Kewajiban Penting Suami Saat Istri Hamil, Calon Ayah Wajib Tahu Ini

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 22 Maret 2019 17:04 WIB
Kewajiban Suami Saat Istri Hamil
Sumber: Pinterest.com

Tahukah Dads? Ada banyak hal penting yang harus dilakukan Dads saat Moms sedang dalam fase hamil. Usia kehamilan yang bertambah setiap harinya tentu akan membutuhkan penanganan yang tepat. Jadi, bagi Dads yang sedang dalam proses menjadi ayah, yuk ketahui dan pahami dulu 11 kewajiban suami saat istri hamil berikut ini!

1. Atur Waktu Untuk Konsultasi Ke Dokter

Hal pertama yang paling penting dan harus dads lakukan adalah mulai mengatur waktu untuk melakukan kunjungan ke dokter kehamilan. Tentu saja akan banyak hal baru yang wajib Dads pahami saat memeriksakan Moms ke dokter agar proses kelahiran berjalan lancar dan bayi tetap sehat sampai proses lahiran. Bekerjasamalah dengan Moms untuk mengatur waktu kunjungan ke dokter kandungan secara rutin. Bagi yang masih sulit mengelola waktu kerja dan melakukan kunjungan, cobalah untuk menggunakan waktu libur.

2. Rajin Mencari Referensi Tentang Proses Kehamilan

Tentunya sebagai seorang suami dan calon ayah, Dads juga harus paham pengetahuan dasar tentang fase kehamilan. Misalnya, mengetahui apa saja permasalahan dan berbagai keluhan yang mungkin terjadi selama masa kehamilan. Walaupun kedengarannya sepele, ini adalah peran yang sangat penting dan salah satu kewajiban suami saat istri hamil, lho! Dan tentu saja, Dads juga harus tahu bagaimana cara mengatasi atau menemukan solusi atas permasalahan yang mungkin ditemui selama fase kehamilan Moms. Jadi, jangan malas, Dads! Apalagi kini sudah banyak referensi seputar kehamilan yang bisa dijadikan sumber bacaan. Pastikan sumber tersebut valid dan informasinya bisa dipertanggung jawabkan ya!

3. Pandai Dalam Pengelolaan Keuangan Untuk Mempersiapkan Kelahiran

mengelola keuangan kelahiran
Sumber: Entrepreneur.com

Dads juga harus pandai dalam mengelola keuangan selama istri sedang dalam proses kehamilan. Kenapa? Karena pastinya nanti akan ada banyak sekali pengeluaran dan keperluan yang diperlukan untuk pengecekan dan masa melahirkan lho! Sebisa mungkin, Dads harus bisa menyisihkan uang dan menabung untuk keperluan tak terduga selama kehamilan. Karena, menjaga istri dan calon bayi adalah salah satu kewajiban suami saat istri hamil yang harus terpenuhi dengan baik. Jadi, Dads harus lebih semangat ya!

4. Menjaga Istri Agar Tetap Bugar Dan Sehat

Walaupun Dads dipastikan sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, tapi jangan lupa untuk tetap rutin menjaga, serta mengontrol kesehatan istri, ya. Karena, Moms yang sehat juga akan menghasilkan kehamilan yang terawat dan calon bayi yang sehat juga. Jadi, Dads setidaknya harus menjaga Moms walaupun sedang tidak dirumah. Caranya? Tanyakan saja jika Moms sudah makan atau belum atau tanyakan bagaimana keadaanya. Jika perlu jadilah suami yang tanggap jika ingin menjaga kesehatan sang istri dengan baik.

5. Jauhkan Pasangan Dari Barang-Barang Berbahaya

Menjadi seorang suami dan calon ayah, Dads harus tanggap dalam segala situasi dan kondisi. Termasuk ketika meninggalkan istri sendirian di rumah. Jika perlu, hindari barang-barang bahaya yang bisa sewaktu-waktu melukai sang istri di rumah. Cobalah menjaga istri untuk tidak selalu berurusan dan menyentuh banyak peralatan berbahaya di rumah, ya!

6. Cobalah Untuk Menyenangkan Hati Pasangan

menyenangkan istri hamil
Sumber: Unsplash.com

Sebagai pasangan yang baik dan salah satu kewajiban suami saat istri hamil, adalah untuk menjaga pasangan dari masalah stres. Untuk menyenangkan hati pasangan yang sedang hamil tidak susah kok. Dads hanya perlu meluangkan waktu sejenak untuk bercengkrama, membawanya berjalan-jalan, dan membuat dirinya merasa dipedulikan. Ketahuilah bahwa istri yang sedang hamil suasana hatinya akan lebih cenderung berubah-ubah. Ini dikarenakan hormon kehamilan yang naik turun. Dan inilah peranan Dads sebagai pasangan agar bisa membuat mereka merasa selalu nyaman dan bahagia.

