Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin Bayi

Waktu Baca: 3 menitSabtu, 07 November 2020 07:28 WIB
makanan untuk ibu hamil muda
Sumber: istock

Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan untuk Moms yang saat ini sedang berbadan dua, terlebih lagi yang masih pada tahapan trimester pertama. Karena nutrisi yang baik akan menunjang pertumbuhan janin di dalam perut semakin baik pula.

Proses pertumbuhan janin di dalam perut sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dari sang Ibu ketika sedang hamil muda. Bila janin lambat berkembang, maka perlu diwaspadai pula asupan nutrisi sang ibu. Nah, apa-apa saja makanan untuk ibu hamil muda ini supaya bayi dapat tumbuh sehat? Berikut ulasan selengkapnya.

Gandum

Gandum ternyata memiliki banyak manfaat bagi Moms yang sedang hamil mudah, lho. Gandum bisa mengurangi risiko diabetes dan obesitas saat masa kehamilan. Hal ini dikarenakan serat yang ada di dalam gandum akan membuat Moms kenyang lebih lama, dengan begitu bisa mencegah Moms mengonsumsi lebih banyak makanan.

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam gandum juga bisa membantu proses pencernaan hingga mengurangi kontipasi dan diare. Bahkan roti atau biskuit yang terbuat dari gandum dapat menjadi pilihan camilan terbaik untuk Moms selama trimester pertama.

Ikan

makanan ibu hamil
Sumber: dinnerbydish.com

Salah satu cara agar cepat hamil adalah dengan mengonsumsi ikan, begitu pula saat Moms sedang hamil muda. Jenis-jenis ikan, salah satunya salmon bisa menjadi sumber vitamin D terbaik untuk Moms dan janin yang ada di dalam kandungan. Tidak hanya itu saja, asam lemak omega 3 di dalamnya juga sangat baik untuk perkembangan janin.

Tetapi Moms harus menghindari jenis ikan seperti ikan makarel, ikan hiu, serta ikan kodak yang terpapar oleh merkuri tinggi. Pastikan juga Moms hanya mengonsumsi ikan yang memang sudah dimasak hingga matang sempurna. Karena bila memakan ikan mentah seperti Sushi, memiliki bakteri yang tidak baik dan berbahaya pada janin.

Telur & Daging Unggas

Yang jelas telur merupakan bahan makanan yang cukup mudah didapat dan cukup terjangkau. Telur juga sangat mudah diolah dan pastinya sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Daging unggas seperti bebek dan ayam juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika sedang hamil.

Karena baik daging unggas maupun telur bisa meningkatkan asupan protein yang Moms butuhkan secara keseluruhan. Di dalam telur juga terdapat kandungan kolin yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan otak serta perkembangan janin.

Daging

Daging sapi maupun daging kambing bisa menjadi sumber protein terbaik untuk pertumbuhan serta perkembangan janin. Bahkan daging sapi dan daging kambing mengandung zat besi yang ternyata lebih cepat diserap tubuh. Dengan begitu Moms tidak perlu khawatir lagi jika kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia.

Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin B dan zink pada daging juga baik dalam menjaga kekebalan tubuh dan dapat membantu pembentukan sel darah merah dan sistem saraf. Tetapi saat mengonsumsi salah satu makanan untuk ibu hamil muda ini, pastikan jika daging tersebut sudah matang secara menyeluruh. Tinggalkan keinginan Moms untuk mengonsumsi daging steak yang setengah matang. Karena walaupun terasa nikmat dan lezat, mengonsumsi daging yang belum sepenuhnya matang dapat membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan.

Jadi tetap jaga pertumbuhan janin yang baik di masa kehamilan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi tepat ya Moms. Semoga Moms dan bayi tetap sehat selama kehamilan sampai kelahiran buah hatinya nanti.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin Bayi"