Kenali Ciri-Ciri Bayi Sehat Baru Lahir Ini, Bekal Merawat Si Kecil

Waktu Baca: 4 menitSenin, 24 Mei 2021 10:22 WIB
ciri ciri bayi sehat
Sumber: xframe.io

Sebagai orang tua baru, terkadang kita sulit membedakan ciri-ciri bayi sehat seperti apa, sehingga muncul kekhawatiran dalam diri. Apalagi ketika si kecil menangis, padahal beberapa tangisan bayi dianggap wajar sebagai bentuk komunikasi mereka terhadap para orang tua.

Pada beberapa anak, bahkan ketika hendak tumbuh gigi atau akan berjalan lebih dulu mengalami demam yang tergolong masih wajar. Kondisi ini memang tidak terjadi pada semua bayi, namun bagi Moms dan Dads dengan kondisi buah hati begini sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk lebih pasti.

Ketika setelah imunisasi, ada beberapa bayi mengalami demam, namun beberapa lainnya tidak bereaksi apa-apa. Kunci utama dalam mengenali gejala sakit dan sehat buah hati adalah mengenali kekebalan tubuh si kecil terlebih dahulu, baru kemudian tahu kondisinya.

Moms and Dads, Kenali Ciri-ciri Bayi Sehat Berikut ini!

Moms maupun Dads, jangan pernah samakan kondisi si kecil dengan anak orang lain, ya. Setiap anak memiliki kemampuan berbeda-beda, yang penting jika si kecil memenuhi ciri-ciri berikut maka dipastikan mereka sehat-sehat saja:

BACA JUGA:

1. Berat Badan Naik

Untuk memeriksa apakah berat badan anak naik secara berkala bisa dilakukan ketika melaksanakan imunisasi setiap bulan. Biasanya pada saat baru lahir, beberapa bulan ke depan ada jadwal imunisasi yang secara otomatis memeriksa berat badan dan tinggi si kecil juga.

Namun, meskipun mengalami kenaikan, Moms harus selalu memeriksa tabel perkembangan dan pertumbuhan bayi pada buku panduan. Buku tersebut biasanya berwarna merah muda dan didapatkan dari bidan atau klinik tempat Moms kontrol kehamilan.

2. Tenang Dekat dengan Orang Tua

ciri ciri bayi sehat
Sumber: mother.ly

Terutama dengan Moms, anak pastinya mengenali bau tubuh, suara, dan sebagainya tentang orang tuanya sendiri. Ketika anak menangis saat Moms jauh darinya dan kembali tenang saat Moms mendekat, maka bukan sesuatu yang seharusnya dipusingkan karena tidak bisa beraktivitas.

Konon, dua tahun pertama dalam hidup si kecil adalah masa-masa dimana mereka membutuhkan kenyamanan dengan orang tua, terutama ibu. Untuk itu, selagi masa tersebut belum berlalu maka sebaiknya dinikmati supaya emosional mereka tumbuh secara baik.

3. Tidak Abai pada Sekeliling

Pada tahapan usia tertentu, si kecil sudah bisa berinteraksi dengan sekeliling, setidaknya menoleh ketika namanya dipanggil. Tahap perkembangan setiap bayi berbeda, namun dalam hal ini orang tua tetap saja membutuhkan perhatian pada tahap perkembangan bayi tersebut.

Apabila sudah lewat masanya dan anak masih terkesan abai barangkali butuh diinteraksikan dengan lingkungan lebih luas. Cara terbaik mengasah kemampuan interaksi mereka adalah dengan sering mengajak si buah hati mengobrol dan biarkan mereka berbicara soal apa yang dipikirkannya.

4. Menyimak Suara

ciri ciri bayi sehat
Sumber: yandex

Sedari kecil buah hati bisa menangkap suara, Moms bisa menarik perhatiannya melalui kerincingan atau mainan dengan bunyi yang tidak mengganggu. Untuk lebih membuat mereka tertarik juga bisa dengan memanfaatkan musik ramah di telinga bayi.

Konon, musik memberikan rangsangan agar kecerdasan si kecil lebih terasah. Tahap pendengaran si kecil ini berbeda-beda setiap bulan. Pastinya semakin besar usia anak maka semakin sempurna refleks pendengaran telinga mereka terhadap berbagai suara.

5. Berinteraksi dengan Sekitar

Kemampuan anak untuk berinteraksi juga tidak sama, ada yang lebih cepat ada yang dalam waktu normal. Kemampuan berinteraksi mereka juga bertahap, dari mulai merespons dengan senyuman, jeritan, tangisan, dan sebagainya sebagai bentuk ekspresi anak.

Di sini baik Moms maupun Dads harus mengerti bahasa anak, terutama sebelum mereka mampu berkata-kata. Ketika sudah memahami bahasa yang diberikan maka komunikasi akan lebih mudah dilakukan serta menghindari kemungkinan anak rewel karena keinginan tidak terkabul.

6. Mampu Menahan Berat Badan Sendiri

Ketika anak sudah mulai merangkak maka seyogyanya mereka mampu menahan berat badan sendiri, terutama kepala. Pada beberapa anak, ukuran kepala memang nampak lebih besar dari usianya, namun jika ukurannya normal dan tidak ada kelebihan cairan maka tidak masalah.

Penting sekali bagi Moms dan Dads mengedukasi diri secara tepat. Jangan mudah panik sehingga menimbulkan salah penafsiran dan salah tindakan hingga akhirnya justru semakin membuat si kecil rewel.

Bagaimana, Moms and Dads, sudahkah si kecil memenuhi kriteria bayi sehat di atas? jika belum, coba konsultasikan dengan dokter. Bisa jadi ada ciri-ciri bayi sehat lain yang belum disebutkan sehingga Moms maupun Dads tidak perlu khawatir berlebihan pada kondisi si kecil.

 

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Kenali Ciri-Ciri Bayi Sehat Baru Lahir Ini, Bekal Merawat Si Kecil"
related post
9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. ... Lanjut Baca