai jenis ikan bisa dikonsumsi untuk mencerdaskan otak. Namun Salmon menjadi jenis ikan yang wajib dikonsumsi si kecil karena mengandung omega 3 yang sangat baik untuk otak anak.

4. Buah Beri Sangat Baik Meningkatkan Kecerdasan Juga Moms

Buah Beri Sangat Baik Meningkatkan Kecerdasan Juga Moms
Sumber: Pixabay.com/Public Domain Pictures

Selain terkandung dalam banyak jenis ikan, omega 3 juga bisa Moms dapatkan dari konsumsi buah beri. Buah beri ini banyak jenisnya, ada blueberry, redberry, strawberry, dan masih banyak lagi. Apapun jenisnya, buah beri sangat disarankan untuk si kecil. Kandungan omega 3 dari buah ini akan lebih mudah diterima olehnya, karena rasa buahnya yang manis. Wanginya pun menyegarkan dan warnanya sangat cerah. Jadi, wajar saja para balita tertarik mengonsumsinya.

5. Berikan Berbagai Sayuran Berwarna Terang Untuk Si Kecil Ya, Moms

Berikan Berbagai Sayuran Berwarna Terang Untuk Si Kecil Ya, Moms
Sumber: Pixabay.com/Flyupmike

Moms coba juga memperhatikan ya jenis sayur yang diberikan ke si kecil. Pilihlah makanan nutrisi otak untuk anak melalui berbagai sayuran dengan warna terang. Sayur berwarna terang ini diketahui memiliki kandungan yang sangat kaya mulai dari vitamin, antioksidan, dan banyak lagi. Anak yang dibiasakan mengonsumsi sayuran berwarna cerah, akan memiliki kemampuan berpikir otak yang lebih segar tentunya. Pastikan untuk memasukkan sayuran dalam daftar makanan nutrisi otak anak cerdas ya, Moms!

6. Moms, Jangan Lupa Untuk Memberikan Daging Bebas Lemak Lho

Moms, Jangan Lupa Untuk Memberikan Daging Bebas Lemak Lho
Sumber: Pixabay.com/Gate74

Sebelum mencapai bagian ini, pastinya banyak dari Moms yang bertanya-tanya kenapa daging tidak masuk sebagai makanan nutrisi otak anak? Jawabannya tentu saja daging juga termasuk karena kandungan proteinnya sangat baik untuk otak. Namun dari semua jenis daging, nutrisi otak anak terbaik akan diberikan oleh daging yang bebas lemak. Jadi pastikan untuk membeli daging bebas lemak, olah, dan berikan untuk dikonsumsi si kecil. Olahan yang paling direkomendasikan adalah olah daging dengan kecap agar manis dan disukai.

7. Ganti Konsumsi Nasi Si Kecil Dengan Beras Merah Atau Gandum Ya

Ganti Konsumsi Nasi Si Kecil Dengan Beras Merah Atau Gandum Ya
Sumber: Pixabay.com/Klimkin

Nasi putih memang memiliki nutrisi tapi tak signifikan untuk otak. Moms bisa mengganti nasi putih dengan asupan nutrisi otak anak agar cerdas seperti gandum atau beras merah. Keduanya menjadi nutrisi otak anak agar cerdas karena mengandung mineral tinggi, vitamin, dan membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Nah, sekarang waktunya Moms mulai menyusun rencana menu makanan si kecil nih. Pastikan menggunakan ragam bahan yang mengandung nutrisi otak untuk anak seperti yang sudah disebutkan di atas ya. Si kecil pun bisa mendapatkan nutrisi yang mendukung proses berpikirnya menjadi lebih kreatif, cerdas, dan pintar. Nah, bagaimana nih dengan Moms? Apakah punya rekomendasi sendiri mengenai makanan nutrisi otak anak? Yuk share di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Maksimalkan Nutrisi Otak Anak Cerdas, Ini 7 Pilihan Makanan Yang Tepat"
related post
7 Prinsip Pembelajaran Paud Untuk Maksimalkan Usia Emas Anak

Setiap tingkat pendidikan memiliki prinsip-prinsip pembelajaran di dalamnya. Dimana prinsip ini nantinya bisa menjadikan suatu ... Lanjut Baca