Makanan Nutrisi Tinggi Untuk Anak Supaya Tambah Gemuk Tapi Tetap Sehat

Waktu Baca: 5 menitSenin, 02 Agustus 2021 10:37 WIB
Makanan Nutrisi Tinggi
Sumber: xframe.io

Fase anak-anak merupakan tahap yang tepat bagi orang tua untuk memberikan mereka nutrisi yang tinggi dan seimbang. Pada tahap ini juga berat dan tinggi badan anak-anak harus ideal sesuai dengan perkembangan usianya. Meskipun demikan ternyata tidak sedikit anak-anak yang mengalami kekurangan nutrisi sehingga memiliki berat badan di bawah rata-rata. Bahkan untuk maksimalkan nutrisi otak anak cerdas dengan pililhan makanan tepat tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

Hal ini tentu membuat orang tua khawatir sebab bisa menjadi pertanda bahwa anak kurang sehat dan tentunya harus segera memperoleh asupan makanan bernutrisi tinggi agar tidak terganggu tumbuh kembangnya.

Lalu apa sebenarnya makanan nutrisi tinggi itu?

BACA JUGA:

Makanan nutrisi tinggi adalah segala bentuk bahan makanan yang mengandung zat-zat dan senyawa penting agar dapat mengoptimalkan fungsi organ tubuh dengan baik. Memberikan makan dengan jumlah banyak kepada anak bukan menjadi cara meningkatkan berat badan anak agar bertambah gemuk. Bahkan menjadi tidak bermanfaat jika makanan yang diberikan tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh anak.

Oleh karena itu penting untuk memperhatikan jenis makanan apa saja yang penting untuk dikonsumsi anak-anak, terutama bagi mereka yang memiliki berat badan rendah. Ternyata pemberian makanan nutrisi tinggi kepada anak-anak sudah bisa orang tua berikan sejak anak masih di dalam kandungan. Lantas apa saja jenis makanan nutrisi tinggi agar anak bertambah gemuk namun tetap sehat? Yuk disimak daftarnya di bawah ini!

1. Susu

makanan nutrisi tinggi untuk ibu hamil
Sumber: Pexels

Susu menjadi sumber makanan nutrisi tinggi untuk ibu hamil dan juga anak-anak. Susu banyak mengandung zat-zat penting bagi tubuh mulai dari kalsium, protein serta vitamin A, B, dan D. Agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi, disarankan untuk memberikan anak susu sebanyak 2 gelas setiap hari.

Susu juga merupakan makanan bergizi tinggi untuk anak balita. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin, tidak hanya kesehatan tulang dan gigi anak dapat terjaga, namun juga daya tahan tubuh menjadi semakin baik. Lemak yang terkandung di dalam susu juga membantu dalam meningkatkan berat badan anak agar terhindar dari malnutrisi dan rakitis.

Selain susu, produk olahan susu seperti keju dan yoghurt juga dapat diberikan kepada anak. Bahkan HappyFams dapat mengkreasikan susu dan olahannya menjadi cemilan enak kesukaan anak-anak.

2. Daging

Sumber makanan nutrisi tinggi untuk anak berikutnya yakni daging. Aneka jenis daging yang dijual di pasaran seperti daging sapi, ayam, dan kambing mengandung banyak nutrisi penting bagi perkembangan tubuh anak. Selain sebagai sumber kalori aneka jenis tersebut juga mengandung protein, lemak dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dengan begitu tubuh anak tidak hanya menjadi gemuk dan berisi namun juga perkembangan otot dapat terjaga. Mengolah daging untuk anak-anak tidaklah sulit. HappyFams dapat membuatnya menjadi nugget, bakso, atau mencampurnya ke dalam masakan lain yang digemari oleh anak-anak.

3. Pisang

makanan nutrisi tinggi rendah kalori
Sumber: Pexels

Bisa dikatakan jika pisang merupakan salah satu makanan nutrisi tinggi rendah kalori yang dapat menambah berat badan anak. Di dalam satu buah pisang berukuran sedang atau dengan berat sekitar 118 gram mengandung kalori sebanyak 105 kal, 27 gram karbohidrat, dan 0,4 gram lemak.

Selain itu pisang juga mengandung nutrisi tambahan berupa kalium, vitamin B6, dan serat. Buah pisang memang dapat dinikmati secara langsung. Namun HappyFams juga dapat menjadikan buah pisang sebagai minuman smooties yang segar bagi anak-anak.

4. Ikan

Tidak jauh berbeda dari daging, ikan juga salah satu sumber protein yang sangat baik untuk menambah berat badan anak. Menurut pada ahli gizi ikan mengandung lemak sehat lebih banyak jika dibandingkan dengan daging sapi dan ayam. Sangat cocok dijadikan makanan tinggi nutrisi untuk gemuk bagi anak ataupun orang dewasa.

Tidak hanya itu saja, ikan juga mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan dan perkembangan otak sehingga mampu mendukung kecerdasan anak. Ada beragam jenis ikan yang bisa dipilih mulai dari ikan air tawar maupun ikan laut. Perlu diingat biasanya makanan laut atau sea food dapat menyebabkan alergi. Oleh karena itu jangan sembarangan memberikan ikan kepada anak atau coba konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan alternatif makanan lain pengganti ikan.

5. Nasi

makanan nutrisi tinggi untuk ibu menyusui
Sumber: Pexels

Nasi merupakan makanan wajib tidak boleh terlewatkan untuk diberikan kepada anak agar berat badannya bertambah tapi tetap sehat. Nasi juga tidak hanya penting bagi anak saja namun juga menjadi makanan nutrisi tinggi untuk ibu menyusui karena dapat menjadi sumber energi. Tapi perhatikan juga ada makanan penghambat tinggi badan yang harus dihindari ya HappyFams.

Di dalam satu porsi nasi mengandung sekitar 200 kalori dan juga karbohidrat yang bermanfaat untuk tubuh. Karbohidrat yang terkandung di dalam nasi lebih cepat dipecah menjadi partikel gula, sehingga lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak.

Sebagian besar nasi dikonsumsi bersama dengan lauk pauk dan sayur mayur. Namun tidak ada salahnya mengkreasikan nasi menjadi menu makanan lain seperti resep nasi goreng, nasi tim, nasi bakar dan lainnya. Sebaiknya sesuaikan porsi nasi dengan usia anak agar tidak terlalu kekenyangan.

Selain daftar makanan di atas, HappyFams juga harus memperhatikan aktivitas anak. Anak yang cendrung aktif biasanya cukup sulit untuk menaikkan beratnya. Tidak ada salahnya meningkatkan jumlah asupan makanan bernutrisi tinggi tersebut ke dalam menu makan anak. Atur juga waktu istirahat anak agar mereka tidak terlalu lelah menjalankan aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat ya, HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Makanan Nutrisi Tinggi Untuk Anak Supaya Tambah Gemuk Tapi Tetap Sehat"
related post
7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca

Menakjubkan! Hanya Mengikuti Menu Diet Sederhana, Seminggu Turun 10 Kg

Semua orang tentu menginginkan tubuh ideal, tidak pandang pria atau wanita, sehingga beragam menu Lanjut Baca