Keluarga Inti Terdiri Dari Ayah, Ibu, & Anak, Yuk Cari Tahu Perannya!

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 16 Februari 2021 09:22 WIB
keluarga inti terdiri dari
Sumber: freestock

Pengertian bentuk keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan juga anak sudah diberi pelajaran sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ini merupakan pengetahuan dasar keluarga yang ditanamkan kepada anak sejak dini. Selain untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai bentuk keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, juga dapat memberikan pengetahuan mengenai peran masing-masing.

Orangtua dan Anak perlu mengetahui perannya dalam sebuah keluarga untuk menciptakan keluarga yang lebih harmonis dan berbagi kasih satu dengan lainnya. Keluarga merupakan sebuah unit paling kecil dari masyarakat yang berada dalam satu atap sama dan saling membutuhkan atau disebut ketergantungan.

Keluarga Sebagai Tempat yang Memiliki Kehangatan

Keluarga menjadi tempat tinggal yang memiliki kehangatan. Moms, tentu ingin anak-anak mendapatkan kehangatan tersebut. Keluarga memiliki hubungan darah yang sangat erat sehingga seharusnya tidak dapat dipecah belah. Hubungan yang erat akan menambah kenyamanan dalam berkeluarga.

Meskipun saat ini banyak keluarga yang memiliki lebih dari 3 atau 4 orang, namun selama ada hubungan darah antara ayah, ibu, dan anak maka tetap disebut sebagai keluarga. Sebelum itu, fungsi keluarga juga harus Moms & Dads ketahui dapat bisa lebih mudah menjelaskannya nanti terhadap anak-anaknya secara baik.

Keluarga terlihat sama seperti sebuah komunitas dimana terdapat pemimpin untuk bisa mengatur jalannya hubungan yang baik. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak akan dipimpin oleh seorang ayah. Maka perkataan seorang ayah harus bijaksana dan didengar oleh ibu dan anak. Namun, di bawah ini ada penjelasan mengenai fungsi keluarga dan perannya.

Fungsi Keluarga Inti dan Peran Masing-Masing Menciptakan Keluarga Bahagia

Keluarga memiliki cukup banyak pengertian yang jika ditarik kesimpulan seperti penjelasan di atas, yaitu adanya ikatan atau hubungan darah maupun adopsi dengan ayah sebagai seorang pemimpin. Tentu peran ayah sangat besar untuk menciptakan keluarga yang Bahagia. Maka peran dari masing-masing anggota keluarga adalah sebagai berikut.

1. Peran Seorang Ayah

Dads, menjadi seorang ayah memiliki tanggung jawab besar dalam bahtera rumah tangga. Apalagi jika tidak hanya memiliki satu atau dua orang anak yang harus dibesarkan dan dikasihi. Maka ada banyak peran yang harus dads lakukan agar keluarga tetap nyaman.

Peran pertama seorang ayah selain menjadi seorang pemimpin dan kepala keluarga adalah mencari nafkah. Dads tidak boleh membiarkan anggota keluarganya tidak tercukupi kebutuhannya. Ini merupakan tugas utama dan terpenting peran seorang ayah sebagai pemimpin.

Selain itu, dads juga harus memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi juga harus mampu memberikan rasa aman dan dapat mengambil keputusan. Nilai peran ayah cukup tinggi karena dapat menentukan bagaimana keluarga tersebut dibentuk.

2. Peran Seorang Ibu

Selain ayah, keluarga inti terdiri dari ibu. Oleh karena itu, setelah ayah maka peran ibu juga penting dan sebagai penentu. Meskipun ayah memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau pencari nafkah, namun saat ini banyak ibu yang juga berperan hal sama.

Akan tetapi, ibu yang bekerja di luar rumah tetap harus bisa membagi waktu untuk mengurus keluarga. Tugas atau peran penting seorang ibu adalah memberikan kasih sayang yang layak untuk suami dan anaknya. Ibu juga bertugas untuk mendidik anak-anak serta menjadi penengah ketika ada keributan kecil di dalam keluarga.

3. Peran Seorang Anak

Sesungguhnya, peran seorang anak dapat dibedakan menjadi anak sulung dan anak bungsu. Namun secara umum anak sulung dan bungsu memiliki peran yang sama yaitu belajar dan menghormati orang tua. Anak mendapatkan hak dari orangtua yaitu ayah dan ibu. Sehingga untuk membalas hak tersebut ada kewajiban yang harus dilakukan ketika besar nanti. Seorang anak wajib menjaga nama baik keluarga dengan bersikap yang baik sebagai pribadi yang tumbuh besar nantinya.

Dasar Bentuk Keluarga yang Dapat Tercipta ...

Halaman: 12

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Keluarga Inti Terdiri Dari Ayah, Ibu, & Anak, Yuk Cari Tahu Perannya!"
related post
Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca