Kapan Anak Mulai Sekolah? Kenali 7 Tanda Penting Ini Moms!

Rabu, 18 September 2019 11:00 WIB
kapan-anak-mulai-sekolah-kenali-7-tanda-penting-ini-moms!-2832
Sumber: Pxhere.com/CC0 Domain Publik

Happinest.id - Berdasarkan peraturan yang berlaku, anak mulai sekolah saat ia berusia 5 tahun untuk Taman Kanak-kanak (TK) dan 7 tahun untuk Sekolah Dasar (SD). Namun, masih banyak anak yang menangis pada hari pertamanya di sekolah. Padahal secara usia seharusnya ia sudah memiliki kesiapan untuk mulai sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa usia bukanlah patokan yang tepat untuk menentukan kapan anak mulai sekolah, melainkan tingkat kesiapan anak.

Tingkat kesiapan anak merupakan kesadaran disertai keinginan yang kuat dalam diri si kecil untuk dididik pada lembaga pendidikan formal seperti sekolah. Perlu dipahami bahwa tingkat kesiapan anak tidak ditentukan dari berapa usianya. Sebelum mendaftarkan si kecil pada lembaga pendidikan anak usia dini atau sekolah, mari kita simak bersama pembahasan berikut agar Moms lebih memahami tanda-tanda bahwa si kecil sudah memiliki kesiapan yang matang!

1. Jika Si Kecil Sudah Lulus Toilet Training, Maka Moms Sudah Bisa Mendaftarkannya Ke Sekolah Lho!

Kapan Anak Mulai Sekolah Lulus Toilet Training
Sumber: iStock.com

Kita mulai dari tanda yang pertama ya Moms. Biasanya anak yang sudah siap mengikuti pendidikan di usia dini sudah harus lulus toilet training. Sudahkah Moms mengetahui apa yang dimaksud dengan toilet training? Toilet training adalah pembiasaan cara buang air yang benar pada si kecil. Jika masih terus bergantung pada popok, maka sebaiknya Moms melatih si kecil di rumah dulu hingga ia dapat pergi ke toilet sendiri untuk buang air. Namun jika sudah, maka anak sudah bisa didaftarkan ke lembaga pendidikan anak usia dini.

2. Pernahkah Si Kecil Ingin Sekolah Seperti Kakak atau Tetangga yang Dilihatnya? Itu Salah Satu Tandanya, Moms.

Pernahkah Si Kecil Ingin Sekolah Seperti Kakak atau Tetangga yang Dilihatnya? Itu Salah Satu Tandanya, Moms.
Sumber: Pixabay.com/Children-reading

Berikutnya, Moms juga bisa melihat kapan anak mulai sekolah melalui permintaannya. Walau masih sangat muda, jika si kecil seringkali minta pergi ke sekolah seperti kakak atau tetangganya, maka Moms harus mulai mempertimbangkan keinginan tersebut. Persiapan anak masuk pra sekolah sangat baik untuk memberikan gambaran pada si kecil tentang apa itu sekolah dan apa saja yang dilakukan di sekolah. Jadi, yuk Moms pertimbangkan dengan bijak dalam memutuskan untuk sekolah sebelum TK.

3. Moms, Si Kecil Sering Minta Pensil dan Kertas? Ini Tanda Siap Sekolah!

Moms, Si Kecil Sering Minta Pensil dan Kertas? Sudah Tandanya Siap Sekolah Itu!
Sumber: Maxpixel.net/CC0 Domain Pictures

Moms tentunya pernah mendengar tentang playgroup kan? Ini menjadi salah satu alternatif pilihan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah pada anak dibawah usia 5 tahun. Di playgroup, anak dapat belajar hal-hal baru sambil bermain. Salah satu tanda bahwa si kecil sudah bisa dimasukkan ke playgroup adalah pengenalannya akan pensil dan kertas. Ketika si kecil mulai sering meminta pensil dan kertas, maka Moms sudah bisa mendaftarkannya ke playgroup dan membiarkan ia belajar mengenai kegunaan pensil dan kertas disana.

