Lakukan 7 Tips Puasa Untuk Asam Lambung Ini Agar Ibadah Makin Lancar!

Waktu Baca: 4 menitSenin, 13 Mei 2019 14:35 WIB
Tips Puasa Untuk Asam Lambung
Sumber: Freepik.com

Bagi sebagian besar umat Muslim di dunia, Bulan Ramadhan menjadi momen yang paling ditunggu kedatangannya. Selain mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, umat Muslim yakin jika pahala yang diperoleh pada Bulan Ramadhan akan berlipat-lipat. Sebagai umat Muslim, wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa selama Bulan Ramadhan berlangsung.

Tahukah Moms, saat berpuasa kita memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk "beristirahat" sejenak dalam mencerna makanan. Beberapa penelitian telah membuktikan jika melakukan puasa akan memberikan banyak manfaat kesehatan pada tubuh manusia. Salah satunya yaitu membakar kalori secara efisien untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sistem pencernaan yang buruk akan menghambat proses metabolisme, sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi tidak efisien.

Bagi Moms yang ingin menjalankan ibadah puasa namun mempunyai asam lambung, tidak perlu khawatir. Sebuah penelitian menyatakan jika puasa baik untuk asam lambung, sebab saat berpuasa pola makan sudah terjadwal sedemikan rupa. Asam lambung hanya akan meningkat pada minggu pertama di bulan Ramadhan saja. Nah, untuk memastikan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar di minggu pertama bulan Ramadhan, ada baiknya Moms ikuti tips-tips berikut ini ya!

1. Jangan Pernah Melewatkan Waktu Sahur Ya, Moms!

jangan melewatkan waktu sahur
Sumber: Pexels.com/Rawpixel.com

Puasa untuk penderita maag bisa menjadi hal yang "menakutkan". Namun hal tersebut bisa dicegah dengan tidak melewatkan waktu sahur selama bulan Ramadhan. Bisa dibayangkan jika Moms tidak mengisi perut dengan makanan saat sahur, sudah dipastikan asam lambung akan naik dan pastinya itu sangat mengganggu kegiatan ibadah selama bulan Ramadhan.

2. Segeralah Berbuka Puasa Jika Waktunya Telah Tiba

segera berbuka ketika waktunya tiba
Sumber: Pexels.com/Rawpixel.com

Setidaknya lebih dari 12 jam tubuh tidak menerima asupan makanan dan mengeluarkan kalori yang cukup banyak. Segera isi perut Moms saat berbuka puasa untuk penderita asam lambung dengan meminum air putih terlebih dahulu agar perut tidak "terkejut" saat menerima makanan nantinya. Ada baiknya konsumsi makanan dan minuman ringan yang tidak terlalu pedas, asam ataupun minuman berkarbonasi untuk mencegah naiknya asam lambung.

3. Nikmati Makanan Secara Perlahan Dan Dengan Porsi Kecil

makan perlahan dan porsi kecil
Sumber: Pexels.com/Mentatdgt

Saat berpuasa tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Namun itu bukan alasan untuk melakukan "balas dendam" untuk makan apapun saat berbuka puasa. Bagi Moms yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya makan secara perlahan. Jangan terburu-buru dan usahakan saat makan makanan berat seperti nasi ambil dalam porsi kecil. Kegiatan makan yang dilakukan secara cepat serta dalam porsi yang banyak malah akan menaikan asam lambung. Hal tersebut juga berlaku saat sahur, usahakan untuk tidak makan mendekati waktu imsak supaya Moms mempunyai waktu untuk menguyah makanan secara perlahan.

4. Pilih Makanan Yang Tidak Memicu Kenaikan Asam Lambung Saat Berbuka Atau Sahur

makanan pemicu asam lambung naik
Sumber: Pexels.com/Chan Walrus

Saat berbuka puasa, segala jenis makanan biasanya akan tersedia di atas meja makan. Moms perlu hati-hati saat memilih makanan yang ingin dimakan saat berbuka puasa. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung santan, pedas, dan sayuran yang menghasilkan gas seperti kol. Perlu diingat Moms, salah satu faktor meningkatnya asam lambung selama puasa adalah pemilihan makanan yang tidak tepat.

5. Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur!

jangan tidur setelah sahur
Sumber: Pexels.com/Craig Adderly

Biasanya sebagian besar orang memutuskan untuk melanjutkan tidurnya setelah sahur. Namun, Moms yang menderita maag sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Waktu yang ideal untuk tidur kembali yaitu 3 jam setelah makan. Jika kurang dari 3 jam bisa dipastikan asam lambung akan naik bersamaan dengan makanan yang telah dimakan saat sahur. Untuk bisa menikmati manfaat puasa untuk asam lambung usahakan untuk tidak langsung tidur setelah sahur ya Moms.

6. Konsumsi Makanan Yang Bergizi Tinggi

konsumsi makanan bergizi tinggi
Sumber: Pexels.com/Trang Doan

Menyegerakan berbuka puasa dan tidak melewatkan waktu sahur bisa mengatasi masalah nyeri lambung akibat asam lambung naik yang Moms alami. Selain itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan bagi penderita maag. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu Moms dalam menjalankan ibadah puasa serta melakukan segala macam aktivitas sehari-hari tanpa ada halangan. Ada banyak lho, resep masakan rumahan sehat yang bisa Moms coba sebagai menu sahur dan berbuka puasa sehat bagi keluarga.

7. Jika Asam Lambung Semakin Parah, Sebaiknya Minum Obat Dengan Teratur

minum obat secara teratur
Sumber: Pexels.com/Jeshoots.com

Bagi Moms yang memang mempunyai riwayat maag akut, cara-cara di atas belum tentu bisa mengurangi asam lambung yang naik saat berpuasa. Ada baiknya untuk tidak melewatkan meminum obat sakit maag secara teratur. Saat bulan Ramadhan, minumlah obat saat berbuka puasa dan saat sahur. Jika dirasa asam lambung tidak membaik dan tidak tertahankan, sebaiknya Moms harus pergi ke dokter untuk segera mendapatkan tindakan secepatnya agar tidak menjadi semakin parah di kemudian hari.

Dengan mengikuti cara-cara di atas Moms tidak perlu takut dan khawatir saat menjalankan ibadah puasa. Informasi tambahan buat Moms, manfaat puasa untuk asam urat dapat dirasakan juga bagi Moms yang mengalami masalah nyeri sendi. Berpuasa akan membatasi jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh termasuk zat purin sehingga terhindar dari asam urat. Zat purin sendiri dapat ditemukan pada kepiting, udang, ayam, daging sapi, dan kambing. Jadi jangan takut asam lambung naik saat berpuasa ya.

Nah, apakah Moms juga memiliki masalah yang sama dan punya tips sendiri untuk mengatasinya? Yuk share di kolom komentar.Selamat menjalankan ibadah puasa, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Lakukan 7 Tips Puasa Untuk Asam Lambung Ini Agar Ibadah Makin Lancar!"