7. Ikut Mendukung Istri Dengan Mengikuti Olahraga Kehamilan

Siapa sangka melakukan olahraga secara rutin akan mempermudah persalinan sang istri nantinya. Jadi, jangan malas untuk mencari tahu dimana tempat atau pusat kebugaran yang khusus untuk ibu-ibu hamil ya, Dads! Cobalah selalu meluangkan waktu, seperti ketika weekend jadwalkan untuk mengantar istri berolahraga rutin agar persalinan nanti bisa lancar dan tidak mengalami banyak kendala. Ini juga baik untuk menjaga kesehatan dan stamina ibu hamil lho, ya! Tidak perlu olahraga yang berat, jalan kaki keliling komplek juga sudah baik untuk latihan kesehatan untuk si bumil.

8. Menyiapkan Program Kesehatan

Ada banyak jenis asuransi dan layanan kesehatan dimana kita bisa memilih bagaimana dan layanan apa saja nantinya diperlukan selama kehamilan. Jadi, jangan lupa untuk menentukan layanan apa yang Dads harus persiapkan untuk ibu dan calon bayi. Jangan sungkan juga untuk melakukan riset lebih mendalam soal layanan asuransi kesehatan yang terpercaya untuk keluarga. Bila perlu, siapkan segera di awal kehamilan agar memudahkan finansial saat proses lahiran nanti. Mempersiapkan di awal lebih baik daripada Dads harus mengalami masalah di kemudian hari, bukan?

9. Memastikan Moms Mendapatkan Istirahat Yang Cukup

waktu istirahat istri hamil
Sumber: Unsplash.com

Jangan lupa untuk memperhatikan pola istirahat sang istri ya, Dads. Karena, istri membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa selalu bugar dan tidak mempengaruhi kesehatan janin nantinya. Jadi, cobalah untuk selalu bersikap peduli terhadap kesehatan istri dan jangan hanya sibuk dengan pekerjaan saja. Istri yang sedang hamil, sangat butuh perhatian lho, Dads! Jadi, cobalah sesekali untuk mencari tahu bagaimana kondisi kesehatan Moms dan mencari tahu bagaimana pola istirahatnya. Jika perlu cobalah membantu pekerjaan Moms jika Dads sudah berada dirumah ya!

10. Mengetahui Perubahan Selama Masa Kehamilan

Akan ada banyak hal yang berubah selama masa kehamilan yang harus Dads ketahui agar nantinya tidak menimbulkan masalah. Jadi, cobalah untuk selalu mencari tahu dan mengkonsultasikan apa yang tidak Dads ketahui agar tidak menjadi masalah lain kedepannya. Apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama, pastinya butuh hal yang akurat dan persiapan yang matang. Misalnya saja, ketika istri mendapatkan masalah morning sickness, Dads tidak lagi khawatir jika sudah mengetahui apa dan mengapa ini terjadi bukan? Sehingga Dads bisa mengatasi semua problem yang muncul saat Moms hamil dengan lebih baik. Siap jadi suami siaga kan, Dads?

11. Kenali Tata Cara Perawatan Bayi Pasca Lahir

Jangan lupa untuk mencari sumber informasi dan mengenali bagaimana cara merawat bayi pasca lahir. Karena, Dads juga memiliki peran besar dalam merawat bayi pasca lahir, lho! Apalagi jika kondisi Moms nantinya masih lemah pasca lahiran. Dan tentunya, siapkan juga peralatan yang dibutuhkan bayi minimal sebulan sebelum perkiraan lahiran. Ini dilakukan agar nantinya Dads dan Moms tidak lagi repot dan bisa menyambut sang buah hati dengan lebih fokus.

Nah, demikianlah 11 kewajiban suami saat istri hamil yang perlu Dads ketahui. Jangan lupa untuk tetap belajar dan lebih waspada terhadap kondisi pasangan apalagi di saat trimester pertama dan terakhir.

Bagaimana Dads, punyakah pengalaman menarik seputar kehamilan Moms yang ingin dibagikan kepada Dads lainnya? Share di komentar atau bagikan artikel ini ke Dads lainnya ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Kewajiban Penting Suami Saat Istri Hamil, Calon Ayah Wajib Tahu Ini"
related post
Mitos Dan Fakta Jenis Kelamin Bayi Yang Terjadi Oleh Ibu Hamil

Sudah sejak lama banyak mitos berkembang terkait tentang kehamilan yang berlaku turun temurun di Indonesia. ... Lanjut Baca

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Ini Penyebab Dan Tanda-Tandanya

Pada kondisi normal kehamilan identik dengan adanya bayi di dalam rahim ibu, namun dalam dunia ... Lanjut Baca