4. Anak yang Sudah Tidak Kolokan Sama Moms, Sudah Siap Sekolah Lho!

Anak yang Sudah Tidak Kolokan Sama Moms, Sudah Siap Sekolah Lho!
Sumber: Pixabay.com/Shikicc163

Anak yang tidak kolokan menjadi salah satu tanda bahwa anak sudah mandiri, sehingga ia sudah siap masuk pra sekolah. Salah satu ciri anak tidak kolokan atau tidak manja ialah si kecil tidak menangis saat tidak bersama Moms atau pengasuhnya. Hal ini merupakan syarat penting yang harus dibiasakan sebelum mereka mulai sekolah. Karena pendidikan di sekolah menuntut mereka agar menjadi lebih mandiri dan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. 

5. Jika Si Kecil Sudah Banyak Merespon Cerita dan Perintah, Artinya Ia Sudah Siap Juga Bersekolah Moms!

Jika Si Kecil Sudah Banyak Merespon Cerita dan Perintah, Maka Artinya Sudah Siap Juga Bersekolah Moms.
Sumber:: Pxhere.com/CC0 Domain Publik

Tanda lain yang bisa langsung Moms perhatikan dari diri si kecil ialah responnya saat mendengar cerita atau perintah dari orang di sekelilingnya. Jika si kecil sudah bisa merespon dengan tepat dan tanggap, artinya si kecil sudah siap bersosialisasi dengan teman-temannya di sekolah. Selain itu, respon si kecil saat mendengar cerita atau perintah juga menunjukkan kecepatannya dalam menangkap informasi yang diberikan. Kemampuan tersebut dapat lebih dikembangkan dan di asah melalui pendidikan pra sekolah. 

6. Ketika Si Kecil Sudah Semakin Aktif Bermain, Artinya Sudah Saatnya Masuk Ke Sekolah Ya Moms.

Ketika Si Kecil Sudah Semakin Aktif Bermain, Artinya Sudah Saatnya Masuk Ke Sekolah Ya Moms.
Sumber: Flickr.com/USAG-Humpreys

Tanda lain yang mungkin ditunjukkan oleh anak yang sudah siap sekolah adalah keaktifan dalam bermain. Mungkin keaktifan ini bisa menjadi tidak terkendali, sehingga perlu dipersiapkan sebelum masuk sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mendaftarkan anak ke playgroup atau TK untuk membantunya lebih mudah saat transisi TK ke sekolah dasar nantinya. Jadi dengan kata lain, anak yang aktif bermain harus melalui persiapan anak masuk pra sekolah untuk memahami bahwa sekolah bukan hanya tempat bermain tetapi juga belajar.

7. Moms, Saat Anak Sudah Bisa Menaati Perintah atau Instruksi, Maka Sudah Siap Masuk Sekolah Tandanya!

Moms, Saat Anak Sudah Bisa Menaati Perintah atau Instruksi, Maka Sudah Siap Masuk Sekolah Tandanya!
Sumber: Flickr.com/Ari Helminen

Terakhir, Moms cobalah beri perintah atau instruksi pada si kecil. Apabila si kecil sudah bisa mengikutinya dengan baik, maka artinya si kecil sudah bisa sekolah. Mendaftarkannya ke playgroup merupakan langkah awal yang tepat untuk mempersiapkan si kecil dalam memahami dan menaati peraturan sekolah serta mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru. Dengan begitu maka si kecil tidak akan kesulitan beradaptasi dengan hal-hal baru di sekolah.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai beberapa tanda penting kapan anak mulai sekolah. Jadi yuk Moms perhatikan apakah ada tanda-tanda di atas yang sudah muncul pada si kecil? Jika sudah ada, Moms dapat mulai mencari lembaga pendidikan anak usia dini atau jika memang sudah akan memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar, Moms perlu memperhatikan masa transisi TK ke sekolah dasar untuk menemukan sekolah yang tepat

Sudah pernah mengamati tanda-tanda lainnya pada si kecil, Moms? Boleh yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar berikut ini! Semoga bermanfaat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Kapan Anak Mulai Sekolah? Kenali 7 Tanda Penting Ini Moms!"