Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 23 Mei 2021 10:29 WIB
bahaya makanan manis
Sumber: tuasaude

Peringatan bahaya makanan manis bagi tubuh sebenarnya tidak perlu menunggu tubuh merasakan kontraksi tertentu. Peringatan badan tidak nyaman bisa diantisipasi oleh siapa saja, dari kalangan usia berapa saja melalui cara membatasi asupan makanan mengandung gula berlebih.

Salah satu bahaya mengkonsumsi terlalu banyak kudapan penuh gula adalah tubuh merasakan malas gerak sampai kelebihan kadar gula darah. Kudapan berperisa enak di lidah memang menggoda, namun HappyFams juga wajib memperhatikan kesehatan tubuh diri sendiri.

Terlebih bagi orang-orang dengan riwayat memiliki penyakit diabetes turunan dari anggota keluarga sebelumnya. Jangan menunggu lama, perbaiki pola hidup sehat dari saat ini untuk mendapatkan kualitas hidup terbaik, meskipun usia semakin lanjut, kesehatan tetap harus prima.

Berbagai Ancaman Bahaya Makanan Manis Berlebihan

Moms and Dads yuk, mulai ajak si kecil untuk turut serta terbiasa dengan konsumsi kudapan tidak terlalu banyak yang manis. Kenalkan secara perlahan berbagai bahaya yang rentan diterima tubuh seperti berikut ini:

1. Obesitas

bahaya makanan manis jadi gemuk
Sumber: freepik

Terlalu banyak mengonsumsi kudapan manis berpotensi menimbulkan gejala serius, salah satunya kelebihan berat badan atau obesitas. Ketika tubuh mengalami berat badan berlebih, pergerakan untuk melakukan berbagai aktivitas juga akan terhambat dan menjadi lebih lambat.

Selain itu, di Indonesia khususnya, orang dengan berat badan berlebih biasanya memiliki keterbatasan ruang gerak, baik untuk pekerjaan maupun berbagai aktivitas seru di luar ruangan. Makan manis memang enak, namun pikirkan kembali efek samping seriusnya.

Kelebihan berat badan bukan hanya berbahaya bagi tubuh. Namun juga menyulitkan pergerakan orang sekitar.

BACA JUGA:

2. Diabetes Tipe 2

Diabetes atau kelebihan gula darah juga berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika tipe diabetesnya tipe 2. Penyebab lonjakan gula darah sebenarnya tidak sepenuhnya dipicu oleh makanan manis, namun karena menjadi satu diantaranya maka sebaiknya dihindari.

Terlebih lagi jenis penyakit diabetes ini sifatnya menurun, terutama apabila garis riwayatnya dari Moms and Dads. Besar kemungkinan anak menderita diabetes apabila ada riwayat keluarga menderita penyakit serupa. Hal ini merupakan sesuatu serius untuk dipertimbangkan.

3. Sakit Jantung

bahaya makanan manis sakit jantung
Sumber: freepik

Penyakit serangan jantung bisa dialami karena akibat terlalu banyak konsumsi kudapan manis karena meningkatnya gula darah. Ketika gula darah berlebih maka lemak akan dapat menghalangi aliran darah ke jantung sehingga jantung yang fungsinya untuk memompa darah jadi terhambat.

Hal ini yang menjadi alasan kenapa orang meninggal karena sakit jantung bisa begitu tiba-tiba tanpa gejala atau sakit dalam waktu lama. Jantung merupakan organ vital tubuh, kesehatannya perlu diperhatikan, dalam hal ini untuk tidak berlebihan konsumsi manis.

4. Perut Kembung

Asumsi terlalu banyak minum maka perut menjadi kembung, padahal selain terlalu banyak minum, perut kembung juga bisa disebabkan oleh kudapan manis. Kandungan gula, salah satunya yang terdapat pada sumber makanan karbohidrat ternyata mengandung gas berlebih.

Ketika ada kelebihan gas pada tubuh maka secara otomatis tubuh akan berupaya untuk mengeluarkannya lebih sering. Ketika gas tertahan dalam tubuh maka yang terjadi adalah perut kembung, tidak nyaman, dan kesulitan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

5. Gigi Rusak

Hal yang sedari dulu selalu ditekankan kepada anak-anak adalah gigi bisa rusak, sakit, berlubang, bahkan tanggal jika terlalu banyak kudapan manis. Gula sebagai kandungan utama kudapan manis merupakan pemicu paling depan terjadinya karies (pengikisan) pada gigi.

Sebagai bukti nyata, Moms maupun Dads bisa memperlihatkan gambaran orang yang giginya rusak kepada anak-anak. Biarkan mereka mengantisipasi diri terlebih dahulu, bahkan tujuannya supaya anak-anak lebih sering sikat gigi untuk menangkal penyakit.

6. Wajah Berjerawat

Munculnya jerawat pada wajah disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada wajah tersebut. Ketika Moms memiliki kelebihan jerawat atau bahkan hanya satu saja pasti rasanya cukup menggangu, apalagi bagi Moms dengan kesibukan di luar rumah, seperti berkarir.

Ada asumsi makan coklat menimbulkan jerawat berlebih, ternyata hal ini ada benarnya karena coklat mengandung zat-zat pemicu jerawat. Moms tetap bisa menikmati nikmatnya kudapan manis, namun ada baiknya untuk membatasi jumlahnya demi menjaga kesehatan sekaligus penampilan tubuh. Ikuti tips cara menghilangkan jerawat dan bekasnya hingga tuntas Moms.

Salah satu hal yang paling ditakutkan Moms pastinya ketika wajah mulai berjerawat. Meskipun termasuk efek samping paling kecil, namun bahaya kudapan manis sudah mengancam. Hindari bahaya makanan manis untuk berbagai kondisi kesehatan lebih serius lainnya.

Daripada makan makanan manis, lebih baik cari pasangan yang wajahnya manis. Jadi apapun makanannya pasti terasa sudah manis. Setuju gak HappyFams? :) 

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh"
related post
Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca

Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?

Apakah Moms pernah mengalami ketika datang bulan dengan kondisi darah haid hitam dan bau? Hal ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca