Jenis Makanan Pencegah Kanker Yang Bikin Hidup Moms Lebih Sehat

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 26 April 2020 10:20 WIB
Makanan Pencegah Kanker
Sumber: Pexels.com

Di zaman modern seperti saat ini, kehidupan manusia juga mengalami perubahan, tak terkecuali gaya hidup. Banyak orang menuntut sesuatu yang cepat dan instan, termasuk dalam memilih makanan. Kita tahu jika makanan instan atau cepat saji merupakan awal mula dari munculnya berbagai macam penyakit, seperti jantung, kolesterol hingga kanker.

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang. Namun, jika kita tahu bagaimana cara pencegahannya, penyakit kanker bukan suatu yang harus ditakuti tentunya. Salah satu bentuk pencegahan kanker, yakni dengan mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Berikut makanan apa saja yang dapat mencegah timbulnya kanker.

1. Semua Jenis Berry

makanan sehat pencegah kanker rahim
Sumber: Freepik.com

Buah berry menjadi makanan sehat pencegah kanker rahim yang penting bagi wanita. Tidak hanya itu saja, manfaat buah berry telah dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan pada 25 orang penderita kanker kolektoral (usus), bahwa mengkonsumsi berry menghambat pertumbuhan sel kanker hingga 7 persen. Berbagai jenis berry mengandung anthocyanin, yakni pigmen bersifat antioksidan yang tidak hanya dapat mencegah kanker rahim saja, namun juga kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker usus besar.

2. Kayu Manis

pencegah kanker
Sumber: Freepik.com

Tidak hanya mempunyai aroma menenangkan, kayu manis sudah sejak dahulu dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mengatur kadar gula darah, kayu manis berguna juga sebagai penghambat penyebaran sel kanker. Bahkan, ekstrak kayu manis yang terdapat pada makanan dapat mencegah munculnya tumor pada tubuh. Untuk pencegahan, disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis sebanyak setengah atau 1 sendok teh setiap hari. Cara lain menikmati kayu manis, yakni dengan mencampurkannya ke dalam kue seperti cinnamon roll, pie atau pancake.

3. Bawang Putih

makanan sehat pencegah kanker
Sumber: Pexels.com

Setiap masakan yang Moms masak pasti tidak akan jauh dari bumbu masakan satu ini. Ternyata, bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa sebagai makanan sehat pencegah kanker karena kandungan allicin di dalamnya. Allicin terbukti dapat mencegah kanker, khususnya kanker lambung dan kancek pada usus besar. Cukup dengan mengkonsumsi 1 siung bawang putih setiap hari untuk pencegahan kanker. Namun, jika kurang suka jika dikonsumsi secara langsung, Moms cukup mengolahnya bersamaan dengan sayuran atau lauk pauk, seperti ikan dan daging.

4. Brokoli

makanan pencegah kanker kulit
Sumber: Pexels.com

Brokoli dikenal sebagai superfood dengan khasiatnya sebagai makanan pencegah kanker. Tidak hanya memiliki serat tinggi yang bagus untuk diet, brokoli juga mengandung sulforaphane yang bersifat antikanker. Sulforaphne sendiri terbukti dapat menurunkan resiko kanker hingga 75%. Moms harus ingat bahwa zat ini akan hilang jika dimasak di dalam microwave. Jadi, untuk mendapatkan manfaatnya, ada baiknya olah brokoli dengan cara ditumis atau direbus.

5. Kurma

makanan pencegah kanker rahim
Sumber: Freepik.com

Siapa sangka buah yang hanya muncul saat bulan puasa ini ternyata dapat menjadi makanan pencegah kanker. Menurut penelitian, kurma mengandung polyphenol yang berguna sebagai pencegah kanker, khususnya kanker usus dengan jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Tidak hanya kanker, ternyata kurma juga dapat mencegah tumor pada tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma juga dapat diolah sebagai tambahan dalam masakan khas Timur Tengah dan India.

6. Buah Sirsak

makanan untuk pencegah kanker
Sumber: Freepik.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Bahkan, buah sirsak semakin popular setelah terbukti bahwa kandungan zat di dalamnya mengandung senyawa yang sama seperti proses kemoterapi. Sirsak juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menghalangi aliran nutrisi ke sel kanker, sampai akhirnya sel kanker mati dengan sendirinya. Berdasarkan penelitian, buah sirsak mengandung annonalin dan quinolones, yakni senyawa flavonoid yang berfungsi menekan pertumbuhan sel kanker.

7. Anggur

makanan pencegah kanker serviks
Sumber: Pexels.com

Selain memiliki rasa nikmat, ternyata buah anggur bermanfaat untuk pencegah kanker karena kandungan resveratrol, yakni senyawa antioksidan yang cukup tinggi, terutama pada bagian kulit buah anggur merah. Zat tersebut terbukti dapat melawan radikal bebas yang menjadi pemicu berkembangnya sel kanker pada tubuh. Tidak hanya itu saja, anggur juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi paru-paru dari racun pemicu kanker.

8. Tomat

makanan sehat pencegah kanker serviks
Sumber: Pexels.com

Kandungan lycopene pada tomat ternyata dapat menjadi zat antikanker yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini telah diterbitkan pada Journal Clinical of Oncology bahwa tomat dapat mengurangi resiko kanker prostat pada pria. Tidak hanya itu saja, tomat dapat menjadi makanan sehat pencegah kanker serviks, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker payudara, getah pankreas, hingga kanker usus.

9. Teh Hijau

makanan sehat pencegah kanker kulit
Sumber: Pexels.com

Masyarakat Jepang mengkonsumsi teh hijau atau biasa disebut matcha sebagai minuman sehari-hari karena teh hijau dianggap sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, serta menangkal berbagai macam penyakit. Bahkan, menurut penelitian teh hijau mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya menangkal radikal bebas, ternyata teh hijau bisa menjadi makanan sehat pencegah kanker kulit serta dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena kandungan polifenol yang dimilikinya.

Selain mengkonsumsi makanan di atas secara rutin, ada beberapa tips yang bisa Moms tiru untuk mencegah kanker antara lain:

  • Vaksin lengkap, beberapa jenis kanker ternyata sudah memiliki vaksin seperti vaksin HPV untuk kanker serviks dan vaksin Hepatitis B untuk kanker hati.
  • Olahraga yang teratur, cukup 30 menit per hari selama 5 hari ternyata mampu mengurangi resiko terserang berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru dan lain sebagainya.
  • Tidur yang cukup, bagi orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-8 jam per hari. Efek sering begadang atau tidur tidak teratur ternyata dapat meningkatkan resiko seseorang terserang kanker menjadi 50%.

Yuk Moms, biasakan untuk selalu rutin mengkonsumsi makanan pencegah kanker dan biasakan untuk selalu hidup sehat demi masa depan keluarga. Selamat mencoba ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Jenis Makanan Pencegah Kanker Yang Bikin Hidup Moms Lebih Sehat"
related post
Ini Dia Kegunaan Alat Menstruasi Cup Untuk Wanita Tanpa Pembalut Lagi

Saat ini sedang ramai diperbincangkan menggunakan alat menstrual atau menstruasi cup semakin populer. Menstruasi atau ... Lanjut Baca

5 Tips Membina Keluarga Bahagia Dan Harmonis, Dunia Akhirat

Keluarga bahagia adalah dambaan setiap orang, Moms bisa mengikuti tips membina keluarga bahagia yang cocok ... Lanjut Baca

Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca