Jenis-jenis Makanan Biar Cepat Hamil Untuk Dipahami Ibu Muda

Waktu Baca: 2 menitMinggu, 01 November 2020 08:54 WIB
Makanan Biar Cepat Hamil
Sumber: unsplash

Kehamilan menjadi idaman setiap ibu muda yang baru menikah, namun walau sudah dicoba dan diprogram untuk mendapatkan momongan belum juga tercapai. Ternyata untuk bisa hamil, perlu memperhatikan kandungan makanan biar cepat hamil. Hal ini yang jarang diperhatikan atau sering terlewati, karena umumnya fokus hanya ke hubungan intim dengan suami.

Tapi tenang HappyFams tidak perlu bingung lagi karena berikut Happinest akan berbagi mengenai beberapa pilihan makanan yang bisa dikonsumsi jika ingin cepat memiliki momongan.

Lemak

Nah, cara agar cepat hamil yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Asupan lemak jenuh secara berlebih bisa mengganggu sel telur. Tetapi, mengonsumsi lemak tak jenuh bisa memperbaiki proses pembentukan dari sel telur. Konsumsi lemak trans juga perlu dihindari. Hal ini dikarenakan lemak trans sangat erat kaitannya dengan resistensi insulin yang cukup tinggi serta akan menganggu fungsi ovulasi. Nah, makanan yang di dalamnya mengandung lemak tak jenuh adalah minyak zaitun, alpukat, salmon, hingga kacang-kacangan seperti walnut, almond, hazelnut yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk mempercepat kehamilan. 

Asam folat

Pastinya HappyFams sudah mengetahui jika asam folat sangat penting untuk janin. Namun asam folat juga sangat baik dalam membantu HappyFams supaya cepat hamil. Makanan-makanan yang di dalamnya mengandung asam folat adalah kacang-kacangan, buah bit, biji-bijian, sayuran hijau, hingga suplemen asam folat. 

Vitamin D

ikan salmon untuk hamil
Sumber: salmonus.com

Tentunya vitamin D juga berperan penting untuk reproduksi manusia. Suplementasi vitamin D ini bisa diperoleh dari berjemur langsung di pagi hari, tepatnya di bawah sinar matahari. Tidak hanya itu saja, penting juga untuk mengonsumsi makanan seperti tuna, salmon, minyak ikan cod, sarden, jamur kancing, hingga hati sapi untuk mempercepat proses kehamilan.

Protein

Mengonsumsi protein juga sangat penting dalam pembentukan sel. Untuk itu, HappyFams harus mendapatkan asupan protein secara seimbang dari makanan sehari-hari. Bahkan selama kehamilan HappyFams juga harus mengonsumsi protein hingga kalsium ekstra agar terpenuhinya kebutuhan janin yang masih dalam proses pertumbuhan. Nah, beberapa makanan yang di dalamnya terdapat kandungan protein seperti ayam, ikan, daging sapi, susu, hingga kacang-kacangan

Serat

Memasukkan karbohidrat kompleks yang tentunya lebih lambat dicerna, yaitu serat ke dalam makanan bisa membantu dalam meningkatkan tingkat kesuburan. Bahkan untuk Moms yang berencana hamil, meningkatkan asupan serat setiap hari sebanyak 10g bisa menurunkan risiko dari diabetes gestasional hingga 26%. Beberapa sumber serat yang sangat baik dikonsumsi adalah sebagai berikut.

  • Biji-bijian utuh, dari mulai oatmeal, roti gandum, hingga quinoa.
  • Sereal yang berserat tinggi.
  • Buah dan sayuran, dari mulai, brokoli, jagung, buah pir, buah blueberry, buah persik, hingga buah raspberry.  
  • Kacang dan polong-polongan, dari mulai kacang hitam, kacang lentil, kacang merah, kacang polong, hingga buncis yang merupakan sumber serat terbaik agar bisa cepat hamil. 

Dengan memahami jenis-jenis makanan biar cepat hamil ini serta mengonsumsinya, semoga Moms bisa cepat dapat momongan ya! Amin.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Jenis-jenis Makanan Biar Cepat Hamil Untuk Dipahami Ibu Muda"