Kerja Remote Dari Rumah Makin Produktif Dengan 7 Aplikasi Berikut!

Waktu Baca: 5 menitRabu, 08 April 2020 09:35 WIB
Kerja Remote Dari Rumah
Sumber: Freepik.com

Happinest.id - Bekerja dari rumah atau dikenal dengan istilah remote working menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak diminati. Remote working adalah pekerjaan yang dikhususkan bagi mereka yang tidak dapat meninggalkan rumah dengan alasan ingin terus bersama keluarga, sehingga kebanyakan pekerjaan mereka berhubungan di bidang online.

Tidak hanya itu saja, kerja remote bagi generasi milenial dapat mengembangkan kreativitas dengan cara menikmati suasana baru dan nyaman tanpa adanya rasa diawasi atau bisa menjadi strategi pekerjaan baru saat di rumah. Nah, untuk mempermudah pekerjaan remote dibutuhkan pula aplikasi work from home berikut agar bekerja semakin produktif. Mari simak daftarnya!

1. Slack, Memudahkan Komunikasi Bersama Tim Virtual Lainnya

Bekerja dari rumah terdapat kesulitan dalam menyingkronkan antara pekerja satu dengan lainnya. Untuk itu dibutuhkan media komunikasi yang bisa melakukan diskusi jarak jauh secara real-time, serta mengakomodir segala koordinasi kerja. Slack hadir untuk mendukung para pekerja sebagai sebuah aplikasi komunikasi dengan sistem kerja tim. Melalui aplikasi Slack ini juga, HappyFams dapat membentuk sebuah tim kerja yang berisikan beberapa anggota.

Fungsinya, tidak hanya untuk berkirim pesan secara real-time, Slack juga dilengkapi dengan fitur melihat proses kerja yang sedang dikerjakan dan berbagi berkas sehingga suatu projek dapat dilihat secara transparan. Selain itu, Slack juga mempunyai fitur Channel yang berfungsi mengklasifikasikan diskusi berdasarkan tujuan pembahasan, dapat bersifat pribadi atau universal cukup sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan HappyFams.

2. Project Management: Trello & Asana


Trello

remote working adalah
Sumber: Mobileblog.abbyy.com

Memang sulit mengetahui dan mengatur pekerja yang bekerja di rumah saat social distancing, meskipun begitu proyek kerjaan harus segera diselesaikan. Untuk mengatur proyek tersebut bisa dilakukan dalam satu tempat hanya dengan menggunakan aplikasi Trello.

Cara kerja Trello kurang lebih sama dengan papan tulis yang berisi tugas-tugas pribadi atau tim secara keseluruhan. Trello dilengkapi dengan 4 fitur utama yakni Board, Lists, Cards dan Menu, sehingga HappyFams dapat membuat project management lebih efisien, praktis dan mudah fleksibel.

Asana

Bekerja dalam sebuah tim memang dibutuhkan kerja sama yang baik sehingga dibutuhkan aplikasi project management seperti Asana. Aplikasi ini sangat berguna bagi HappyFams yang kerja di rumah online untuk mengatur task list atau project list dengan tampilan sederhana dan user friendly sehingga mudah dalam pengoperasiannya.

Meskipun sederhana, fitur yang tersedia cukup lengkap mulai dari ukuran web bisa disesuaikan dengan layar gadget, multiple workspaces, people view, follow taks or projects, real time, terdapat shortcut untuk keyboard dan masih banyak fitur lainnya. Tidak heran jika Asana menjadi aplikasi project management paling banyak digunakan oleh pekerja remote.

3. G-Suite, Aplikasi Sharing Dokumen & File Management

G Suite milik Google ini berguna untuk menyelesaikan masalah produktivitas yang biasa terjadi pada perusahaan atau organisasi. Di dalamnya berisi beragam produk mulai dari email, pembuatan presentasi atau dokumen, kalender, drive dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sangat membantu para pekerja yang membutuhkan pengiriman pekerjaan seperti dokumen dengan cepat bahkan dapat diakses oleh akun lain yang telah terdaftar sebelumnya. Aksesnya cukup mudah bisa dilakukan pada desktop maupun handphone.

4. Team Viewer, Remote Desktop Management

TeamViewer sangat dibutuhkan untuk yang sedang work from home karena dapat menjadi remote desktop dalam mengakses dan mengendalikan komputer menggunakan koneksi internet. Biasanya aplikasi ini banyak dipakai oleh staff IT agar dapat mengakses, mengendalikan serta menyelesaikan masalah yang terjadi pada komputer klien tanpa harus mendatanginya.

5. Time Tracker: Time Doctor & Toggl


Time Doctor

Sulit mengatur waktu saat bekerja di rumah, Time Doctor bisa menjadi solusi mengelola waktu ketika sedang bekerja. Time Doctor bisa diaktifkan saat HappyFams mulai bekerja dan saat beristirahat dapat dihentikan sementara. Keistimewaannya adalah memiliki fungsi mengirim pemberitahuan jika HappyFams menyelesaikan task yang tidak sesuai dengan pekerjaan agar bisa direvisi.

Toggl

kerja remote online
Sumber: Toggl.com

Terkadang bekerja dari rumah membuat HappyFams menjadi kurang fokus karena banyaknya gangguan sehingga membuat pekerjaan menjadi terhambat. Salah satu bentuk gangguan tersebut adalah anak di rumah, atau bermain media sosial.

Nah, untuk mengatasinya HappyFams bisa menggunakan aplikasi Toggl untuk mengatur waktu kerja sesuai dengan keinginan dengan cara memberi peringatan tentang kapan waktu untuk berhenti dan memulai pekerjaan kembali, waktu beristirahat hingga waktu untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

Semua aktivitas yang HappyFams lakukan akan terekam semua oleh Toggl, sehingga kita dapat melihat berapa banyak waktu yang telah dipakai setiap harinya, mulai dari lamanya bekerja, waktu saat berhenti, atau berapa lamanya ketika istirahat. Toggl menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki HappyFams terutama yang sulit dalam mengatur waktu ketika sedang bekerja di rumah dan aplikasi ini dapat di-instal pada handphone atau laptop.

6. Productivity: Forest & Tomato Timer

kerja di rumah aja
Sumber: Factorytwofour.com

Forest

Handphone menjadi alat komunikasi yang paling banyak diminati semua kalangan, bahkan banyak orang menjadi kecanduan sehingga mengabaikan pekerjaan penting sekalipun. Untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja, tidak ada salahnya mencoba aplikasi Forest yang dapat membantu HappyFams untuk tidak melihat handphone secara terus menerus.

Cara kerjanya sangat mudah, HappyFams menanam benih di mana benih tersebut akan tumbuh jika handphone dalam keadaan mati, jika handphone menyala justru dapat membuat tanaman mati.  Jangka waktu tumbuh tanaman dapat diatur dan jika berhasil akan ada koin sebagai hadiah. Menarik bukan aplikasi ini? Selain bikin lebih produktif, juga mudah digunakan!

Tomato Timer

Aplikasi timer ini dapat membantu meningkatkan produktivitas HappyFams untuk fokus dalam bekerja selama 25 menit. Tidak hanya itu saja, Tomato Timer juga mempunyai fitur waktu untuk break atau beristirahat selama 20 atau 30 menit. Jika ditotal secara keseluruhan Tomato Timer dapat membantu seseorang mengatur waktu bekerja selama 2 jam 30 menit. Teknik ini sangat berguna untuk HappyFams yang bekerja sebagai penulis, akuntan bahkan pelajar sekalipun.

7. Video Conference Calls


Zoom

Social distancing yang diberlakukan di beberapa negara guna mencegah penyebaran virus corona membuat banyak perusahaan melakukan kebijakan dengan menerapkan work from home. Namun ada kalanya harus melaksanakan meeting atau pertemuan guna membahas pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah tersedia aplikasi Zoom yang dapat digunakan untuk melakukan video conference dengan lebih dari 3 orang. Sehingga HappyFams dapat melakukan meeting meski sedang kerja di rumah aja tanpa harus bertemu dengan rekan kantor.

Aplikasi Zoom mempunyai kualitas video dan audio yang cukup baik serta dapat di-instal pada perangkat laptop, komputer desktop, atau handphone sekalipun. Selain itu, aplikasi Zoom juga mempunyai fitur menarik lainnya, untuk dapat mengirim gambar, teks, audio atau video. Bahkan, untuk Zoom yang terpasang pada perangkat desktop memiliki fitur tambahan yaitu dapat mengubah background saat sedang melakukan video conference.

Itulah tadi sederet aplikasi yang harus dimiliki oleh HappyFams saat bekerja dari rumah. Memang tidak semua aplikasi di atas dipergunakan oleh semua kalangan, namun alangkah lebih baik bisa menguasai aplikasi tersebut demi menunjang pekerjaan semakin lebih optimal. Bila ingin laptop HappyFams selalu dalam performa maksimal saat work from home, silahkan baca panduannya di tautan ini. Semoga bermanfaat, dan silahkan share ke teman HappyFams ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Kerja Remote Dari Rumah Makin Produktif Dengan 7 Aplikasi Berikut!"