Jangan Biarkan Anak Tidur Larut Malam, Ikuti Cara Ini Mengatasinya!

Waktu Baca: 2 menitSelasa, 04 Agustus 2020 13:08 WIB
anak-tidur-larut-malam
Sumber: pep.ph

Sulitnya menyuruh anak tidur awal apalagi mereka selalu punya segala cara untuk menunda jam tidur, mulai dengan mengatakan belum mengantuk, meminta dibuatkan makanan, minta segelas susu, hingga merengek menonton film kesukaannya. Terkadang orangtua memperbolehkan karena tidak ingin si kecil jadi rewel, dan berubah menjadi kebiasaan.

Padahal efek tidur terlalu malam dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya, seperti mudah marah dan kurang konsentrasi. Jangan biarkan anak tidur larut malam dengan beberapa tips berikut ini.

Undurkan Jadwal Tidur 15 Menit Saja

Buatlah kesepakatan dengan anak-anak tentang jam tidur yang tepat bagi mereka. Berikan pengertian jika jam tidur yang cukup akan membuatnya bangun dengan segar, sehingga dapat kembali bersekolah atau bermain dengan riang keesokan harinya.

Untuk membantu memuluskan pergeseran ini, lakukan secara perlahan dengan mengundurkan waktu tidur si kecil 15 menit per hari atau setiap 2-3 hari. Kuncinya ada pada konsistensi dan ketegasan sebagai orangtua untuk membiasakan jadwal tidur yang teratur bagi anak-anak.

Memanipulasi dengan Paparan Cahaya

Menurut para ahli, cahaya mempengaruhi hormon yang mengendalikan jam internal tubuh. Untuk membantu tubuh bangun lebih awal, berikan paparan sinar matahari di pagi hari dengan membuka jendela dan pintu.

Ajak anak-anak untuk berjemur sambil menghirup udara segar di taman atau di teras rumah setelah sarapan. Sebaliknya, pasang pencahayaan yang redup mendekati waktu tidur, termasuk lampu kamar dan cahaya yang keluar dari layar elektronik seperti televisi atau gadget.

BACA JUGA:

Kenali Penyebabnya

Pola tidur si kecil yang dianggap tidak normal ini bisa saja dipicu dari lingkungan di sekitarnya, misalnya menunggu kedua orangtuanya yang bekerja hingga malam hari atau terlalu lama tidur siang. Kenali penyebabnya dan cari cara untuk menyiasatinya, salah satunya dengan mengusahakan pulang ke rumah lebih awal sehingga memiliki waktu bermain yang cukup dan dapat tidur lebih cepat.

Jangan biarkan anak tidur siang lebih lama dari dua jam dan buat ia lelah pada sore hari dengan memberikan aktivitas yang dapat menguras tenaga berlebihnya. Agar cara ini bisa berhasil, dibutuhkan kerjasama antar orangtua dan konsistensi untuk melakukannya.

Beri Rutinitas Menjelang jam Tidur

Anak yang terbiasa menjalani rutinitas jelang tidur biasanya akan hafal jam tidur dengan sendirinya. Mulailah dengan menyiapkan suasana tidur yang nyaman dan tenang, misalnya mematikan televisi, meredupkan lampu, dan memastikan rumah dalam keadaan tenang.

Pastikan kondisi si kecil cukup rileks dengan memandikan air hangat atau meminum susu hangat. Baringkan di tempat tidur yang empuk ditemani boneka atau selimut favoritnya lalu bacakan dongeng pengantar tidur.

Untuk mendapatkan cukup istirahat, anak-anak butuh rata-rata 10-14 jam tidur setiap harinya. Semoga tips-tips ini bisa jadi solusi jitu agar si kecil bisa tidur tepat waktu. Dicoba deh Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Jangan Biarkan Anak Tidur Larut Malam, Ikuti Cara Ini Mengatasinya!"