Keluar Flek Coklat Saat Hamil Muda, Berbahayakah?

Waktu Baca: 5 menitRabu, 01 April 2020 10:00 WIB
Flek Coklat Saat Hamil Muda
Sumber: Freepik.com

Momen paling membahagiakan bagi pasangan baru menikah apalagi jika bukan segera mendapatkan momongan. Hamil muda bukan berarti tanpa resiko, apalagi bagi pasangan muda yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Selain morning sick, beberapa wanita pasti pernah mengalami keluar flek coklat, terutama saat usia kehamilan masih terhitung muda. Mungkin muncul pertanyaan dibenak Moms, keluarnya flek coklat saat hamil muda apakah normal? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Flek Coklat?

Flek coklat yang keluar saat hamil merupakan bercak pendarahan ringan yang keluar dari vagina dan dapat terjadi selama masa kehamilan, khususnya di trismester pertama. Tidak perlu khawatir ya Moms, karena flek coklat saat hamil muda adalah normal, dan memang sering terjadi oleh beberapa ibu hamil. Setidaknya, ada 20 persen wanita mengalami pendarahan seperti ini, terutama pada 12 minggu pertama masa kehamilan.

Ketahui juga bahwa warna bercak yang keluar tidak selalu berwarna coklat, terkadang juga dapat berwarna merah muda, merah, hingga coklat. Warna coklat sendiri menunjukan bahwa darah sudah terlalu lama berada di dalam rahim, dan tidak segera dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga warna darah cendrung berwarna gelap.

Pada dasarnya, vagina mengeluarkan bermacam cairan selama kehamilan hingga persalinan. Sedangkan, cairan yang berupa flek sebenarnya tidak berbahaya apabila Moms melihatnya hanya berupa tetesan darah di celana, atau ketika membersihkan vagina menggunakan tisu. Apabila terjadi pendarahan dan mengharuskan Moms menggunakan pembalut, sebaiknya jangan diabaikan ya Moms! Segera konsultasi pada bidan atau dokter kandungan.

Penyebab Keluarnya Flek Saat Hamil

flek coklat saat hamil muda apakah normal
Sumber: Freepik.com

Banyak wanita menganggap jika flek yang keluar merupakan tanda menstruasi sebelum mengetahui bahwa mereka sebenarnya sedang hamil. Padahal, flek yang keluar merupakan hasil dari proses pembuahan, yakni sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Jika jadwal menstruasi Moms termasuk teratur setiap bulannya, lalu keluar darah di luar tanggal menstruasi, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa telah terjadi kehamilan. Dan itu adalah bercak yang dihasilkan dari menempelnya embiro di dinding rahim.

Flek yang keluar saat hamil juga dapat disebabkan karena cervical polyp, yaitu adanya benjolan kecil yang terdapat pada mulut rahim, namun tidak berbahaya. Saat hamil, hormon estrogen akan meningkat dan menyebabkan cervical polyp mengeluarkan darah seiring meningkatnya aliran darah ke pembuluh yang ada di sekitar rahim selama masa kehamilan. Ada kalanya, cervical polyp ini tersentuh, dan terjadi pendarahan sehingga menyebabkan munculnya flek coklat saat hamil muda setelah berhubungan intim. Flek coklat juga keluar jika dimasukan alat pemeriksaan vagina ke mulut rahim, mengangkat barang berat, dan olahraga berlebih.

Durasi Keluarnya Flek Coklat

Keluarnya flek coklat saat hamil muda berapa lama tergantung dari kondisi dari kehamilan yang sedang dijalani oleh Moms. Pada umumnya, keluarnya flek coklat pada trimester awal yang tidak disertai gejala apapun merupakan kondisi normal. Darah yang keluar adalah bagian dari pendarahan implantasi dan tidak sebanyak darah saat menstruasi, dan hanya berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari (1–3 hari).

Namun, terkadang ada juga Moms yang mengalami flek coklat hingga berwarna merah terang, disertai rasa sakit pada punggung, kram perut, hingga keluar gumpalan dari vagina. Bila mengalaminya, segera periksa ke dokter, sebab dikhawatirkan menjadi pertanda keguguran. Ada juga flek coklat yang keluar disertai demam, serta keputihan abnormal yang terasa sakit sehingga Moms juga harus ke dokter segera mungkin untuk penanganannya.

Cara Mengatasi Flek Coklat Saat Hamil

flek coklat saat hamil muda berapa hari
Sumber: Freepik.com

Durasi keluarnya flek coklat saat hamil muda berapa hari memang tidak dapat diprediksi. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi kemungkinan keluarnya flek coklat saat hamil muda, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tetap Tenang

Keluar flek coklat saat hamil muda, terutama bagi Moms yang baru pertama kali hamil atau pernah mengalami kehamilan yang beresiko memang membuat khawatir dan cemas. Meskipun begitu, Moms juga harus berusaha tenang dan berusaha mencari informasi yang valid mengenai keluarnya flek coklat saat hamil muda ini. Jika flek coklat yang keluar disertai rasa sakit dan kram pada perut, segeralah pergi ke dokter.

2. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Jika Moms sudah mengetahui bahwa sedang dalam kondisi hamil muda, sebaiknya segera atur jadwal pemeriksaan. Pemeriksaan rutin juga bertujuan mengetahui tahapan perkembangan janin, serta kondisi kesehatan ibu dan bayi.

3. Hindari Aktivitas Berat Dan Perbanyak Istirahat

Menjadi seorang wanita karir terkadang membuat Moms tidak dapat lepas dari banyaknya pekerjaan. Ada baiknya Moms mencoba kurangi aktivitas berat jika diketahui sedang dalam kondisi hamil muda. Saat hamil, biasanya tubuh akan mudah lelah. Jika sudah begitu, jangan paksakan diri untuk terus melakukan aktivitas, segera beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh, serta menghindari keluarnya flek coklat saat hamil muda.

4. Tidak Melakukan Hubungan Intim

Hamil muda memang cukup rawan bagi sebagian besar wanita, terutama bagi yang memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Salah satu penyebab keluarnya flek coklat juga bisa disebabkan karena aktivitas hubungan suami istri. Jadi, untuk menghindarinya sebaiknya tidak melakukan hubungan intim terlebih dahulu hingga melewati trimester pertama kehamilan ya, Moms!

Akhir kata, flek coklat yang keluar saat hamil muda sebenarnya tidak berbahaya dan itu normal terjadi di awal kehamilan. Segera pergi ke dokter kandungan atau bidan jika darah yang keluar terlalu banyak dan terasa sakit. Perbanyak pula informasi mengenai kehamilan untuk menambah pengetahuan proses kehamilan yang sehat ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Keluar Flek Coklat Saat Hamil Muda, Berbahayakah?"
related post
Cara Agar Cepat Hamil Yang Efektf Untuk Pasutri Cepat Punya Anak

Apakah Moms saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara agar cepat hamil? Tenang, tidak perlu ... Lanjut Baca

Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil Tua, Bisa Berbahaya Untuk Janin Lho!

Tidak hanya dialami oleh wanita biasa saja, namun keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang ... Lanjut Baca

Pendidikan Anak Usia Dini Ini Yang Harus Orangtua Pahami Lebih Lengkap

Moms, sejatinya pendidikan anak usia dini atau yang kerap disingkat menjadi PAUD adalah sebuah investasi ... Lanjut Baca