Kelebihan & Kekurangan Mengurus Anak Sendiri Tanpa Babysitter

Waktu Baca: 2 menitRabu, 25 November 2020 09:22 WIB
mengurus anak bayi sendiri
Sumber: freepik

HappyFams, Anak merupakan kebahagiaan bagi orangtua dan hal yang cukup dinantikan oleh para orang tua. Ada beberapa orang tua yang mudah percaya dengan babysitter yang bertugas menjaga serta merawat anak. Namun, saat ini cukup banyak kasus babysitter yang berbuat kasar kepada anak. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika Moms mengurus anak sendiri tanpa bantuan babysitter. Sebelum Moms memutuskan untuk merawat anak sendiri, ada baiknya mengkomunikasikan dalam keluarga bersama suami, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap seputar hubungan suami istri.

Kelebihan Mengurus Anak Sendiri

Apa saja kelebihan yang bisa Moms dapatkan jika ingin mengurus anak sendiri?

1. Bonding antara orang tua dan anak lebih kuat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa anak yang dibesarkan oleh orang tua memiliki ikatan yang lebih kuat dengan orangtuanya dibandingkan anak yang dibesarkan oleh pengasuh. Jika seorang ibu membesarkan anak sendiri cukup bermanfaat dalam hubungan antara anak dan orang tua, bahkan Moms tidak akan melewatkan tumbuh kembang buah hati dari proses setiap bulan dan setiap tahunnya.

2. Anak mendapatkan perawatan yang sangat baik

Kelebihan kedua apabila anda memutuskan untuk merawat anak sendiri yakni anak akan mendapatkan gizi yang baik dalam hal ini ASI Eksklusif. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ASI sangat penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Anak yang saat kecil diberi ASI Eksklusif lebih cerdas dan lebih sehat dibandingkan anak dengan ASI formula. Selain dari ASI, seorang anak yang tumbuh dengan kasih sayang penuh dari orang tuanya juga memiliki sisi psikologis yang cukup baik.

3. Lebih Hemat

Hal ini sudah pasti karena ketika Moms menggunakan jasa babysitter itu artinya membutuhkan biaya lebih untuk menggaji babysitter. Jika merawat anak sendiri, Moms bisa mengalokasikan biaya yang akan gunakan untuk membayar babysitter guna keperluan yang lain.

Kekurangan Merawat Anak Sendiri

mengurus anak sendiri
Sumber: freepik

Jika sebelumnya sudah berbicara tentang kelebihan jika anda merawat anak sendiri, maka Moms juga bisa mengetahui kekurangan jika merawat anak sendiri.

1. Seorang ibu bisa mengalami kelelahan, seperti yang kita tahu bahwa merawat anak khususnya bayi yang baru lahir merupakan jenis pekerjaan yang menyita waktu dan membutuhkan energi cukup besar. Moms harus siap untuk bangun di malam hari, mencuci perlengkapan buah hati hingga tetap memasak untuk memberi asupan terbaik untuk anak.

2. Sulitnya memiliki waktu dengan pasangan, hal ini juga menjadi kekurangan apabila anda merawat anak sendiri. Karena bayi biasanya tidak mengenal waktu jika rewel. Apalagi jika Moms memiliki anak lebih dari satu tentu saja hal itu akan membuat Moms menjadi lebih sibuk.

Jika sudah memutuskan untuk merawat anak sendiri tanpa bantuan babysitter maka Moms harus memastikan siap dengan konsekuensinya.

Tidak ada benar ataupun salah mengenai mengurus anak sendiri atau menggunakan pengasuh, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah tangga saja. Semoga bermanfaat Moms

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Kelebihan & Kekurangan Mengurus Anak Sendiri Tanpa Babysitter"
related post
Akibat Kekurangan Gizi Pada Anak Dan Remaja Bisa Berdampak Kronis, Lho

Kekurangan gizi ternyata masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan anak di Indonesia. Setiap bayi, anak, ... Lanjut Baca

Ini Lho Bahaya Ketika Anak Kebanyakan Main Gadget, Bisa Merusak Mata

Anak main gadget sebenarnya mempunyai dampak positif, hanya saja satu catatan penting yang perlu dipahami ... Lanjut Baca

Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca