Lelah Gendong Bayi? Berikut Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus

Waktu Baca: 5 menitKamis, 09 September 2021 11:22 WIB
Bedongan Bayi
Sumber: babystudio.com.au

Kain bedong merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib dimiliki. Bedong sendiri merupakan salah satu teknik menghangatkan bagi bayi baru lahir dengan menggunakan kain bedong atau swaddle. Menurut The American Academy of Pediactrics (AAP), membedong menjadi salah satu cara efektif agar bayi tertidur dengan nyenyak. Meskipun begitu teknik yang dilakukan harus baik dan benar.

Tidak sedikit orang bertanya apakah bedong bayi perlu atau tidak? Di Indonesia sendiri kain bedong telah digunakan sejak zaman duhulu secara turun temurun. Bahkan tidak sedikit yang meyakini jika membedong bayi dapat meluruskan kaki dan mencegahnya menjadi O atau bengkok. Lain lagi di luar negeri, jika kaki bayi diluruskan secara paksa dapat mengakibatkan hip dysplasia atau kelainan tulang pinggul. Selain bedong bayi, tidak ada salahnya juga memperhatikan gendongan bayi yang banyak digunakan ibu muda saat ini.

Terlepas dari itu ternyata melakuan bedong pada bayi tidaklah mudah terutama bagi ibu muda. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk membedong bayi, mulai dari membentangkan kain bedongan bayi, melipat bagian sudut hingga membungkus bayi dengan kain bedong. Tidak hanya itu, harus diperhatikan juga bahwa bedongan bayi harus kencang namun tidak boleh terlalu ketat, dan pastikan bayi masih dapat menekukkan kaki secara bebas meskipun sedang dibedong.

Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus

BACA JUGA:

Mengenal Bedongan Instan Yang Praktis

Seiring berkembangnya zaman saat ini sudah tersedia bedongan bayi instan yang tentunya semakin mempermudah bedong pada bayi. Berbeda dengan bedongan kain bayi pada umumnya, Moms tidak perlu membentangkan kain lebar untuk membedong bayi. Bedong instan dibuat untuk mempersingkat membedong bayi tanpa perlu khawatir bayi merasa sesak. Ada beragam model bedong instan yang bisa dipilih untuk bayi, Moms.

1. Bedongan Blanket

ukuran bedongan bayi
Sumber: Yandex

Sekilas bedongan bayi ini terlihat seperti bedongan pada umumnya. Hanya saja Moms tidak perlu membuat lipatan-lipatan pada kain yang biasa dibuat pada bedong kain. Selain itu, Moms juga tidak perlu melilitkan kain bedong ke tubuh bayi seperti yang biasa dilakukan pada kain bedong biasa.

Hal ini dikarenakan model bedongan blanket telah dilengkapi oleh perekat atau velcro yang dapat diatur tingkat kerapatannya. Ukuran bedongan bayi ini cukup bervariasi tinggal sesuaikan saja dengan ukuran tubuh bayi.

2. Bedongan Woombie

bedongan bayi yang bagus
Sumber: Yandex

Bedongan woombie menjadi bedongan bayi yang bagus untuk newborn. Bedongan ini dirancang seperti kantung embrio sehingga membuat bayi merasa nyaman layaknya sedang berada di dalam perut ibu. Selain itu, pada bagian bawah dibuat lebih lebar dan longgar agar kaki bayi dapat bergerak dengan leluasa.

Mengenakan bedongan woombie tidaklah sulit. Moms hanya perlu memasukkan tubuh bayi ke dalam bedongan kemudian tutup menggunakan resleting. Kelebihan lain dari bedongan ini yakni terdapat two-way zipper sehingga Moms dapat mengganti popok bayi dari bagian resleting bawah bedongan tanpa harus membukanya dari bagian atas.

3. Bedongan Model Kantung Tidur

bedongan bayi polos
Sumber: Yandex

Bedongan instan bayi berikutnya adalah model kantung tidur. Sekilas bedongan ini mirip dengan bedongan woombie, hanya saja bedongan ini dibuat sebagai kantung tidur yang membuat bayi tetap nyaman serta tidak mudah terbangun akibat reflek terkejut.

Bedongan ini juga dilengkapi oleh lubang untuk lengan bayi agar dapat bergerak bebas ketika sedang tidur. Sangat cocok dikenakan oleh bayi usia 2-3 bulan yang telah aktif bergerak. Bedongan model kantung tidur ini hadir sebagai bedongan bayi polos ataupun motif yang lucu. Tinggal pilih sesuai dengan selera, Moms.

Jenis Bahan Material Kain Bedongan

Tidak hanya modelnya yang beragam, ternyata kain bedongan bayi juga hadir dengan beragam jenis. Agar bayi tetap merasa nyaman saat mengenakan bedongan, berikut beberapa jenis kain untuk bedong yang bisa Moms pilih.

1. Cotton Muslin

Bahan ini terbuat dari serat kapas yang sangat aman untuk kulit bayi baru lahir. Salah satu kelebihan dari kain cotton muslin ini yakni ringan dan mudah menyerap keringat sehingga cocok dikenakan saat udara panas. Meskipun bayi sedang dibedong, kulit bayi akan tetap dingin karena cotton muslin dapat menjaga temperatur tubuh bayi dengan baik.

2. Serat Bambu

Siapa sangka saat ini telah banyak banyak produsen kain menggunakan serat bambu sebagai bahan baku kain. Kain yang berasal dari serat bambu ini terbukti lebih lembut dibandingkan dengan kain cotton muslin. Selain itu, kain ini tergolong hypoallergenic sehingga sangat cocok untuk kulit bayi yang sensitif.

Bahkan kain dari serat bambu ini memiliki kemampuan antibakterial alami yang aman untuk bayi. Tidak heran jika harga bedongan bayi yang terbuat dari serat bambu cukup mahal jika dibandingkan dengan kain jenis lainnya.

3. Polyester

Bahan polyester juga banyak ditemukan pada beberapa jenis bedongan. Selain lembut, kain polyester juga kuat sehingga memiliki daya tahan yang tinggi. Tidak hanya itu saja, polyester sangat fleksibel sehingga bayi dapat dengan mudah menggerakan tangan dan kakinya tanpa merasa kurang nyaman saat memakai bedong.

Bedong polyester terbukti tahan terhadap lipatan, cepat kering serta tidak mudah untuk menyusut.

BACA JUGA: Bahasa Isyarat Bayi Ini Sering Disalahartikan

Bedongan bayi instan tidak hanya untuk menghangatkan tubuh bayi namun bisa juga praktis dan mudah dibawa ke manapun. Bahkan beberapa model bedongan juga dapat dimodifikasi menjadi kain penutup ketika Moms harus menyusui di ruangan menyusui, sebagai alas tidur, dan lainnya. Namun hal terpenting yang harus diperhatikan juga saat memilih kain bedongan bayi instan yakni pastikan kualitas kain bedongan baik serta memberikan kenyamanan pada kulit bayi.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Lelah Gendong Bayi? Berikut Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus"